Tinggal di apartemen bersama anak-anak membawa sejumlah tantangan tersendiri. Khususnya pada desain interior yang harus disesuaikan. Namun, dengan sentuhan kreativitas dan perencanaan strategis, desain interior apartemen kids-friendly dapat terwujud.  

Desain interior apartemen kids-friendly yaitu tentang menciptakan ruang yang mendorong kreativitas, menjamin keamanan, dan dapat beradaptasi seiring dengan pertumbuhan anak-anak. Simak manfaat serta tips yang bermanfaat dari desain interior apartemen kids-friendly di bawah ini. 

 

Apa itu Desain Interior Apartemen Kids-Friendly?

Dalam suatu hunian apartemen, desain interior kids-friendly merupakan suatu pendekatan dalam merancang interior apartemen. Desain kids-friendly menghadirkan material ramah anak, pemanfaatan cahaya, penghawaan alami secara maksimal, penerapan bentuk serta pemilihan warna pada elemen-elemen interior seperti, dinding, lantai, dan plafon.

 

Kenapa Penting Menciptakan Desain Interior Apartemen Kids-Friendly?

Menciptakan desain interior apartemen kids-friendly merupakan suatu usaha yang perlu diwujudkan para orang tua. Dengan hadirnya anak-anak di sebuah keluarga, aspek keamanan serta keselamatan dari sebuah desain interior apartemen kids-friendly penting untuk diutamakan.  

Dengan memperhatikan aspek-aspek ini, desain interior apartemen kids-friendly akan dapat terwujud. Selain itu, desain interior ramah anak akan mendorong pengalaman yang menyenangkan dan positif bagi anak-anak di dalam apartemen.

Pentingnya desain interior ini juga bertujuan untuk menciptakan ruang yang memungkinkan anak-anak untuk bermain, belajar, hingga tumbuh dengan aman dan nyaman di dalam apartemen. 

 

Manfaat Desain Interior Apartemen Kids-Friendly

Apartemen merupakan hunian pilihan yang menjadi tempat anak-anak tumbuh dan berkembang. Karena itu, area jangkauan anak-anak haruslah mendukung masa pertumbuhan ini. Dengan desain interior yang tepat, inilah manfaat desain interior apartemen kids-friendly

Dapat Menumbuhkan Kreativitas

Kunci dari perkembangan anak yaitu kesempatan untuk mengeksplorasi lingkungannya dan menggali imajinasi. Desain interior apartemen kids-friendly menumbuhkan kreativitas dan rasa ingin tahu. Desain interior ini termasuk penyematan warna-warna cerah, pola dan bentuk unik, atau karakter animasi. 

Memberikan Keamanan 

Anak-anak memiliki sistem kekebalan yang masih lemah yang membuatnya rentan terhadap penyakit. Desain interior apartemen kids-friendly dibuat dengan keamanan ekstra. Mulai dari pemilihan bahan hingga desain yang mengutamakan keamanan anak-anak. 

Menciptakan Ruangan untuk Gerak

Desain interior apartemen kids-friendly memberikan ruang bagi anak untuk tetap aktif bergerak. Contohnya, seperti furniture yang dirancang agar mudah disimpan untuk memberi ruang untuk kegiatan. Desain ruang yang fleksibel juga memberikan ruang yang cukup untuk berbagai pola tingkah anak. 

Memberikan Fungsionalitas

Elemen desain interior apartemen kids-friendly dirancang sedemikian rupa sehingga mudah diakses dan digunakan oleh anak-anak. Ini memberikan manfaat bagi anak kemudahan akses. Seperti rak buku hingga lemari pakaian yang punya model rendah. 

 

Tips Menciptakan Desain Interior Apartemen Kids-Friendly

Membuat desain interior Apartemen yang ramah anak

Sumber: Pexels

 

Merancang apartemen yang kids-friendly perlu mempertimbangkan banyak hal. Mulai dari desain, furniture, dan warna, yang mengedepankan keselamatan, namun tetap memiliki estetika. Berikut ini tips menciptakan desain interior apartemen kids-friendly.

Ciptakan Ruang Keluarga Berbagai Aktivitas

Mempertimbangkan ukuran apartemen yang tidak terlalu besar, desain interior harus mendukung ruangan menjadi serbaguna. Misalnya pada ruang keluarga, diciptakan tiga zona yaitu area santai, area musik, dan game table. Cara ini memungkinkan orang tua mengawasi anaknya sambil melakukan kegiatan lain. 

Desain Ruang Bermain dan Ruang Belajar yang Adaptable

Anak-anak bertumbuh dengan sangat cepat. Maka dari itu, rancang ruangan bermain dan ruang belajar dengan desain interior yang adaptable. Pilih elemen-elemen seperti furniture maupun dekorasi yang clean, klasik, dan timeless. Gabungkan dengan sentuhan pola dan warna mencolok yang disukai anak-anak, namun tetap cocok untuk segala usia.  

Pilih Furniture dengan Pinggiran yang Tidak Tajam

Pilihlah furniture dengan pinggiran yang tidak tajam, atau tumpul dan lembut. Sofa, sectionals, atau club chairs, bisa menjadi pilihan, karena memiliki desain dengan kaki yang sangat pendek. Selain itu, bangku panjang juga bisa menjadi pilihan, yang cocok diletakan di sudut dapur atau ruang makan.

Pasang Karpet pada Tangga

Bila apartemen memiliki tangga, seperti berbentuk loft, pasanglah karpet pada tangga. Tidak hanya untuk estetika, karpet juga mampu meredam suara dan melindungi anak-anak dari tergelincir di tangga.

Gunakan Warna yang Lembut pada Desain Kamar Tidur 

Kamar tidur sebaiknya mengkombinasikan warna-warna menenangkan seperti putih, biru muda, atau soft grey. Sematkan wallpaper bermotif kartun kesukaan anak dengan desain yang lembut. Anak-anak dapat datang ke sini untuk bersantai, menyegarkan diri, dan belajar tanpa gangguan.

 

Baca juga:

 

Konsultasikan Apartemen yang Ramah bagi Anak Bersama Interbox

Desain interior apartemen kids-friendly harus mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan. Aspek ini perlu ada di segala elemen seperti furniture, dekorasi, pemilihan warna, material, dan lain-lain. Hal ini perlu jadi perhatian karena hunian yang baik berpengaruh pada tumbuh kembang anak. 

Jadi, sudah siap untuk menciptakan interior apartemen Anda yang ramah bagi anak? Konsultasikan sekarang juga preferensi ruangan yang Anda inginkan bersama Interbox. Anda juga bisa mendapatkan interior apartemen kids-friendly yang sesuai secara Custom!

Kini Anda dapat menciptakan kamar anak dengan interior impian dan buat anak Anda senang!