Desain interior kontemporer menjadi salah satu gaya desain yang paling populer hingga hari ini. Ini menggabungkan elemen-elemen modern dengan sentuhan-sentuhan klasik yang abadi, menciptakan estetika yang “clean”, sederhana, dan elegan. 

Dalam artikel ini, akan dijelaskan apa yang dimaksud dengan desain interior kontemporer, unsur-unsur kunci yang membentuknya, dan karakteristik yang membuatnya unik. Simak semuanya apabila Anda tertarik dengan gaya desain yang satu ini. 

 

Apa itu Desain Interior Kontemporer?

Desain interior kontemporer atau yang kemudian banyak disebut dengan "desain modern". Desain interior kontemporer merupakan gaya desain yang menekankan pada kesederhanaan, fungsi, dan estetika yang bersih.

Ide gaya ini muncul dari gerakan desain modern abad ke-20 dan terus berkembang hingga saat ini. Desain ini menampilkan unsur-unsur yang tidak rumit, garis-garis yang bersih, serta material hingga furniture yang mengedepankan fungsionalitas.

 

Elemen Desain Interior Kontemporer

Lantas apa yang menjadi elemen dari desain interior ini? Berikut beberapa elemen desain interior bergaya kontemporer

Warna Netral

Pertama, palet warna dalam desain interior kontemporer cenderung netral. Warna-warna seperti putih, abu-abu, hitam, dan coklat muda menjadi dasar yang umum digunakan. Warna netral memberikan latar belakang yang tenang dan mendukung elemen-elemen lain dalam ruangan bergaya kontemporer. 

Garis dan Batas Ruangan

Desain interior ini dikenal dengan garis-garisnya yang bersih dan sudut yang tajam. Garis lurus dan sudut-sudut tegas sering digunakan untuk menciptakan tampilan yang rapi dan terstruktur pada desain interior kontemporer.

Mengutamakan Fungsionalitas

Pada ruangan bergaya kontemporer, furniture dan elemen lainnya dipilih berdasarkan fungsi utamanya. Desain kontemporer mengutamakan kenyamanan dan sisi kepraktisan.

Maka dari itu, furniture ruangan pada desain interior ini sering memiliki bentuk yang sederhana dan mengedepankan fungsi. Jadi bukan soal kuantitas, melainkan ketepatgunaan. 

Material Natural

Terakhir, material yang digunakan dalam desain ini merupakan material alami seperti kayu, batu, dan logam. Material pada ruangan dengan gaya kontemporer terkadang tetap dibiarkan dalam bentuknya aslinya untuk menambah kesan alami ke dalam ruangan.

 

Karakteristik Desain Interior Kontemporer

Selain elemen yang unik, desain interior bergaya kontemporer juga memiliki beberapa karakteristik. Berikut beberapa di antaranya. 

Minimalisme

Pada desain interior kontemporer terdapat sisi minimalisme di dalamnya. Namun perlu dicatat, bila minimalisme yang dimaksud masih terkait dengan elemen fungsionalitas.

Maka dari itu, salah satu karakteristik yang terlihat pada ruangan bergaya kontemporer seringkali memiliki dekorasi yang minimalis, dengan furniture yang tidak berlebihan.

Pencahayaan Alami

Karakteristik lainnya, yakni adanya pencahayaan alami. Biasanya ditandai dengan penggunaan jendela besar dan pintu kaca untuk membiarkan cahaya dari luar ruangan masuk. Untuk itu, pengadaan pencahayaan buatan seringkali hanya bersifat tambahan dan tentunya mendukung fungsionalitas.

Ruangan Terbuka

Desain kontemporer cenderung menciptakan ruang yang terbuka “open-space” dan mengalir dengan baik. Karakteristik ruangan pada interior bergaya kontemporer biasanya saling terhubung tanpa dinding atau partisi yang berlebihan.

Sentuhan Seni Modern

Desain interior kontemporer terkadang juga mencakup seni modern sebagai bagian integral dari dekorasi. Lukisan, patung, atau karya seni lainnya sering digunakan untuk menambahkan sentuhan pribadi ke dalam ruangan.

Mengedepankan Kualitas

Dengan sisi minimalisme yang melekat pada desain interior kontemporer berarti menggunakan sedikit elemen desain yang berkualitas lebih diutamakan daripada memenuhi ruangan dengan dekorasi yang berlebihan.

Teknologi Terbarukan

Pemanfaatan teknologi terkini, baik dalam peralatan maupun perlengkapan rumah, merupakan salah satu ciri penting dari desain kontemporer.

 

Siapa yang Cocok dengan Desain Interior Kontemporer?

Lalu, siapa yang cocok untuk mengaplikasikan desain interior bergaya kontemporer pada ruangannya? Desain interior kontemporer cocok untuk Anda atau individu yang menghargai estetika yang “clean” dan modern.

Ini merupakan pilihan yang baik bagi Anda yang menyukai tampilan minimalis dan ruangan yang teratur. Selain itu, apabila Anda adalah orang yang menilai kualitas di atas kuantitas dan menghargai teknologi terbaru, tentu akan merasa nyaman dalam lingkungan ini.

 

Temukan Jasa Desain Interior Sesuai Keinginan Anda di Interbox

Desain interior kontemporer memberikan fleksibilitas dalam mengekspresikan gaya pribadi. Anda dapat menyesuaikan elemen-elemen dan karakteristik di atas sesuai dengan preferensi Anda dalam menciptakan ruangan yang nyaman dan elegan. 

Merasa sulit untuk melakukannya sendiri? Kini, Anda sudah bisa dengan mudah untuk menemukan desain interior ruang idaman, hanya dengan mengunjungi website Interbox! Anda akan menemukan marketplace jasa desain interior yang lengkap, mudah, dan aman!