Dalam dunia desain interior, tren selalu berubah seiring berjalannya waktu. Hal ini berlaku khususnya untuk dekorasi interior rumah. Apa yang dianggap modern dan stylish tahun lalu mungkin tidak lagi berlaku di tahun ini.

Dalam artikel ini, akan dibahas bagaimana cara memperbarui rumah Anda dengan dekorasi bergaya modern. Dari pemilihan palet warna hingga furniture. Tertarik untuk cari tahu lebih lanjut? Simak selengkapnya di sini, ya!

 

Bagaimana Dekorasi Interior Rumah Bergaya Modern di Tahun ini?

Dekorasi interior rumah bergaya modern pada tahun ini akan semakin menggabungkan estetika yang bersih dan minimalis dengan  pertimbangan fungsionalitas yang tinggi. Berikut beberapa di antaranya.

1. Pemilihan Palet Warna yang Modern

Warna merupakan fondasi dari dekorasi interior yang modern. Beberapa palet warna masih akan menjadi tren termasuk warna netral seperti putih, abu-abu, cokelat muda, dan krem.

Warna-warna ini menciptakan latar belakang yang bersih dan indah untuk rumah Anda. Namun, Anda juga bisa menyisipkan sentuhan warna lembut seperti biru muda, hijau sage, atau merah anggur untuk memberikan aksen yang menarik.

2. Minimalisme yang Lebih Menyeluruh

Konsep minimalisme telah lama menjadi inti dari desain modern, dan sekarang semakin terlihat evolusinya. Minimalisme yang lebih menyeluruh menjadikan lebih dari sekedar membersihkan rumah Anda.

Hal tersebut juga mencakup pengurangan barang yang tidak perlu, memaksimalkan ruang, serta menciptakan tampilan yang bersih dan tertata pada ruangan Anda.

3. Desain Terbuka atau Open Space

Rumah bergaya modern ternyata juga lebih memperhatikan alur antar ruang. Desain terbuka menjadi salah satu cara terbaik untuk dapat mewujudkannya. 

Dengan desain ini akan menciptakan hubungan yang lebih harmonis antara dapur, ruang makan, hingga ruang tamu. Selain itu, jendela besar dan pintu geser yang membuka ruang ke halaman belakang juga menjadi elemen kunci dalam desain ini.

4. Material Alami

Penggunaan material alami seperti kayu, batu, dan serat alam semakin populer dalam dekorasi interior rumah yang modern. Material alami memberikan sentuhan hangat dan keasrian ke dalam ruangan. Untuk mendapatkannya Anda dapat menghadirkan furnitur dan dekorasi bermaterial kayu dengan finishing yang alami.

5. Pencahayaan yang Teliti

Terakhir, pencahayaan juga merupakan elemen kunci dalam dekorasi interior modern. Jendela besar untuk cahaya alami dan lampu yang dirancang dengan baik untuk cahaya buatan menjadi kombinasi ideal. Selain itu, perangkat pencahayaan yang dapat diatur intensitasnya, seperti lampu smart LED.

 

Daftar Dekorasi Interior Rumah Bergaya Modern

Sekarang, mari jelajahi dekorasi yang akan membantu Anda menciptakan interior rumah bergaya modern, berikut di antaranya.

1. Furniture Minimalis

Perabotan modern biasanya memiliki garis-garis yang bersih dan bentuk yang sederhana. Furnitur minimalis, seperti sofa dengan kaki ramping atau meja kopi dengan desain yang ringkas, sangat cocok untuk dekorasi interior ini.

2. Dinding Putih atau Netral

Dinding berwarna putih atau netral merupakan kanvas yang ideal untuk rumah bergaya modern. Ini memberikan tampilan bersih dan luas pada setiap sisi ruangan. Anda dapat menambahkan aksen dinding dengan cat atau wallpaper yang berbeda.

3. Sentuhan Warna Kontras

Meskipun warna netral mendominasi, Anda dapat menambahkan sentuhan warna dalam aksesori seperti bantal, karpet, atau dekorasi dinding. Warna-warna ini dapat menciptakan kontras yang menarik dalam ruangan.

4. Pertimbangkan Teknologi Pintar

Dalam desain modern, teknologi sering digabungkan secara cerdas. Lampu, suara, dan sistem keamanan yang dapat dikendalikan secara pintar dapat menambah kenyamanan dan efisiensi dalam interior Anda. Meski begitu, Anda juga perlu menjadi cerdas untuk memilih teknologi yang ingin Anda hadirkan di rumah. 

 

Baca juga:

 

Rahasia atau Tips Memilih Dekorasi Interior Rumah yang Modern dengan Tepat

Dalam mengejar dekorasi interior rumah bergaya modern, berikut beberapa tips penting yang perlu Anda pertimbangkan.

1. Kualitas Lebih Penting daripada Kuantitas

Pilih furniture dan dekorasi dengan kualitas yang baik daripada mengisi rumah Anda dengan barang yang murah. Perabotan yang berkualitas akan lebih tahan lama dan memberikan nilai yang lebih tinggi bagi rumah Anda.

2. Pentingnya Ruang Negatif

Ruang negatif merujuk pada ruang kosong dalam desain. Ini jadi elemen penting dalam estetika interior modern. Jangan terlalu banyak mengisi ruang dengan dekorasi dan biarkan beberapa area kosong untuk memberi ruang bernapas.

3. Eksperimen dengan Tekstur

Meskipun warna biasanya netral, Anda dapat menambahkan elemen menarik ke ruangan dengan bermain dengan tekstur. Karpet berbulu, bantal berbahan katun kasar, atau bahan jendela dengan tekstur dapat memberikan dimensi tambahan ke ruang.

4. Furniture dengan Geometri

Bentuk geometris, seperti meja bundar atau perabotan dengan garis-garis tajam, sering digunakan dalam dekorasi modern. Furniture tersebut akan menambahkan elemen visual yang menarik ke dalam ruangan Anda.

5. Konsultasi dengan Profesional

Jika Anda merasa bingung atau butuh bantuan ekstra dalam merancang rumah Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan seorang Desainer interior profesional. Para interior Designer dapat membantu mengubah keinginan Anda menjadi kenyataan.

Namun, apabila Anda masih bingung mencari interior Designer yang berpengalaman dan terpercaya. Anda dapat mengunjungi dan berkonsultasi langsung ke Interbox.id untuk menemukan jasa design interior yang Anda butuhkan. 

 

Temukan Design Interior Modern Hanya di Interbox

Dengan memperhatikan segala penjelasan di atas, Anda akan mampu menciptakan rumah dengan tampilan modern, elegan, dan sesuai dengan tren terbaru dalam desain interior.

Kini, Anda juga bisa langsung memilih layanan interior yang sesuai dengan keinginan Anda melalui kategori Custom, dimana akan ada interior Designer yang akan membuatkan desain khusus untuk Anda. Atau Anda dapat cari langsung melalui katalog design interior modern dengan menyesuaikan ruangan yang Anda punya.

Ciptakan interior rumah impian Anda sekarang juga bersama Interbox!