Desain interior coastal menghadirkan nuansa yang segar, santai, dan terinspirasi oleh keindahan alam pantai. Dengan fokus pada kenyamanan, kesederhanaan, dan sentuhan alami, desain interior pesisir menawarkan pengalaman yang menghadirkan suasana liburan yang abadi.

Palet warna yang tepat hingga elemen dekoratif yang terinspirasi oleh alam merupakan beberapa ciri-ciri dari desain interior ini. Untuk mengetahui ciri-ciri desain interior coastal yang lengkap dan mencatat tips mewujudkan interior ini dalam ruangan, simak artikel di bawah ini, ya!

 

Apa itu Desain Interior Coastal?

Desain interior coastal (pantai) terinspirasi dari suasana ketenangan area pesisir pantai, yang mengadaptasi elemen-elemen alami tepi laut seperti ombak, pasir, langit, dan elemen pantai lainnya. Ini dituangkan ke dalam desain interior suatu ruangan melalui warna, tekstur, dan furniture. 

Berakar pada keindahan lanskap pesisir, pendekatan desain ini memvisualisasikan kedamaian hidup di tepi laut. Pemanfaatan maksimal cahaya alami dan pengembangan ruang yang luas serta bebas, mengundang suasana pesisir pantai yang sejuk sekaligus terbuka.

Desain interior coastal telah ada selama berabad-abad. Adapun interior ini tidak harus diterapkan pada hunian atau bangunan yang ada di tepi pantai. Desain interior coastal pun telah menjadi pilihan desain interior yang bisa diterapkan di berbagai bentuk ruangan dan bisa diterapkan di wilayah manapun. 

 

Kenapa Memilih Desain Interior Coastal

Desain interior coastal memiliki alasan kuat untuk diterapkan pada suatu ruangan. Salah satunya terkait dengan efek psikologi yang didapatkan dari mengadopsi desain ini. Interior coastal yang diwujudkan dalam suatu ruangan membawa sensasi relaksasi dan ketenangan. 

Dengan warna yang menenangkan, tekstur alami, dan desain lantai terbuka, gaya pesisir menciptakan ruang yang mampu merelaksasi pikiran. Gaya bernuansa lembut yang selaras dengan alam, menjadikannya mampu memberikan efek cerah, dan berdampak pada suasana hati serta pola pikir positif.

Selain efek psikologi, desain interior coastal merupakan gaya desain yang fleksibel. Artinya, cocok diaplikasikan pada berbagai bentuk ruang. Ruang-ruang yang dihasilkan dari interior ini memiliki tata letak terbuka dan furniture yang dapat disesuaikan untuk mendukung berbagai situasi serta preferensi. 

 

Ciri-Ciri Desain Interior Coastal

Gaya Desain Interior Coastal

Sumber: Pexels

 

Untuk lebih memahami desain interior coastal, pertimbangkan elemen-elemen yang digunakan untuk menciptakan estetika ini. Berikut terdapat ciri-ciri desain interior coastal yang perlu diketahui. 

Ruang Terang 

Ruang terang yang berasal dari cahaya alami merupakan ciri utama dari desain interior coastal. Bukaan besar dan dinding putih mengundang sinar matahari masuk melalui jendela. Penggunaan jendela besar berfungsi untuk menyambut cahaya alami.

Jendela besar dengan tirai putih tipis seperti jenis tulle curtain, juga dapat meningkatkan suasana pesisir pantai. Selain itu, finishing mengkilap, cermin, dan kaca juga membantu menyebarkan cahaya dalam ruangan, dengan menciptakan ilusi ruang serta meningkatkan kecerahan. 

Aliran Udara Bebas dan Tata Letak Terbuka

Desain interior coastal mengadaptasi lantai terbuka untuk menciptakan suasana yang segar dan lapang. Gaya ini juga ditandai dengan tata letak terbuka tanpa kompartemen. Ini memungkinkan transisi aliran udara sekaligus udara yang lancar dari satu ruangan ke ruangan lainnya. 

Dengan kata lain, ruang terbuka menghilangkan hambatan visual dan membiarkan cahaya bergerak secara bebas. Ini berarti memungkinkan cahaya alami untuk memenuhi ruangan dengan baik, menciptakan suasana terang dan cerah khas dari desain interior coastal.

Elemen Dekorasi Khas Pantai

Ide desain pada gaya coastal ini menunjukkan karakter kehidupan pesisir. Ini diwujudkan dengan menambahkan elemen desain yang menggambarkan keindahan laut dan alam pantai yang tenang.

Aksen kehidupan laut mulai dari kerang, bintang laut, terumbu karang, dan lainnya, dijadikan sebagai elemen dekorasi, seperti pajangan dekoratif hingga berbagai jenis dekorasi. Lukisan serta foto yang menggambarkan pemandangan laut, juga mampu membantu mengembangkan tema ini.

Skema Warna Coastal dan Netral

Skema warna pada desain interior coastal terinspirasi dari laut atau pantai, termasuk putih, biru, krem, hijau, dan abu-abu. Warna-warna ini bisa diaplikasikan pada dinding, furniture, dekorasi, dan elemen interior lainnya.  

Warna nautical seperti navy blue, putih bersih, dan aqua, mencerminkan lautan yang berkontribusi pada suasana pesisir. Warna ini juga dapat dipadukan dengan palet warna sandy neutral yang lembut dan pudar, seperti putih atau beige. 

Menggabungkan Elemen Alam

Desain interior coastal menyatukan elemen alam seperti bahan rotan, goni, dan sisal, serta tekstur anyaman. Material rumput laut dan rami juga digunakan pada karpet, kap lampu, serta keranjang. Setiap item ditenun dengan tangan, yang mencerminkan kreativitas dan keindahan alami para pengrajin. 

Elemen alam seperti batu dan kerikil juga dapat dipakai pada dinding perapian, dinding aksen, vas serta dekorasi lainnya. Selain itu, tanaman juga termasuk dalam elemen alam yang ada pada desain ini. Adanya pot bunga menambahkan sentuhan alam ke dalam ruangan.

Elemen Weather Wood

Elemen weather wood (kayu yang terkikis) merupakan salah satu bahan dari alam yang menjadi ciri khas dari desain interior coastal. Kayu-kayuan ini meniru permukaan yang terkikis seperti kayu apung yang ditemukan di sekitar wilayah pesisir. 

Tekstur dan bahan seperti furniture, dibuat secara khusus dari kayu tua atau daur ulang membawa unsur pedesaan. Ini bisa diterapkan pada elemen dekorasi, furniture, hingga lantai. Kayu berwarna terang seperti abu-abu maupun coklat merupakan bahan yang tahan lama dan indah secara visual.  

Furniture Linen yang Nyaman

Material linen dan katun juga termasuk elemen dalam desain interior coastal. Bahan-bahan ini memiliki kelembutan yang sesuai dengan karakter dari gaya interior coastal. Bahan linen biasanya diaplikasikan pada furniture, maupun elemen tekstil, yang menciptakan gaya santai dan nyaman. 

Tekstil yang mudah dirawat menjadi pilihan sempurna untuk slipcover yang ideal. Bahan lembut seperti linen atau katun lah yang mudah perawatannya. Pilihan kain ini yang berwarna terang juga akan membuat ruangan terasa lebih luas, sementara warna cerah dapat meningkatkan tampilan.

 

Baca juga:

 

Tips Mengaplikasikan Desain Interior Coastal

Desain interior coastal bisa dengan mudah diwujudkan, karena elemen-elemen dekoratif, warna, serta desainnya mudah ditemukan, maupun mudah dibuat. Berikut beberapa tips mengaplikasikan desain interior coastal

Fokus pada Pemilihan Palet Warna

Menciptakan desain interior coastal yang harmonis, diawali dengan pemilihan palet warna yang tepat. Pilih satu hingga tiga warna utama, dan satu hingga dua warna aksen. Untuk desain interior coastal yang basic, perhatikan warna-warna utama seperti skema warna netral yaitu putih, abu-abu, dan beige. 

Warna-warna highlight seperti biru dan hijau, dapat menonjolkan karakter desain interior. Untuk memasukkan warna ini, bisa ditambahkan dengan hati-hati tanpa berlebihan, serta tempatkan di tempat yang tepat sehingga harmonisasi dapat tercipta. 

Tambahkan Unsur Coastal

Satu atau dua detail coastal dapat menambahkan sentuhan chic ke dalam sebuah ruangan. Sebagai contoh, tali yang tebal atau jaring halus, dapat berfungsi ganda sebagai pengikat tirai. Selain itu, bagian dari sebuah kapal seperti roda kemudi, dapat menjadi fitur dekorasi yang berkarakter. 

Sertakan Tekstur Alami dan Kain Lembut

Gaya desain interior coastal mencakup tekstur seperti kayu apung, kerang laut, dan rumput laut, dapat langsung disertakan dalam desain. Tekstur alami yang berasal dari rotan, goni atau anyaman juga dapat diaplikasikan pada furniture. 

Selain menyertakan tekstur alami, dekorasi tekstil yang lembut juga menjadi pelengkap gaya ini. Bermain motif seperti motif stripe dengan nuansa warna cool hue seperti biru, akan mencirikan ruangan coastal yang khas. Aplikasikan pola ini pada slipcover sofa, kursi, atau bantal. 

Memanfaatkan Cahaya Alami Secara Maksimal

Coastal identik dengan suasana pesisir pantai yang cerah. Jadi, desain interiornya pun bersifat terbuka, sehingga menghasilkan cahaya alami yang menerangi ruangan. Cahaya alami dapat masuk dengan memperbesar ukuran jendela.

Selain itu, dapat menggunakan cermin besar sebagai alat untuk menyebarkan cahaya. Langit-langit yang lebih tinggi dan dinding yang terang juga akan membuat desain interior coastal terasa terang serta lapang.

Pilih Seni Bertema Minimalis atau Abstrak

Desain interior coastal dapat mengeksplorasi karya seni abstrak atau minimalis, yang mencerminkan tampilan pesisir. Karya seni dapat berupa pajangan atau bingkai foto yang digantung ada diletakkan diatas rak. Walau ruangan bergaya coastal, karya ini tidak harus memiliki tema yang sama. 

Pilihlah karya seni abstrak yang hanya menampilkan warna utama desain pesisir. Ini dapat memberikan nuansa pantai tanpa harus memajang foto pantai secara literal. Seni fotografi makro atau close-up flora pesisir, yang memiliki tampilan abstrak, juga bisa jadi pilihan.

Gunakan Elemen Kayu

Menempatkan elemen kayu bisa menambah kedalaman desain interior coastal. Tekstur seperti kayu apung memberikan daya tarik seimbang yang indah pada gaya desain ini. Elemen kasar dari kayu, kerang, atau tali, mampu menyeimbangkan tekstil lembut dan tirai tulle tipis yang anggun.

Warna kayu yang terang memberikan kesan seimbang, bila dipadukan dengan elemen coastal lainnya. Kayu warna gelap terlalu mendominasi, dan tidak memberikan emosi yang ringan. Kayu terang mampu memberikan unsur emosi yang ringan, serta menciptakan kelapangan pada ruangan.

 

Konsultasikan Interior Rumah Impian Anda Bersama Interbox

Desain interior coastal mengambil inspirasi dari suasana pesisir pantai. Maka nuansa yang dihadirkan bersifat terang, bersih, dan terbuka. Desain ini otomatis menghadirkan cahaya dan angin alami yang dapat memenuhi ruangan, sehingga menghasilkan kesejukan. 

Semakin siap untuk menciptakan interior modern di rumah Anda dengan gaya coastal? Konsultasikan sekarang juga preferensi interior yang Anda idamkan dengan Interbox. Anda juga bisa mendapatkan interior dengan berbagai konsep yang dapat disesuaikan secara Custom

Kini Anda dapat menciptakan interior impian untuk rumah Anda!