Rumah telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, menjadi ruang multifungsi untuk tinggal dan bekerja. Artinya, perlu memikirkan ulang tata letak dan desain ruangan agar praktis untuk berbagai kebutuhan. Kebutuhan home office menjadi tantangan sendiri saat bekerja di dunia modern ini. 

Meskipun ada banyak ide ruang kerja di rumah yang inspiratif, penting juga untuk mengetahui kesalahan yang harus dihindari agar proses membangunnya berjalan lancar. Simak berbagai kesalahan umum dalam design interior home office, dan cara mencegah, hingga tips-tips penting lainnya. Check this out!

 

10 Kesalahan Umum dalam Design Interior Home Office 

Saat melakukan design interior ruang kerja di rumah, seringkali terdapat beberapa hal yang membuat suasana ruang ini tidak sesuai. Sebelum membangun ruang kantor di rumah, simak terlebih dahulu berbagai kesalahan umum dalam design interior home office.

Mengabaikan Kebutuhan Penyimpanan

Kesalahan dalam design interior ruang kerja di rumah yaitu tidak mempertimbangkan solusi penyimpanan. Padahal solusi penyimpanan akan menjaga dokumen kerja, alat tulis, maupun gadget yang digunakan untuk bekerja, tetap terorganisir. Ruang penyimpanan membantu home office tampak rapi. 

Tidak Memanfaatkan Ruang Kosong dengan Maksimal

Saat memilih lokasi untuk ruang kantor di rumah, kesalahan umum yang sering dilakukan yaitu menyisakan ruang kosong yang tidak terpakai. Daripada menyematkan sudut kerja ke dalam ruang yang sudah berfungsi, lebih baik membangun home office di dalam ruang yang tak terpakai.

Tidak Memisahkan Area Kerja

Di hunian terbatas, pilihan ruang yang tidak terpakai tidaklah banyak. Jika harus membuat ruang kerja di sudut ruang, tambahkan pemisah ruangan atau meja dengan dinding bawaan, untuk menciptakan area kerja yang ditentukan. Ini dapat mendorong fokus dan konsentrasi

Pencahayaan yang Tidak Tepat

Terkadang, pencahayaan ditempatkan di lokasi yang tidak tepat. Misalnya, pada ruang kerja di rumah berukuran kecil, lampu dipasang tepat diatas kepala, yang menyebabkan cahaya terlalu terang, sehingga mengganggu penglihatan. Sebagai gantinya, menggunakan lampu meja menjadi solusi. 

Minim Pencahayaan Alami

Masuknya cahaya alami juga sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang mendukung produktivitas. Ini bisa diatur dengan penggunaan jendela yang tepat. Jenis shutter window maupun roller blinds akan memberikan beberapa keuntungan visual dan fungsional. 

Furniture yang Tidak Sesuai

Home office perlu di desain untuk mampu memfasilitasi bekerja dalam waktu yang lama. Maka dari itu, dibutuhkan furniture ergonomis yang memikirkan kenyamanan. Furniture yang terlalu besar dapat membuat ruangan terasa sempit, sementara yang terlalu kecil terkadang tidak nyaman. 

Menghindari Wallpaper Berpola 

Banyak yang menganggap bahwa desain ruang kerja di rumah harus formal dan kaku. Jadi, elemen berwarna dan mencolok cenderung dihindari. Padahal, tidak ada salahnya untuk menambahkan personality melalui wallpaper home office dapat membantu mendorong produktivitas dan kreativitas.

Tidak Ada Dekorasi 

Selain penggunaan wallpaper, banyak cara untuk menunjukkan kepribadian pada ruang kantor di rumah, misalnya dengan menambahkan dekorasi. Dekorasi dapat berupa karya seni, warna dinding favorit, atau karpet yang unik. Ini semua bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan kreativitas. 

Kurangnya Sentuhan Alami

Masih banyak yang menyepelekan efek unsur alam dalam ruangan. Melengkapi ruang kerja di rumah dengan tanaman hijau maupun vas bunga akan menambah kesegarannya. Elemen alam dapat meningkatkan kesejahteraan, hingga membuat ruang menjadi lebih hidup. 

Mengabaikan Ruang Gerak 

Ruang kantor di rumah yang fungsional tidak harus mengabaikan estetika. Namun, hindari memadati ruangan dengan terlalu banyak furniture atau dekorasi. Pastikan ada cukup ruang gerak sehingga penghuni merasa nyaman saat bekerja. Ruangan yang terlalu penuh bisa mengurangi fokus sehingga mempengaruhi produktivitas.

 

4 Cara Mencegah Terjadinya Kesalahan dalam Design Interior Home Office

Jasa Desain Ruang Kerja di Rumah

Sumber: Pexels

 

Kesalahan umum dalam desain interior bisa sangat merugikan dan menghabiskan banyak waktu jika ingin mendesain ulang. Simak cara mencegah terjadinya kesalahan dalam design interior home office untuk ruang yang lebih efisien. 

Mengidentifikasi Tujuan

Menyediakan ruang kerja di rumah memiliki tujuan yang berbeda-beda bagi setiap penghuni. Hal ini tergantung dengan jenis pekerjaan dan kebiasaan yang dilakukan oleh pemilik rumah. Misalnya, ada pekerjaan yang mengharuskan video call hampir sepanjang hari. Tentu hal tersebut membutuhkan pencahayaan yang baik. 

Selain itu, cara kerja seperti itu juga memerlukan furniture yang nyaman dan terintegrasi teknologi, serta mempertimbangkan adanya backdrop profesional. Design interiornya dapat disesuaikan dengan tujuan penggunaan masing-masing pemilik rumah. 

Buat Perencanaan Design Interior yang Matang

Layaknya melakukan design interior pada ruangan lain di rumah, membangun ruang kantor di rumah sendiri tentunya membutuhkan perencanaan yang matang. Perencanaan matang dapat mengurangi kesalahan-kesalahan umum pada design interior ruang kerja di rumah. 

Membuat moodboard menjadi solusi untuk membuat skema design interior. Moodboard membantu dalam menetapkan gaya desain dan palet warna yang konsisten, hingga mengevaluasi barang-barang yang dibutuhkan. Cari juga inspirasi melalui internet, katalog desain interior, atau melalui para ahli. 

Fokus pada Fitur Kunci dalam Home Office

Inspirasi design interior yang tak ada habisnya dan berbagai pilihan kreasi desain, terkadang membuat bingung saat ingin merancang ruang kerja di rumah. Penghuni perlu mengetahui fitur kunci dari home office agar berfokus pada hal-hal desain esensial, agar menghasilkan ruang kerja yang nyaman.  

Fitur kunci dalam ruang kantor di rumah termasuk furniture yang nyaman, penyimpanan serta pencahayaan, pengaturan tata letak, hingga sentuhan kepribadian. Cukup fokus pada fitur kunci ini saja untuk membuat ruang kerja terasa lebih teratur, efisien, dan mengundang.

Pastikan Budgeting

Setiap rencana design interior, pastikan mempersiapkan anggaran, tidak terkecuali saat membangun home office. Setelah melakukan rencana desain, tetapkan berapa dana yang dibutuhkan. Budgeting dilakukan untuk tetap fokus pada hal-hal esensial dan meminimalisir potensi over budget. 

Mempersiapkan anggaran juga dibutuhkan untuk mengatasi kejadian kesalahan-kesalahan umum. Misalnya, untuk mengganti furniture maupun menambah tempat penyimpanan maupun dekorasi. 

 

Baca juga:

 

3 Tips Apabila Terjadi Kesalahan dalam Design Interior Home Office

Jasa Desain Interior Home Office

Sumber: Pexels

 

Ketika melakukan design interior ruang kerja di rumah, pastinya tidak terlepas dari kesalahan. Mulai dari kesalahan kecil hingga yang signifikan. Lakukan beberapa tips ini apabila terjadi kesalahan dalam design interior home office. 

Mengevaluasi Kesalahan

Apabila terjadi kesalahan, coba untuk mengidentifikasi masalah terlebih dahulu. Tentukan secara spesifik apa yang membuat ruangan kurang nyaman atau tidak berfungsi dengan baik. Lalu, carilah penyebabnya, seperti kurangnya pencahayaan, tidak ada penyimpanan, atau furniture yang tidak ergonomis. 

Cari Solusi Kreatif

Sebelum mengganti design interior yang seringkali menambah biaya, temukan solusi kreatif untuk mengatasi kesalahan. Sebagai contoh, kurangnya pencahayaan dapat diatasi dengan menambahkan lampu meja atau memilih tirai yang lebih transparan untuk mengatur cahaya alami.

Jika ada masalah mengenai ruang gerak yang terbatas, cobalah untuk mengatur ulang layout ruangan. Atur meja, kursi, atau rak penyimpanan untuk menciptakan aliran kerja yang lebih efisien. Selain itu, masalah ruang kerja di rumah yang monoton, bisa ditambahkan dekorasi yang lebih berwarna. 

Jangan Takut Mencoba

Dalam melakukan design interior, potensi kesalahan pasti muncul. Karena itu, jangan takut untuk mencoba hal baru, bereksperimen, hingga mengeksplorasi lebih dalam design interior. Eksplorasi design interior perlu dilakukan karena hal tersebut begitu dinamis. Tampilan ruang kerja dapat dengan leluasa diubah sesuai keinginan. 

 

Konsultasikan Design Home Office Anda di Interbox

Kesalahan-kesalahan umum dalam design interior ruang kantor di rumah dapat seringkali terjadi. Mulai dari mengabaikan kebutuhan ruang penyimpanan, tidak memanfaatkan ruang atau sudut kosong, minimnya pencahayaan, ruang yang terlalu monoton, hingga abai terhadap ruang gerak yang lancar. 

Mulailah menciptakan home office yang dapat meningkatkan produktivitas Anda dalam bekerja di rumah dengan mengkonsultasikan preferensi home office yang Anda inginkan bersama Interbox. Anda juga bisa mendapatkan interior home office terbaik secara Custom!

Kini Anda dapat menciptakan interior kantor di rumah tanpa harus ke kantor!