Dalam beberapa tahun terakhir, konsep kantor konvensional telah berubah secara signifikan. Terjadi pergeseran model kerja, menjadi remote dan model kerja hibrida. Dengan demikian, semakin banyak orang mencari cara untuk menciptakan ruang kerja produktif dan inspiratif di rumah. 

Untuk tetap mengutamakan produktivitas, diperlukan ruang kerja dengan layout yang nyaman. Ini dikarenakan waktu akan banyak dihabiskan di ruang ini. Berbagai layout home office bisa diterapkan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Simak tips melakukan layout home office di artikel ini!

 

Pentingnya Memperhatikan Layout Home Office

Layout home office yang tepat tidak hanya penting dalam hal memanfaatkan ruang yang tersedia secara maksimal. Memperhatikan layout home office mempengaruhi pengalaman keseluruhan, saat menghabiskan waktu di ruangan tersebut.

Segala sesuatu mulai dari pencahayaan hingga penyimpanan yang baik, dapat mempengaruhi suasana hati. Dari mulai hingga menyelesaikan pekerjaan. Home office harus menjadi ruang yang menyenangkan selama digunakan. 

Jika skema desain home office saat ini terlalu sempit atau terlalu penuh, artinya, layout home office perlu diatur kembali. Hal ini dikarenakan, home office merupakan ruang yang mampu mendorong produktivitas. Oleh karena itu, layout harus diatur sedemikian rupa, sehingga ruangan menjadi efisien.

 

5 Layout Home Office yang Dapat Dicoba

Sebuah ruang kerja di rumah membutuhkan layout yang tepat, agar aktivitas bekerja menjadi lebih mudah dan nyaman. Simak 5 layout home office ini yang dapat dicoba.

The Floating Layout

Furniture ‘mengambang’ (floating) yaitu layout yang menempatkan sebuah benda atau sekelompok furniture jauh dari dinding. Biasanya ditempatkan di tengah ruangan, sehingga terlihat floating. Layout ini dapat membuat ruangan yang lebih kecil terasa lebih besar. 

Meja L-Shaped

Meja berbentuk L menggunakan ruang dinding dengan lebih efisien, memanfaatkan sudut ruangan yang sering tidak terpakai. Meja berbentuk L juga menyediakan area permukaan kerja tambahan, seperti menciptakan ruang terpisah untuk meja komputer, dan meja untuk mengerjakan tugas.

Ruang Kerja Built-In

Ruang kerja built-in, baik meja besar dengan lemari atau meja lipat di sudut kecil, dapat menciptakan kohesi dan organisasi yang lebih baik dalam desain home office. Jenis meja built-in membantu desain home office kecil dalam menciptakan ruang kerja yang efisien dan tidak mengganggu.

Small Home Office

Layout home office kecil tidak harus menggunakan suatu ruang. Membuat home office di lorong masuk, ruang transisi, atau lemari yang jarang digunakan, dapat memaksimalkan luas lantai. Furniture multifungsi atau yang mudah dilipat atau disembunyikan, sangat membantu. 

Ruang Kerja di Bawah Tangga

Celah di bawah tangga sulit dimanfaatkan untuk apa pun selain penyimpanan. Ruang besar di bawah tangga ini, nyatanya bisa dimanfaatkan untuk membuat home office. Dengan desain yang sangat praktis, kantor di bawah tangga menyediakan titik pusat untuk bekerja.

 

>>> Cek Katalog Desain Interior Home Office Japandi

>>> Cek Katalog Desain Interior Home Office Minimalis

 

4 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Melakukan Layout Home Office

5 Layout Home Office yang Dapat Dicoba

Sumber: Unsplash

 

Saat merencanakan layout home office, beberapa hal harus diperhatikan dan dipersiapkan dengan baik. Inilah hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan layout home office.

Memilih Ruangan yang Tepat

Jika memiliki beberapa ruangan untuk dipilih, pastikan memilih ruangan yang menawarkan cukup ruang, cahaya, dan privasi. Pertimbangan ini untuk mewujudkan home office yang mendukung produktivitas. 

Cukup Ruang untuk Bergerak 

Penting untuk memiliki cukup ruang agar nyaman saat bekerja. Jika bekerja sendiri, pastikan ruang cukup besar untuk bergerak, berdiri, dan duduk jauh dari meja. Apabila bekerja dengan rekan kerja, pastikan ruangan cukup besar untuk semua orang. 

Meja yang Layak dan Kursi yang Nyaman

Membeli meja dan kursi yang layak saat melakukan layout home office menjadi investasi kesehatan yang berguna. Pastikan meja cukup besar untuk menampung komputer dan segala hal lain yang diperlukan untuk pekerjaan.

Siapkan Ruang Penyimpanan 

Ruang penyimpanan seperti rak, sangat penting untuk menjaga ruang tetap rapi dan terorganisir dengan baik. Selain rak, tempat penyimpanan lain seperti lemari arsip, sangat cukup untuk meletakkan untuk file, buku, kertas, dan alat tulis.

 

Baca juga:

 

5 Tips Melakukan Layout Home Office

Layout home office yang sesuai dengan kebutuhan, memerlukan banyak pertimbangan yang cermat. Berikut tips melakukan layout home office.

Membuat Pencahayaan Alami

Layout home office yang baik akan mempertimbangkan pencahayaan alami. Sinar matahari yang mengandung vitamin D membantu tubuh lebih bertenaga. Selain manfaat kesehatan, pencahayaan alami membantu mengurangi konsumsi energi, karena jarangnya penggunaan cahaya buatan. 

Pilih Warna yang Tepat

Warna juga merupakan bagian layout home office yang harus dipilih secara bijaksana. Ini karena, warna memiliki dampak psikologis yang besar. Warna-warna yang berbeda memunculkan respons fisik dan emosional yang berbeda. Warna-warna alami membantu memberikan kenyamanan. 

Pilih Furniture Ergonomis

Furniture ergonomis dirancang dengan baik karena disesuaikan dengan bentuk tubuh. Ini sangat penting untuk kesehatan, khususnya jika menghabiskan banyak waktu di tempat duduk. Furniture ergonomis membuat tubuh terasa lebih nyaman. Hasilnya, akan meningkatkan fokus saat bekerja. 

Perhatikan Kebersihan

Pastikan bahwa semua barang di ruangan memiliki tempatnya sendiri, yang diinvestasikan dalam meja dengan rak penyimpanan. Layout home office yang bersih menciptakan lingkungan yang lebih sehat untuk bekerja. Bekerja menjadi lebih efisien dan produktif, serta membantu mengurangi stres.

Pertimbangkan Kebutuhan Teknologi

Perhatikan kebutuhan teknologi saat melakukan layout home office. Jika memerlukan banyak perangkat yang tersambung sekaligus, pastikan memiliki colokan listrik yang cukup. Untuk tampilan yang rapi, sembunyikan kabel-kabel yang mengganggu. 

 

Konsultasikan Layout Interior Home Office Anda di Interbox

Layout home office yang dirancang dengan kesesuaian, mampu menghadirkan kenyamanan. Pada akhirnya, menghasilkan produktivitas kerja walaupun dilakukan di rumah. Memilih ruang yang tepat, memastikan luas ruangan, dan berinvestasi pada meja serta kursi yang nyaman sangat penting. 

Ciptakan layout home office yang dapat meningkatkan produktivitas Anda dalam bekerja di rumah dengan mengkonsultasikan preferensi home office yang Anda inginkan bersama Interbox. Anda juga bisa mendapatkan interior home office terbaik secara Custom!

Sekarang Anda dapat memiliki kantor yang nyaman di rumah tanpa harus ke kantor!