Coworking space menjadi solusi inovatif yang mampu mengakomodir kebutuhan pekerjaan. Ruang kerja bersama ini memiliki ruang nyaman dan fleksibel, hingga dapat meningkatkan produktivitas para penggunanya.  

Hal ini dikarenakan coworking space didukung oleh desain interior menarik. Maka, desain interior yang diterapkan pada coworking space sangat penting. Berikut terdapat benefit hingga cara melakukan desain interior pada coworking space. Check this out!

 

Apa yang Dimaksud dengan Coworking Space?

Coworking space atau ruang kerja bersama mengacu pada model kerja, dimana para pengusaha, tim kecil, dan bahkan perusahaan besar, bekerja di ruang kantor bersama yang dikelola oleh pihak ketiga. Ciri khas dari coworking space yaitu sumber daya yang dibagikan di antara semua anggotanya. 

Dalam model coworking, area seperti lounge, dapur, maupun ruang pertemuan dibagi dengan individu dan perusahaan lain. Coworking space menawarkan berbagai macam ruang kerja yang memenuhi berbagai gaya kerja dan mendukung kebutuhan pekerja individu serta organisasi besar atau kecil.

Coworking space biasanya memiliki area lounge utama yang dilengkapi dengan furniture yang nyaman, soket listrik, dan alat teknologi untuk memfasilitasi kerja. Beberapa penyedia akan melengkapi ruang kerja utama tersebut dengan tempat yang lebih tersembunyi.

Contohnya seperti seperti bilik telepon untuk panggilan, ruang rapat dan konferensi yang siap pakai. Bahkan, terdapat area rekreasi untuk saat membutuhkan hiburan dalam pekerjaan. Fasilitas yang menarik seperti ini seringkali menjadi alasan lain untuk bergabung dengan coworking space.

 

Pentingnya Melakukan Desain Interior Coworking Space

Pentingnya desain interior coworking space erat kaitannya dengan kebutuhan manusia yang membutuhkan sosialisasi. Tidak hanya untuk kebutuhan kerja, sebuah ruang perlu menginspirasi, menghubungkannya dengan komunitas, dan menawarkan fleksibilitas untuk berkembang.

Setiap proses desain interior pada coworking space selalu memikirkan aspek kebutuhan manusia. Seperti kenyamanan saat kerja dan menghargai ruang kerjanya. Desain interior dalam coworking space sejalan dengan prinsip ruang kerja yaitu menciptakan ruang adaptif, fleksibel dan fungsional. 

Penggunaan furniture dinamis dan dinding arsitektur memastikan bahwa coworking space dapat beradaptasi dengan kebutuhan anggota yang berubah. 

Artinya, desain interior juga penting diciptakan tanpa mengorbankan kenyamanan atau fungsionalitas. Hal ini sesuai dengan esensi ruang kerja, yaitu inspiratif dan mendukung produktivitas. 

Terlebih lagi, pentingnya desain interior yaitu mampu menyatukan tim. Filosofi komunitas merupakan prinsip dari coworking space. Tata letak ruang duduk komunal, meja kerja, dan sudut-sudut pribadi mendorong perpaduan antara kolaborasi serta kerja mandiri.

 

Benefit Melakukan Desain Interior Coworking Space

Coworking space menawarkan ruang kerja nyaman, fasilitas lengkap, dan kolaboratif. Desain interiornya perlu mendukung kebutuhan tersebut. Berikut terdapat benefit melakukan desain interior coworking space

Mendorong Kolaborasi

Tata letak dan desain ruang kerja bersama dapat mendorong interaksi serta kolaborasi di antara penggunanya. Ruang terbuka, area komunal, serta penempatan tempat duduk yang strategis, mampu memfasilitasi percakapan serta berbagi ide, dan menciptakan rasa kebersamaan di antara anggota.

Meningkatkan Produktivitas dan Kenyamanan

Lingkungan yang estetis dapat meningkatkan produktivitas. Furniture ergonomis, pencahayaan alami, serta pilihan warna yang tepat berkontribusi pada lingkungan kerja yang lebih nyaman dan inspiratif. Ini juga dapat mengurangi stres dan kelelahan sambil mendorong fokus serta kreativitas.

Fleksibilitas dan Adaptabilitas

Desain interior coworking space dibuat sefleksibel mungkin dan adaptif, untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna yang seringkali berubah. Coworking space juga mampu mengkonfigurasi ulang tata letak atau memperkenalkan elemen desain baru, seiring dengan berkembangnya komunitas.

Kesejahteraan dan Kesehatan

Desain interior coworking space dapat mempengaruhi kesejahteraan pengguna secara keseluruhan. Menggabungkan elemen seperti tanaman, material alami, dan akses ke ruang luar, dapat berkontribusi pada pengalaman kerja yang lebih sehat serta lebih bahagia.

 

Baca juga:

 

Cara Melakukan Desain Interior Coworking Space

Sumber: Pexels

 

Desain interior dirancang agar memenuhi kebutuhan para pekerja. Perhatikan cara melakukan desain interior coworking space di bawah ini. 

Mengukur Luas Ruang

Mengukur ruangan merupakan langkah awal dalam desain interior coworking space. Ukuran akan menentukan jenis ruang kerja hingga fasilitas yang dapat diakomodasi. Mengukur kapasitas ruang juga penting untuk menentukan berapa banyak orang yang dapat tertampung dalam ruangan.

Ukuran yang jelas dapat memudahkan saat memilih furniture. Jadi, furniture tidak akan terlalu besar atau terlalu kecil. Mengukur juga sekaligus menentukan jumlah ruang yang dibutuhkan. Mulai dari lounge, ruang komunal, ruang rapat, bilik telepon, ruang konferensi dan kebutuhan ruang lainnya.

Merancang Pembiayaan Bangunan

Biaya dasar pembangunan mencakup pekerjaan listrik, modifikasi ventilasi dan pipa, pemasangan listrik, lantai, pembongkaran yang diperlukan, serta renovasi dasar lainnya yang mungkin diperlukan.

Selain itu, ada juga biaya pembangunan ruang. Biaya ini akan mencerminkan segala sesuatu yang tidak termasuk dalam bangunan dasar, sebagian besar perbaikan penyewa dan furnitur, perlengkapan, serta peralatan.

Mengatur Tata Letak Ruang

Mengatur tata letak ruang langkah penting dalam membangun coworking space. Ini merupakan cara untuk memvisualisasikan berapa banyak ruang yang dialokasikan untuk area tertentu. Mulailah dengan mendefinisikan sub ruang dan membuat daftar tentang tujuan serta fungsi masing-masing ruangan.

Perencanaan ruang termasuk membuat zona seperti bilik kedap suara bagi yang membutuhkan privasi. Selain itu, adanya area penyimpanan untuk menjaga ruang tetap rapi. Berikan juga tata letak ruang yang fleksibel. Rancang ruang dengan mempertimbangkan adaptabilitas dan perubahan kebutuhan. 

Mendapatkan Penawaran Harga

Setelah semua rancangan desain coworking space sudah dilakukan, saatnya mendapatkan penawaran harga. Ini dapat dimulai dengan bertanya pada koneksi yang dimiliki mengenai harga pembangunan. Bandingkan informasi harga yang didapat sebelum menghubungi kontaktor maupun pemasok.

Jika belum menemukan yang cocok, cari dan pilih beberapa kontraktor terpercaya, lalu kumpulkan harga-harga yang ditawarkan dari masing-masing kontraktor. Pilihlah yang sesuai dengan anggaran. 

Memilih Furniture

Memilih furniture yang tahan lama dan fungsional jadi pertimbangan utama. Memilih meja dan kursi tidak hanya dilihat dari ukuran, namun tujuannya. Misalnya, model meja dan kursi formal untuk ruang rapat, serta model informal untuk lounge room.

Perhatikan juga dengan cermat jenis pencahayaan yang ingin diintegrasikan. Pilihlah cahaya ambient hangat, cahaya alami, dan sediakan opsi pencahayaan meja. Selain itu, adanya tanaman hijau membantu mencerahkan ruangan dan memberikan manfaat besar bagi kesehatan mental. 

Adapun sangat penting bagi coworking space untuk ketenangan. Memasang karpet dinding ke dinding di ruang terbuka yang besar mampu mengurangi gema. Di samping itu, jangan lupa melengkapi ruangan dengan mempertimbangkan peralatan teknologi seperti printer, scanner, dan lainnya.

 

Temukan Design Interior Modern Hanya di Interbox

Coworking space merupakan ruang kerja yang mendukung kolaborasi. Desain interior coworking space mampu membantu meningkatkan semangat kerja dan produktivitas. Desain interior ruang kerja ini harus mampu mendukung kenyamanan para penggunanya. 

Kini Anda dapat langsung melakukan konsultasi secara GRATIS bersama Interbox untuk merencanakan desain interior ruang kerja impian Anda. Atau Anda juga bisa langsung memilih layanan Custom Interior untuk mendapatkan berbagai desain dari Designer pilihan Anda.

Jadi, ciptakan interior coworking space impian Anda sekarang juga hanya di Interbox!