Kamar tidur menjadi ruang privat yang paling penting di rumah. Menjalani rutinitas yang sibuk setiap harinya, kebutuhan akan tidur berkualitas menjadi sangat krusial. Selain meningkatkan konsentrasi dan produktivitas, istirahat yang cukup telah terbukti bermanfaat bagi fungsi kekebalan tubuh, kesehatan mental, dan bahkan membantu penurunan berat badan. 

Menciptakan lingkungan yang mendorong tidur berkualitas sangatlah penting. Maka, layout kamar dibutuhkan untuk mengatur tata letak dari elemen furniture serta dekorasi lainnya, sambil memaksimalkan fungsi ruangan. 

 

Apa itu Layout Kamar?

Kamar tidur terdiri dari furniture maupun dekorasi penting seperti tempat tidur, meja lampu, lemari pakaian, dan lainnya, yang berfungsi sebagai ruang pribadi untuk istirahat dan relaksasi. Layout kamar berarti aktivitas penataan tata letak di kamar, dengan memaksimalkan kegunaan sekaligus daya tarik estetika dari elemen-elemen tersebut. 

Merencanakan layout kamar akan membantu menciptakan ruang yang memenuhi kebutuhan, kenyamanan, dan gaya hidup penghuninya dengan baik. Hal ini menghindari space yang tidak terpakai dengan maksimal, hingga pemakaian furniture yang berlebihan atau justru kekurangan furniture. 

 

Bagaimana Perencanaan Layout Kamar?

Dalam perencanaan layout kamar, hal pertama yang harus dilakukan yaitu mengidentifikasi kebutuhan penghuni rumah. Mulai dari identifikasi jumlah penghuni yang akan menggunakan kamar, siapa yang akan menempati kamar, hingga furniture apa saja yang dibutuhkan.  

Hal tersebut mempengaruhi fitur utama seperti ukuran tempat tidur dan kebutuhan penyimpanan. Perencanaan layout kamar juga mencakup pemetaan ruang, penempatan furniture, dan dekorasi penting lainnya. 

Setelah itu, mulai menggambar layout diatas kertas. Bisa menggunakan kertas dan menggambarkan layout kamar dengan alat tulis. Atau di dunia digital ini, banyak platform online desain layout kamar 2D atau 3D yang akan membantu proses layout secara maksimal dan lebih cepat. 

 

Baca juga:

 

Pertimbangan dalam Merencanakan Layout Kamar 

Sumber: Pexels

 

Dalam merencanakan layout kamar, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Hal ini untuk menghindari kesalahan yang berkaitan dengan fungsionalitas maupun kelebihan barang yang tidak perlu. Berikut pertimbangan dalam merencanakan layout kamar.

Tentukan Fungsi Kamar

Pertimbangan pertama sebelum memulai layout kamar yaitu mengetahui tujuannya. Menetapkan tujuan merupakan kunci utama saat merancang layout yang baik. Jika tujuan kamar juga untuk bersantai, berikan ruang untuk menonton TV atau kegiatan bersantai lainnya.

Apabila ditujukan juga untuk bekerja, pastikan ada workspace yang cukup, mulai dari meja kerja, rak buku, dan pencahayaan untuk bekerja. Namun, jika kamar hanya untuk tidur saja, jauhkan posisi tempat tidur dari area berisik di dalam kamar. 

Ketahui Ukuran Kamar

Setelah menentukan fungsi kamar, mulailah untuk mengukur besar kamar. Hal ini akan mempermudah penempatan furniture dan elemen desain lainnya secara efisien untuk memaksimalkan ruang yang tersedia.

Dengan mengetahui ukuran kamar, perhitungan jarak saat meletakkan furniture menjadi lebih mudah diperkirakan. Pastikan terdapat jarak antara furniture serta elemen desain lainnya, seperti jendela atau pintu, untuk menciptakan aliran (flow) yang nyaman dan fungsional di dalam kamar.

Posisi Tempat Tidur

Sebagai bagian furniture paling penting di dalam kamar, tempat tidur secara alami akan menjadi titik fokus ruangan. Tempat terbaik untuk meletakkan tempat tidur biasanya pada sepanjang dinding terpanjang.

Tempatkan tidur secara simetris untuk menciptakan kamar tidur yang tenang. Umumnya, tempat tidur diletakkan di antara dua jendela atau dua rak terpasang agar lebih simetris. 

Mengatur Furniture

Jarak antar furniture dengan elemen dekorasinya sangat penting dalam merencanakan layout kamar. Dengan mengetahui ukuran kamar, perhitungan jarak saat menempatkan furniture dan komponen lainnya menjadi lebih mudah diperkirakan. Hal ini menciptakan aliran (flow) yang nyaman dengan menggunakan fungsi furniture dengan baik. 

Contohnya, tempat tidur, lemari pakaian, sofa, dan lain-lain. Lalu, lanjutkan mengatur furniture yang lebih kecil, seperti rak samping meja atau dekorasi pelengkap lainnya. 

Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan yang terkontrol dengan baik sangat penting saat mempertimbangkan layout kamar yang baik. Harus ada cukup cahaya untuk melakukan tugas penting seperti saat membersihkan diri maupun untuk beristirahat.

Ukuran kamar tidur yang memiliki langit-langit tinggi, akan membantu cahaya alami masuk. Sedangkan kamar dengan langit-langit rendah, lampu bergaya flush-mount atau pot processed akan lebih cocok.

Pilih Warna Sesuai Selera

Memilih warna dinding yang tepat untuk layout kamar juga merupakan hal penting, karena warna berkaitan erat dengan mood penghuninya. Warna-warna menenangkan seperti biru, hijau, dan merah muda sering digunakan karena membangkitkan atmosfer yang lebih menenangkan. 

 

Cari Jasa Custom Interior untuk Kamar Anda di Interbox

Layout kamar dilakukan dengan tujuan untuk menjadikan kamar menjadi ruangan yang nyaman untuk dihuni. Selain itu, agar memungkinkan penggunaan ruang yang efisien dan maksimal. Tujuan lainnya berkaitan dengan estetika ruang, agar menciptakan tampilan yang menarik. 

Ingin merasakan kemudahan dalam melakukan design interior untuk kamar Anda, sebaiknya segera kunjungi Interbox. Anda juga dapat berkonsultasi langsung secara GRATIS untuk menyesuaikan layanan interior yang cocok, antara Tender dan Custom.

Jadi tunggu apa lagi? Ciptakan interior kamar yang nyaman , sekarang juga!