Desain interior Hollywood berkembang dan populer pada golden era industri Hollywood, hingga saat ini. Menurut Desainer Interior, Caitlin Murray, desain interior Hollywood merupakan cara untuk mengkomunikasikan atmosfer kemewahan dan glamor yang tidak kaku pada suatu ruangan.

Dengan industrinya yang besar dan mendunia, pengaruh desain interior ini dapat diadaptasi dimana saja serta untuk ruangan apapun. Kenali lebih dalam mengenai desain interior Hollywood, dan memahami ciri-cirinya disini!

 

Apa itu Desain Interior Hollywood?

Desain interior Hollywood lahir dari industri perfilman Amerika pada tahun 1930-an. Gaya interior ini populer ketika dunia film menggambarkan ruang-ruang mewah yang penuh dengan drama dan kemewahan, serta sambil merayakan kehidupan mewah golden era Hollywood.

Desain interior Hollywood dihasilkan dari penggabungan sentuhan klasik dengan kemewahan. Desain interior ini umumnya juga menyatukan elemen-elemen art deco, kemewahan Hollywood, dan desain tradisional Eropa, untuk menciptakan tampilan yang elegan sekaligus dramatis.

 

Kenapa Memilih Desain Interior Hollywood

Desain interior Hollywood memberikan kesan keberanian yang kental. Ini dikarenakan desain interior Hollywood mencampurkan banyak gaya yang menjadi daya tarik sendiri, mulai dari art deco, modern, neoklasik, dan chinoiserie. 

Namun, penggabungan tersebut tidak terlihat campur aduk atau berantakan. Walaupun dipenuhi banyak elemen yang bold, desain interior Hollywood tetap mengedepankan keteraturan tata letak serta pengaturan warna.  

Gaya ini juga memancarkan kepercayaan diri, serta mendorong kepribadian dan ekspresi individu. Desain interior Hollywood tentu cocok bagi orang-orang yang menyukai kemewahan, seni, khususnya yang menggemari dunia perfilman Hollywood. 

 

>>> Lihat Katalog Desain Interior Bergaya Klasik

>>> Lihat Katalog Desain Interior Bergaya Industrial

 

Ciri-Ciri Desain Interior Hollywood

Desain Interior Hollywood

Sumber: Pexels

 

Desain interior Hollywood memiliki karakter serba mewah, ornamental, eklektik, dan maksimalis. Berikut ciri-ciri desain interior Hollywood

Warna Bold Senada atau Kontras

Desain interior Hollywood identik dengan warna-warna bold, yang terkadang dipadukan senada atau secara kontras. Warna bold memberikan energi dan kemewahan yang dibutuhkan pada interior ini. 

Beberapa warna yang seringkali digunakan seperti, merah, fuschia, ungu, orange, biru tua, hitam, gold dan hijau zamrud. Warna-warna ini menjadi satu palet warna yang diaplikasikan pada dinding, furniture, hingga elemen dekorasi lainnya. 

Perpaduan Pola yang Berani

Pola yang mencolok, berani, dan tegas menjadi pusat perhatian dalam desain interior Hollywood. Bentuk geometris abstrak, zig zag, motif bunga, catur hitam putih, atau pemandangan, serta tema tropical, sangat umum ada pada interior ini. 

Pola atau motif hewan seperti zebra, macan tutul atau ular, juga seringkali ditemukan pada gaya Hollywood. Biasanya pola-pola ini diterapkan pada lantai, wallpaper, tirai, atau kumpulan furniture. Bermacam pola ini akan menambahkan minat visual dan drama pada ruang.

Furniture Dramatis dan Mewah

Dalam desain interior Hollywood, penggunaan furniture dengan kesan dramatis dan mewah jadi fitur utama. Bingkai dan cermin yang memiliki ukiran mewah serta lampu kristal gantung yang bergelombang (chandelier) merupakan beberapa contoh elemen furniture yang ada pada interior Hollywood. 

Penggunaan logam, seperti emas, perak, dan kuningan, juga menambahkan kesan glamor ke ruang. Ragam logam ini dapat diintegrasikan melalui elemen-elemen seperti perkakas, lampu, kertas dinding, dan objek dekoratif lainya.

Material Tekstil Mewah

Dengan memberikan pola-pola yang berani pada elemen dekorasi maupun furniture, penggunaan tekstil juga harus diselaraskan, yaitu materialnya yang mewah. Dalam desain interior Hollywood, juga menampilkan material tekstil mewah seperti beludru, satin, sutra, bulu, dan kulit. 

Kain berbahan mewah ini biasanya melapisi seluruh furniture yang membutuhkan pelapis. Umumnya, dapat terlihat melalui bantal, seprai, sofa, karpet, tirai, dan lain-lain. 

Lacquer Finishing 

Lacquer finishing merupakan teknik penyelesaian atau pengecatan yang seringkali digunakan dalam desain interior Hollywood. Ini menggunakan lapisan cat lacquer yang memberikan kilauan yang khas. Teknik ini digunakan pada furniture atau dekorasi.

Tujuannya untuk memberikan kilau dan kesan yang mewah. Pengecatan lacquer ini mengaplikasikan warna-warna cerah dan metalik untuk menciptakan efek glamor khas Hollywood. Warna-warna cerah seperti merah, biru, dan hijau, seringkali menjadi warna perabot dari elemen furniture dari interior ini.

 

Baca juga:

 

Apakah Cocok Mengaplikasikan Desain Interior Hollywood di Indonesia

Industri perfilman Hollywood memiliki pengaruh yang besar di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Salah satunya penerapan desain interior Hollywood pada ruangan. Ide utama dari desain ini yaitu menciptakan rasa kemewahan dan eksklusivitas, layaknya sedang hidup di dunia Hollywood. 

Meskipun berasal dari tahun 1930-an, desain interior Hollywood masih populer hingga hari ini. Hal ini dikarenakan desain interiornya menawarkan kesan elegan dan kemewahan. Fitur-fiturnya yang berani dan mewah dapat diintegrasikan ke dalam berbagai gaya desain interior, mulai dari kontemporer hingga klasik.

Walaupun desain interior ini seringkali diadopsi oleh negara-negara barat, tidak ada salahnya untuk mencoba mewujudkan interior Hollywood di Indonesia. Mengingat desain interior merupakan selera atau preferensi masing-masing individu yang sifatnya bebas. 

Khususnya bagi yang menyukai karakter glamor dan mewah akan lebih cocok menerapkan gaya ini. Namun, untuk mewujudkan desain interior Hollywood menjadi tantangan tersendiri dalam memadukan seluruh warna bold, furniture hingga elemen dekorasi yang mencolok dalam satu ruangan. 

 

Temukan Desain Bergaya Hollywood Hanya di Interbox

Desain interior Hollywood memiliki ciri khas warna bold yang menjadi daya tarik dalam interior Hollywood. Selain itu, memadukan pola-pola yang berani seperti geometris dan animal prints juga menjadi ciri dari gaya ini.

Tertarik untuk menciptakan interior design bergaya Hollywood pada rumah Anda? Konsultasikan sekarang juga preferensi desain interior yang Anda inginkan bersama Interbox. Anda juga bisa mendapatkan berbagai pilihan interior terbaik secara Custom!

Kini Anda dapat menciptakan interior kantor di rumah tanpa harus ke kantor!