Desain interior monochrome identik dengan penggunaan satu warna yang sejenis dalam suatu ruangan. Gaya ini pun menjadi populer dan menjadi digemari karena menawarkan kesan bersih, cerah, aesthetic, serta timeless. Menggunakan satu jenis warna juga memberikan kemudahan dalam mengatur elemen interior seperti furniture serta dekorasi lainnya. 

Gaya interior inipun dengan mudah diaplikasikan ke berbagai macam bentuk hingga fungsi ruangan. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai desain interior monochrome, simak ulasan di bawah ini, yang berbicara mulai dari pengertian, ciri-ciri, hingga tips. Check this out!

 

Apa itu Desain Interior Monochrome?

Berasal dari kata Yunani "mono," yang berarti satu, dan "chroma," yang berarti warna, istilah monochrome mengacu pada desain yang hanya menggunakan satu warna atau berbagai nuansa dari satu rona. Pendekatan estetika ini sangat populer dalam dunia desain. 

Adapun warna monochrome ternyata sudah digunakan banyak orang sejak lama. Dari tahun 1350 hingga 1620 M, seniman seperti Leonardo da Vinci dan Michelangelo menggunakan monochrome, sebagai teknik yang kuat untuk menyoroti kekuatan variasi tone pada warna. 

Pada akhirnya, pendekatan populer ini merambah ke industri kreatif lainnya, khususnya desain interior. Desain interior monochrome melibatkan penggunaan strategis satu warna atau variasi nuansa warna yang sama, dalam suatu ruang. 

Teknik ini menciptakan estetika yang lebih seimbang yang sekaligus mendorong kreativitas. Ketika warna monochrome diterapkan dengan benar, dapat menjadi cara yang unik dan bermakna untuk menciptakan ruang yang kohesif sekaligus menarik perhatian.

 

Kenapa Memilih Desain Interior Monochrome

Desain interior monochrome memiliki banyak kelebihan. Ini dikarenakan desain interior ini hanya menggunakan satu warna, atau palet warna yang masih termasuk dalam color family. Penerapan desain ini akan menghilangkan kekhawatiran atas warna yang mungkin akan saling berbenturan.

Dengan warna sejenis, desain interior monochrome mampu membawa kesederhanaan dan keanggunan. Desain ini memiliki kemampuan untuk menciptakan harmoni dan keseimbangan antara semua elemen. Ini berarti semua komponen ruang saling terkait, dan menghasilkan tampilan yang utuh. 

Adapun desain interior monochrome direkomendasikan karena kemampuannya membuat ruang terasa lebih besar. Gaya ini juga menyediakan latar belakang minimalis untuk menyoroti ketegasan bentuk furniture. Ini menghasilkan sifat yang kontras dalam sebuah ruangan. 

Desain interior monochrome dapat menyampaikan sensasi tertentu dengan lebih mudah. Warna serta tekstur, meningkatkan persepsi terhadap lingkungan dan menciptakan pengalaman yang membangkitkan emosi.

 

Ciri-Ciri Desain Interior Monochrome

Penting untuk memahami elemen dan karakteristik utama desain interior monochrome, agar proses mendesain menjadi lebih mudah. Berikut ciri-ciri desain interior monochrome.

Penggunaan Satu Jenis Warna

Fitur pertama dan terpenting dari desain interior monochrome yaitu pemilihan satu warna. Semua elemen lain dalam interior kemudian bisa menggunakan berbagai tone dari warna dasar ini. Satu atau dua warna berbeda dapat ditambahkan di beberapa tempat. 

Tetapi skema warna utama harus berputar di sekitar warna dasar pilihan. Warna monochrome identik dengan hitam, putih, atau abu-abu. Namun, secara pengertian, warna monochrome sebenarnya dapat berupa warna apapun, asalkan dalam praktiknya menggunakan satu palet warna yang dipilih saja. 

Mengutamakan Keseimbangan 

Elemen penting lainnya dari desain interior monochrome yaitu menciptakan keseimbangan dalam ruang. Ini bisa diwujudkan dengan penggunaan tone dan warna yang tepat, di tempat yang tepat. Menggunakan hanya satu tone warna bisa menghasilkan suasana yang seimbang. 

Sementara, menambahkan terlalu banyak variasi warna dapat menciptakan kekacauan visual. Menemukan keseimbangan yang tepat antara semua tone warna dan menggunakannya dengan bijaksana untuk meningkatkan estetika keseluruhan ruangan.

Tekstur yang Menonjol

Karena hanya mengaplikasikan satu warna, kedalaman (depth) dan visual interest umumnya ditonjolkan dalam desain interior monochrome. Hal ini dapat diwujudkan dalam ruang dengan menggunakan berbagai jenis material dan tekstur. 

Ini sangat penting untuk menghindari tampilan ruang yang membosankan dan monoton. Penambahan tekstur dan material yang beragam akan menambahkan karakter serta kepribadian ke interior. Pada akhirnya, akan membantu meningkatkan suasana di dalam ruangan, khususnya dalam rumah. 

Pencahayaan yang Menyorot

Pencahayaan menjadi elemen penting lain dari desain interior monochrome. Untuk menciptakan kedalaman dan perspektif yang bervariasi dalam interior monochrome, permainan cahaya yang tepat menjadi ciri khas desain ini.

Apakah itu menggunakan statement lighting, pencahayaan alami, maupun pencahayaan aksen, akan berguna untuk menyorot area tertentu dan membiarkan area lain tetap gelap. Pengaturan cahaya ini mampu menonjolkan kualitas dinamis dari ruang, dan sangat mempengaruhi bagaimana elemen serta tekstur dipersepsikan.

Adanya Sentuhan Alam

Adanya sentuhan alam seperti tanaman hijau, atau elemen vegetasi lainnya juga ciri dari desain interior monochrome. Tujuan menambahkan elemen ini yaitu untuk menambahkan sedikit warna dan kesegaran dalam interior yang didominasi satu warna.

Tanaman hijau dapat memberikan sentuhan hidup pada ruang tanpa merusak skema warna. Tanaman dalam ruangan ini juga bisa membantu lebih menonjolkan tema monochrome karena menghasilkan kekontrasan. Biasanya, tanaman hanya ada satu jenis, dan diletakkan di sudut ruangan. 

Seni dan Dekorasi dengan Warna Sejenis

Desain interior monochrome tidak harus membosankan. Seni dan dekorasi merupakan fitur penting dari gaya desain ini. Seni dan dekorasi dipilih dengan cermat untuk menyesuaikan dengan skema warna. Penambahan elemen ini memberikan variasi untuk menciptakan harmonisasi dan keserasian. 

Seni dan dekorasi juga dapat menambahkan kesan elegan, minimalis, hingga modern. Elemen dekorasi dapat berupa karya fotografi, bingkai foto, lukisan, seni instalasi tiga dimensi seperti patung, maupun vas bunga. Dekorasi ini tentu memiliki warna senada dengan warna utama ruangan. 

 

Baca juga:

 

Tips Mengaplikasikan Desain Interior Monochrome

Sumber: Pexels

 

Dibutuhkan beberapa trik untuk mewujudkan desain interior monochrome ke suatu ruangan, agar semua elemen pendukungnya seimbang. Berikut tips mengaplikasikan desain interior monochrome

Tentukan Warna Dasar

Langkah pertama dalam menciptakan desain interior monochrome yaitu memilih warna dasar. Nantinya, warna dasar digunakan di setiap ruangan sebagai pondasi untuk menambahkan interior lainnya. Jika ragu dalam memilih warna dasar, pilihlah yang netral seperti hitam, abu-abu, atau beige.

Setelah memutuskan warna dasar, pilih berbagai gradasi, tone, dan nuansa dari warna tersebut dalam semua elemen interior. Ini akan membantu menciptakan harmoni dan mencegah ruangan terlihat datar atau monoton.

Tambahkan Banyak Tekstur

Tekstur merupakan kunci dalam desain interior monochrome. Menambahkan banyak tekstur ke dalam ruang dapat menciptakan kedalaman visual. Pilih tekstur dan material yang kontras untuk menjaga ruang tetap menarik secara visual. 

Tambahkan lapisan tekstur untuk memaksimalkan setiap elemen dan menciptakan suasana kohesif. Jika dinding dan lantai menggunakan warna dasar, maka dapat dilengkapi furniture dengan tekstur kayu kasar alami. Lalu kontraskan dengan elemen tekstil menggunakan sutra atau beludru.

Fokus pada Furniture

Soroti beberapa fitur arsitektur dalam interior atau beberapa furniture utama dengan menggunakan selain warna dasar yang dominan. Desain interior monochrome mendukung highlight pada detail penting, misalnya furniture vintage, langit-langit tinggi, atau arsitektur built-in. 

Skema warna monochrome yang halus dapat membuat detail ini lebih menonjol. Menyoroti furniture merupakan cara menambah dimensi dan kedalaman dalam suatu ruangan. Dalam suatu hunian, hal ini bisa dipraktikkan ke dalam semua level ruangan. 

Atur Pencahayaan yang Cukup

Pastikan untuk menyediakan pencahayaan yang cukup dalam desain interior monochrome. Pencahayaan memainkan peran utama dalam tema monochrome karena memungkinkan untuk menyoroti area tertentu dan menarik perhatian. 

Pencahayaan alami yang masuk dapat dihasilkan dari jendela besar. Berbagai bentuk pencahayaan buatan seperti spotlight, pencahayaan ambient, task lighting, dan accent lighting mampu menyoroti elemen serta perlengkapan penting.

Masukkan Elemen Seni dan Dekorasi

Tambahkan beberapa elemen seni dan dekorasi. Dekorasi ini tidak harus menjadi terlalu mencolok. Elemen ini hanya harus menambahkan bentuk dan garis pada desain, sehingga tidak mendominasi tema monochrome. 

Dekorasi dan karya seni juga harus mengikuti gaya monochrome. Karya seni dan dekorasi yang tidak sejalan dengan palet warna, akan menciptakan kontras tajam dengan sisa interior. Hal ini justru akan membuat elemen dekoratif menonjol dan tidak menciptakan ruangan yang harmoni. 

Lengkapi dengan Material Alami

Melengkapi ruangan yang menerapkan desain interior monochrome dengan tanaman dapat membawa suasana yang hidup dan terang. Nuansa kehijauan dari tanaman merupakan elemen kontras yang sempurna dalam gaya monochrome, tanpa merusak skema warna.

Tanaman dengan desain pot yang sederhana dan elegan, dapat menyatu dengan estetika minimalis yang dipancarkan dari gaya ini. Tanaman juga mampu keseimbangan serta mengurangi kesan monoton. Elemen ini memberikan kedalaman visual dan memperkaya tampilan ruang.

 

Cari Jasa Desain Interior Custom Hanya di Interbox

Desain interior monochrome mengadaptasi penggunaan satu warna dalam sebuah ruangan. Desain ini banyak digemari karena tidak perlu memikirkan pencampuran warna yang terkadang membingungkan. Cukup memilih warna dasar, dan interior lainnya akan mengikuti warna tersebut. 

Bagi Anda yang ingin merasakan kemudahan dalam melakukan interior desain pada rumah Anda, sebaiknya kunjungi Interbox. Anda juga dapat berkonsultasi langsung secara GRATIS untuk menyesuaikan layanan interior yang cocok, antara Tender dan Custom.

Jadi tunggu apa lagi? Ciptakan interior yang nyaman bersama Interbox!