Pintu merupakan komponen utama dari suatu rumah, yang fungsi utamanya sebagai akses keluar dan masuk penghuni di dalamnya. Pintu juga berperan penting sebagai fitur keamanan, menjaga privasi dan estetika. Selain itu, pintu merupakan elemen yang menghubungkan antara penghuni di dalam rumah dan di luar ruangan. 

Peran pintu yang banyak mengembangkan jenis pintu rumah di zaman modern ini. Makan, saat membangun rumah, memilih jenis pintu perlu memperhatikan jenis kebutuhan, gaya, beserta fungsinya. Catat berbagai jenis pintu rumah dan tips memilihnya di bawah ini. 

 

Pentingnya Mengetahui Jenis-Jenis Pintu untuk Rumah

Banyaknya jenis pintu rumah terkadang membuat bingung dan bimbang saat memilih jenis yang tepat untuk rumah. Maka, mengetahui jenis pintu rumah dan penggunaannya sangat penting. Seperti yang diketahui, pintu rumah berfungsi sebagai perlindungan dan keamanan penghuni di dalamnya. 

Selain masalah keamanan, jenis pintu rumah dapat berpengaruh pada estetika. Estetika merupakan faktor penting dalam memilih pintu yang tepat. Karena itu, mencocokkan jenis pintu rumah dengan furniture serta desain interior yang lain harus tepat. Jenis pintu yang dipilih akan meningkatkan tampilan dan keserasian seluruh rumah.

 

8 Jenis Pintu untuk Rumah dan Penggunaannya

Sebelum membangun sebuah rumah, pemilihan jenis pintu perlu dilakukan. Selain itu, ketahui mengenai penggunaannya, sesuai dengan ruangan yang akan dibangun. Di bawah ini, terdapat berbagai jenis pintu rumah beserta penggunaannya. 

1. Classic Panel Door

Jenis pintu rumah yang paling umum digunakan di banyak rumah yaitu classic panel door (pintu panel klasik). Classic panel door tersedia dalam berbagai ukuran, dengan desain panel yang bervariasi, seperti six-panel door, four-panel door, dan two-panel door. Jenis pintu klasik ini ditujukan untuk penggunaan di dalam maupun di luar ruangan. 

2. Pocket Door

Pocket door adalah jenis pintu rumah yang tersembunyi di dalam dinding. Cara kerjanya dengan meluncur ke dalam atau keluar dari dinding diatas rel tersembunyi. Pocket door biasanya digunakan di ruang yang memiliki keterbatasan ruang, seperti kamar mandi atau ruang tamu yang sempit. 

3. Bifold Door

Pintu lipat atau bifold door merupakan jenis pintu rumah yang terdiri dari dua atau lebih panel yang terhubung dengan engsel. Bifold door dirancang untuk melipat saat dibuka, sehingga menghemat ruang. Bifold door sering digunakan pada lemari pakaian, ruang penyimpanan, atau sebagai pintu yang menghubungkan ruangan dalam rumah. 

4. Louvered Door

Louvered doors (pintu berjendela) digunakan untuk ruangan yang membutuhkan ventilasi udara. Pintu ini memiliki serangkaian jalur udara dan cahaya yang terbuka di bagian atas atau bawah pintu. 

Louvered doors mempertahankan sirkulasi udara, bahkan saat tertutup, untuk menjauhkan kelembaban. Jenis pintu rumah ini sering digunakan di tempat-tempat seperti lemari, ruang penyimpanan, ruang pantry, atau sebagai pintu eksterior. 

 

Baca juga:

 

5. French Door

Sesuai dengan namanya, French door merupakan pintu panel kaca yang berasal dari Perancis pada abad ke-17. French door dikenal dengan pintu ganda yang yang menggabungkan panel kaca, sehingga memberikan ruangan banyak cahaya tambahan.

French door biasanya digunakan untuk pembatas ruang dalam dan ruang luar, seperti balkon. Jenis pintu rumah ini juga cocok digunakan pada home office, atau menghubungkan ruang tamu dan ruang makan.

6. Barn Door

Barn door merupakan jenis pintu yang terdiri dari dua panel yang tergantung di rel di atas pintu. Barn door biasanya terbuat dari kayu dan memiliki panel besar yang dapat digeser karena memiliki rel.

Jenis pintu rumah ini biasanya digunakan untuk membagi ruangan. Penggunannya bisa untuk kamar mandi, dapur, atau lorong. Barn door juga sering digunakan sebagai elemen dekoratif yang unik dan fungsional, seperti sebagai pintu kabinet atau ruang penyimpanan. 

7. Sliding Door

Sesuai dengan namanya, sliding door atau pintu geser berarti pintu yang dapat digeser ke satu sisi untuk dibuka. Sliding door biasanya digunakan di bagian belakang atau samping rumah, yang dibuka ke arah teras atau dek. Namun, jenis pintu rumah ini juga bisa ditemukan di bagian dalam rumah seperti lemari, ruang utilitas, atau tempat penyimpanan. 

8. Pivot Door

Pivot door merupakan pintu yang engselnya terletak di bagian atas dan bawah, sehingga mengubah cara pintu terbuka. Jenis pintu ini memberikan sentuhan gaya modern. Pintu pivot juga memungkinkan penghuni masuk dan keluar dari rumah tanpa harus melangkahi ambang pintu. 

Hal ini penting bagi orang-orang yang menggunakan kursi roda atau alat bantu jalan. Karena ukuran  pivot door cukup besar, pintu ini biasa terdapat di rumah dengan ukuran besar. Biasanya, pivot door dipasang di ruang tamu, kamar tidur, atau ruang kantor. 

 

Tips Memilih Jenis Pintu untuk Rumah Anda

Tips Memilih Jenis Pintu untuk Rumah

Sumber: Pexels

 

Berbagai jenis pintu rumah yang tersedia di pasaran, memberikan banyak opsi. Namun, tidak semua jenis pintu rumah cocok dengan desain rumah atau berfungsi dengan baik. Untuk itu, berikut terdapat beberapa tips memilih jenis pintu rumah.

Tentukan Kebutuhan Fungsional

Pelajari terlebih dahulu fungsi dan tujuan dari pintu yang ingin dibangun. Apakah tujuannya untuk pintu depan, pintu dalam rumah, pintu balkon, atau pintu eksterior lainnya. Kebutuhan fungsional akan membantu dalam memilih jenis pintu yang sesuai.

Perhatikan Desain Interior dan Eksterior

Pilihlah jenis pintu rumah yang sesuai dengan gaya desain interior dan eksterior rumah. Misalnya, untuk rumah dengan gaya modern, pivot door atau bifold door mungkin lebih cocok. Sementara itu, rumah dengan nuansa tradisional mungkin lebih baik dengan classic panel door.

Kualitas Material

Pilihlah material jenis pintu rumah yang tahan lama dan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, pintu kayu memberikan tampilan hangat dan tradisional. Sedangkan, pintu logam atau fiberglass bisa lebih tahan terhadap cuaca dari luar rumah.

Keamanan

Fungsi utama adanya pintu yaitu untuk keamanan penghuni rumah. Pastikan jenis pintu rumah yang dipilih memiliki tingkat keamanan yang memadai. Pintu depan harus dilengkapi dengan kunci yang kuat dan sistem pengaman tambahan jika diperlukan.

Perhatikan Ruang yang Tersedia

Ukur dengan teliti ruang tempat pintu akan dipasang. Pastikan pintu memiliki ruang yang cukup untuk membuka dan menutup dengan lancar tanpa menghalangi furnitur atau area lainnya. Gunakan jenis pintu rumah pocket doors atau sliding doors untuk ruangan yang lebih sempit.

 

Cari Jasa Custom Interior untuk Rumah Anda di Interbox

Selain berfungsi untuk jalan keluar-masuk rumah, keamanan serta privasi penghuni rumah, pintu juga memiliki peran estetika. Maka, terdapat berbagai jenis pintu rumah yang bisa dipilih, mulai dari jenis klasik, dorong, lipat, dan lain-lain. 

Apabila Anda ingin merasakan kemudahan dalam melakukan design interior untuk rumah Anda, sebaiknya kunjungi Interbox. Anda juga dapat berkonsultasi langsung secara GRATIS untuk menyesuaikan layanan interior yang cocok, antara Tender dan Custom.

Jadi tunggu apa lagi? Ciptakan interior rumah yang nyaman untuk keluarga Anda, bersama Interbox!