Membeli rumah merupakan salah satu keputusan besar dalam hidup, dan pertimbangan yang matang perlu dilakukan sebelum membuat langkah tersebut. Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa manfaat membeli rumah dibandingkan dengan menyewa, serta hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah.


Penasaran dengan penjelasannya? Simak selengkapnya hingga selesai di sini!


5 Manfaat Membeli Rumah daripada Hanya Menyewa

Berikut beberapa manfaat atau keuntungan ketika Anda membeli rumah ketimbang hanya menyewa selama bertahun-tahun.

Investasi Jangka Panjang

Manfaat pertama dalam membeli rumah adalah bentuk investasi jangka panjang. Sebagai salah satu jenis properti, rumah cenderung akan meningkat value atau nilainya seiring berjalannya waktu, sehingga Anda dapat memanfaatkannya sebagai aset yang menguntungkan di kemudian hari.


Hal tersebut tidak akan berlaku ketika Anda hanya menyewa rumah. Selain Anda harus tetap mengeluarkan biaya sewa setiap bulan atau tahunnya, kepemilikan aset serta keuntungan investasi jangka panjang tidak akan pernah Anda dapatkan.

Kebebasan dan Kepastian

Memiliki rumah memberikan Anda kebebasan untuk mengatur dan merancang ruangan sesuai keinginan atau impian. Anda juga tidak perlu khawatir tentang perubahan sewa atau pemutusan kontrak selama menempatinya. 


Biasanya pemilik asli rumah yang Anda sewa, enggan memberikan kebebasan dalam merancang dekorasi atau layout ruangan. Selain itu, menyewa rumah juga rentan dengan kemungkinan-kemungkinan tak terduga, seperti pemutusan kontrak. 

Stabilitas Keuangan

Membeli rumah memberikan Anda stabilitas finansial dalam jangka panjang. Anda memiliki pengeluaran tetap untuk pembayaran kredit, yang dapat membantu Anda dalam merencanakan anggaran dengan lebih baik. Berbeda dengan ketika hanya menyewa rumah, di mana akan ada saya momen naiknya biaya sewa rumah atau tempat tinggal yang ditempati.

Penghematan Jangka Panjang

Meskipun pembayaran awal untuk membeli rumah mungkin lebih besar daripada biaya sewa, dalam jangka panjang Anda dapat menghemat uang karena tidak perlu membayar sewa setiap bulan. Ini akan sangat cocok bagi Anda yang sudah berkeluarga, karena berkurangnya salah satu sumber pengeluaran. 

Keinginan untuk “Customize Design”

Manfaat terakhir dalam membeli rumah adalah fleksibilitas untuk melakukan kustomisasi dan perbaikan sesuai dengan preferensi diri Anda. Anda dapat merenovasi dan merancang rumah sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan. Ini tentu sangat bermanfaat bagi Anda yang mungkin mudah merasa bosan dengan nuansa ruangan rumah atau tertarik mengikuti tren interior ruangan yang paling update.



Baca juga:


Hal-Hal yang Harus Dipertimbangkan sebelum Membeli Rumah

Sekarang sudah paham apa saja keuntungan dari membeli rumah ketimbang menyewa? Berikut giliran hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli rumah.

Kondisi Keuangan

Pertimbangkan kondisi keuangan Anda dengan cermat sebelum membeli rumah. Pastikan Anda memiliki dana yang cukup untuk membayar uang muka atau DP rumah dan mampu membayar angsuran kredit setiap bulannya.

Lokasi dan Lingkungan

Saat ini memperhatikan lokasi rumah semakin penting. Pertimbangkan aksesibilitas, fasilitas umum, dan lingkungan sekitar sebelum memutuskan untuk membeli. Salah satu tujuannya, yakni untuk mempermudah mobilitas dan produktivitas harian Anda.

Ukuran yang Dibutuhkan

Pertimbangkan ukuran rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan tergoda membeli rumah yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk Anda. Sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu mengenai ukuran rumah seperti apa yang cocok dengan kebutuhan Anda, khususnya dalam jangka panjang.

Pemeliharaan dan Perawatan

Perhatikan biaya pemeliharaan dan perawatan rumah. Pastikan Anda memiliki dana untuk merawat rumah agar tetap dalam kondisi yang baik. Seperti rutin melakukan pengecatan ulang dinding rumah hingga seperti menyewa layanan pembersihan saluran air di dapur Anda.

Ketentuan Kredit Bank

Jika Anda membeli rumah dengan kredit atau sistem cicil, sebaiknya pelajari dengan cermat tentang ketentuan dan suku bunga kredit yang ditawarkan oleh bank atau lembaga keuangan. Ini sangat penting, agar tidak terjadi hal-hal yang berpotensi merugikan di kemudian hari.

Pasar Properti

Pelajari pasar properti di daerah yang Anda minati. Kenali tren harga dan potensi kenaikan value rumah yang akan beli untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang bagi Anda.

Rencana Masa Depan

Pertimbangkan rencana masa depan Anda. Apakah Anda berencana tinggal di rumah tersebut dalam jangka panjang atau sebagai investasi untuk disewakan? Poin ini juga dapat menentukan Anda memilih rumah yang akan dibeli secara sesuai.

Pembayaran Uang Muka atau DP 

Persiapkan dana uang muka yang diperlukan. Uang muka biasanya berkisar antara 20-30% dari harga rumah. Semakin besar uang DP yang Anda bayarkan, tentu juga akan semakin pendek jangka kredit atau cicilan atas rumah yang Anda beli.

Layanan Agen atau Developer Profesional

Pertimbangkan untuk menggunakan layanan agen properti atau pihak profesional lainnya yang berpengalaman dalam pembelian rumah. Selain aman, biasanya proses transaksi akan berlangsung lebih mudah.

Peraturan dan Dokumen

Hal terakhir yang harus dipertimbangkan sebelum membeli rumah adalah mempelajari peraturan dan persyaratan hukum terkait pembelian rumah Anda. Pastikan semua dokumen dan izin-izin diperoleh dengan benar, khususnya dokumen legalitas.


Cari Desainer Interior untuk Rumah yang Baru Anda Beli?

Setelah mengetahui manfaat serta hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli rumah, apakah Anda akan tetap melakukannya? Sebagai catatan, rumah yang apabila Anda beli dan berada dalam lingkup cluster atau perumahan biasanya akan memiliki desain dan interior yang sama antara satu dengan yang lain.

Untuk itu, Anda dapat langsung melakukan penataan ulang interior rumah Anda. Cara yang paling common untuk dilakukan adalah dengan mencari Desainer interior.

Anda dapat mencoba untuk mencari jasa Desainer interior di Interbox. Interbox sendiri merupakan platform marketplace interior yang dapat membantu Anda, tidak hanya dalam hal desain, tapi juga dalam hal renovasi. Jadi, temukan Desainer interior untuk rumah Anda sekarang juga!