Desain interior Mediterania merupakan salah satu gaya desain yang terkenal karena kesan hangat dan santainya. Gaya ini terinspirasi oleh negara-negara di sekitar Laut Tengah seperti Spanyol, Italia, dan Yunani. Dalam artikel ini, akan dibahas tentang desain interior Mediterania, termasuk elemen-elemennya yang khas dan karakteristiknya yang unik. Simak selengkapnya!

 

Apa itu Desain Interior Mediterania?

Desain interior Mediterania yang juga dikenal sebagai gaya Mediterania, adalah gaya desain yang terkenal dengan keindahannya yang sederhana dan klasiknya. Gaya ini akan menciptakan nuansa yang hangat, nyaman, dan santai, mirip dengan suasana pantai dan pedesaan di negara-negara Mediterania yang indah. 

 

Beberapa Karakter Desain Interior Mediterania

Bagi Anda yang ingin mengaplikasikan gaya desain interior Mediterania, sebaiknya Anda pahami dulu beberapa karakternya. Berikut diantaranya. 

 

Warna Hangat dan Netral

Warna-warna hangat seperti kuning, orange, merah bata, dan coklat sering digunakan dalam desain interior Mediterania. Namun, dinding dan lantai sering dibiarkan netral, seperti putih, krem, atau beige, untuk menciptakan kontras yang seimbang.

 

Material Alami

Material alami seperti batu, marmer, dan kayu sering digunakan dalam desain ini. Dalam ruangan, lantai sering terbuat dari ubin keramik yang indah dengan motif yang khas dari daerah lokal atau referensi yang digunakan.

 

Furniture Kayu Berkualitas

Furniture dalam desain Mediterania sering terbuat dari kayu yang berkualitas tinggi. Ini termasuk meja kayu berukir, kursi dengan bantal tebal yang nyaman, dan lemari kayu yang indah. Ini seiring juga dengan penggunaan beberapa material alami.

 

Detail Berukir

Gaya desain interior ini juga dikenal karena detail berukir yang indah pada furniture dan aksesorisnya. Anda akan melihat ukiran pada meja, kursi, cermin, bahkan dinding pada ruangan bergaya Mediterania.

 

Sentuhan Artistik

Seni memiliki peran besar dalam desain interior Mediterania. Anda akan menemukan banyak karya seni seperti lukisan minyak, ukiran, dan kerajinan tangan yang menghiasi dinding dan rak-rak. Bahkan juga pada beragam furniture yang digunakan.

 

Tekstur yang Kaya

Tidak hanya ukiran, tekstur juga merupakan bagian penting dari desain yang satu ini. Tekstur alami dari batu dan kayu bersatu dengan tekstil tebal dan bantal-bantal berukuran besar yang memberikan dukungan pada ruangan bergaya Mediterania yang hangat.



Baca juga:



Tirai dan Karpet

Tirai tebal dengan pola tradisional atau motif pada karpet Mediterania yang berani sering digunakan untuk menambah privasi dan kehangatan pada ruangan.

 

Aksen Besi

Besi tempa sering digunakan sebagai aksen dalam desain ini. Hal ini dapat ditemukan dalam lampu gantung, hiasan dinding, atau furniture seperti kursi. Selayaknya industrial, tapi bergaya Mediterania.

 

Open-Concept

Desain Mediterania cenderung mempertahankan hubungan yang kuat antara ruang dalam dan luar. Biasanya akan diterapkan pada pintu geser kaca besar atau teras yang terbuka.

 

Tanaman 

Tanaman hijau dan vegetasi seperti pohon zaitun, palem, atau tanaman yang sesuai dengan iklim Mediterania sering digunakan untuk memberikan kesan sejuk dan asri di tengah kehangatan yang juga ditimbulkan.

 

Hiasan Dinding

Hiasan dinding seperti cermin besar dengan bingkai yang unik, lukisan klasik, atau keramik dinding dengan motif menarik merupakan bagian yang integral dari desain ini.

 

Lampu Sorot

Pencahayaan alami sangat menjadi nilai lebih dalam desain bergaya Mediterania, meski begitu tidak melupakan pada cahaya buatan. Lampu sorot dengan desain artistik atau lampu gantung yang besar dan indah sering digunakan pada ruangan dengan desain interior ini.

 

Pola dan Motif

Motif seperti motif Moorish, motif Moor, dan motif Azulejo sering digunakan pada keramik, tekstil, dan hiasan dinding. Semakin khas pola dan motif yang terdapat pada hiasan atau furniture, maka akan semakin menegaskan gaya Mediterania pada ruangan.

 

Kemewahan Sederhana

Desain Mediterania menciptakan kesan kemewahan dengan cara yang sederhana. Tanpa hal mencolok atau yang berkilau, gaya ini tetap memberikan kesan mewah. Itulah kelebihan dari gaya desain Mediterania.

 

Temukan Jasa Desain Interior Sesuai Keinginan Anda di Interbox

Gaya desain interior Mediterania menjadi pilihan yang sempurna bagi mereka yang menginginkan suasana rumah yang hangat, klasik, dan santai. Dengan memperhatikan beragam karakternya, Anda akan dapat menghadirkan pesona Mediterania dalam ruangan Anda.

Kini, Anda sudah bisa dengan mudah untuk menemukan desain interior ruang idaman, hanya dengan mengunjungi website Interbox! Anda akan menemukan marketplace jasa desain interior yang lengkap, mudah, dan aman!