Tren desain interior pada dapur terus berkembang dan menawarkan berbagai pilihan untuk menciptakan ruang yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan. Dari penggunaan warna-warna vibrant hingga penerapan teknologi pintar.


Rangkuman Tren Desain Interior pada Dapur 2022

Tren desain interior dapur atau kitchen terus berkembang mengikuti perkembangan gaya hidup dan teknologi baru. Pada 2022 telah melihat banyak tren yang berfokus pada fungsionalitas, estetika modern, dan penggunaan teknologi canggih dalam desain dapur.


Sebagian tren tersebut berlanjut hingga tahun ini, tetapi mungkin ada juga tren baru yang akan muncul. Inilah rangkuman tren desain interior dapur yang populer pada tahun 2022 lalu.

Warna dengan Nuansa Netral dan Natural

Warna netral seperti putih, abu-abu, dan beige telah menjadi pilihan favorit untuk diimplementasikan pada dapur tahun 2022 lalu. Selain warna netral, kombinasi warna natural juga akan memberikan tampilan yang bersih dan elegan pada dapur.

Smart Kitchen

Dapur semakin pintar dengan teknologi seperti berbagai peralatan dapur yang terhubung dengan aplikasi, pencahayaan otomatis, dan perangkat lain yang dapat dioperasikan secara remote. Desain interior ini akan memudahkan kegiatan ketika di dapur.

Material Ramah Lingkungan

Tren keberlanjutan juga mempengaruhi desain interior dapur yang dapat digunakan dalam jangka panjang. Penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan seperti kayu atau daur ulang lainnya semakin banyak diadaptasi dengan tetap memperhatikan tren. Jadi selain ramah lingkungan, interior dapur tetap akan terlihat “trendy”.

Pencahayaan yang Dapat Disesuaikan

Pencahayaan fleksibel yang dapat disesuaikan dengan suasana dan kegiatan di dapur semakin diminati. Lampu-lampu gantung dan lampu LED dapat disesuaikan intensitasnya. Dengan mempertimbangkan aspek ini, dapur akan semakin nyaman ketika digunakan.



Baca juga:


11 Tren Desain Interior pada Dapur 2023

Tahun 2023 membawa tren-tren baru yang menarik dalam desain interior dapur. Berikut, sebelas tren desain interior pada dapur yang diprediksi akan populer pada tahun ini:

Warna-warna Vibrant

Warna-warna yang cerah dan vibrant seperti merah, biru, dan hijau akan menjadi populer untuk memberikan aksen menarik dalam dapur yang dominan warna netral. Ini akan membuat interior dapur Anda memiliki nuansa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Backsplash Berpola

Backsplash dengan motif dan pola yang unik akan menjadi fokus untuk memberikan tampilan menarik pada dinding dapur. Kehadiran backsplash juga akan dapat sedikit mengurangi kesan basah dan kotor pada beberapa dinding dapur Anda.

Mempertahankan Tekstur Alami

Bahan alami seperti kayu, batu, dan keramik akan digunakan untuk memberikan tekstur alami pada elemen-elemen dapur Anda. Tentu juga akan menjadi fokus baru yang menarik pada dapur. 

Desain Multifungsi

Ruang dapur akan didesain secara multifungsi, misalnya dengan meja makan yang terintegrasi dengan area memasak. Tujuannya untuk membuat dapur Anda menjadi lebih efektif dalam penggunaannya.

Kabinet Transparan dan Tanpa Pegangan

Desain kabinet dapur yang transparan menjadi tren desain interior dapur yang sangat menarik untuk diimplementasikan pada tahun ini. Begitu juga kabinet dengan pegangan yang tersembunyi atau bahkan tanpa pegangan, akan memberikan tampilan yang bersih dan minimalis pada dapur Anda. 

Menambahkan Tanaman Hias

Tanaman hias dalam pot atau rak tanaman akan memberikan sentuhan segar dan alami bagi dapur Anda. Selain di dalam, Anda juga dapat menambahkan pot tanaman yang berada pada sisi luar dapur. Meski di luar, tanaman tersebut tetap dapat memperindah dapur ketika diperhatikan dari dalam ruangan.

Penerangan pada Beberapa Area

Pencahayaan akan ditempatkan secara strategis untuk memberikan fokus pada area memasak atau kegiatan dapur lainnya. Entah dengan memanfaatkan cahaya alami dari luar atau dengan pencahayaan tambahan.

Sentuhan Art Deco

Gaya “Art Deco” dengan aksen glamor dan elegan akan memberikan nuansa mewah pada dapur. Tren desain interior ini cocok bagi Anda yang merasa dapur juga merupakan ruang seni yang indah.

Meja Dapur yang Luas

Area meja yang luas dan fungsional akan menjadi pusat aktivitas dalam dapur. Meja tersebut dapat Anda gunakan sebagai mempersiapkan bahan, meletakan menu, hingga menjadi meja makan bersama keluarga Anda. 

Penggunaan Batu Marmer

Marmer akan tetap menjadi bahan favorit untuk countertop dapur yang memberikan tampilan elegan pada interior dapur Anda. Selain itu, penggunaan marmer untuk interior dapur akan meningkatkan kesan ramah lingkungan.

Dapur Outdoor

Desain dapur outdoor semakin populer untuk yang ingin menikmati kegiatan memasak di luar ruangan. Setelah tahun-tahun sebelumnya hanya ada tren desain interior dapur semi-outdoor dengan tembok fleksibel dan transparan. 


Temukan Gaya Desain Interior Dapur Anda

Tren-tren desain interior dapur tersebut akan membawa nuansa segar dan fungsionalitas yang lebih baik pada dapur Anda di tahun 2023. Jangan ragu untuk eksperimen dengan tren-tren ini dan sesuaikan dengan selera pribadi serta kebutuhan dapur Anda.


Untuk itu, temukan desain interior dapur yang sesuai dengan keinginan Anda hanya di Interbox. Dimana lagi bisa menemukan jasa desain interior yang lengkap, mudah, dan aman kalau bukan di Interbox!