Bagi sebagian keluarga, hewan peliharaan menjadi bagian penting dalam hidupnya. Oleh karena itu, hewan peliharaan seringkali tinggal berdampingan dengan pemiliknya. Rumah dengan desain interior pet-friendly pun penting untuk diwujudkan.

Hal ini demi keselamatan serta kebahagiaan hewan peliharaan dan juga pemilik rumah. Namun, hewan peliharaan yang belum terlatih dengan baik, dapat menyebabkan kerusakan atau kekacauan di dalam rumah.

Hal tersebut juga menjadi alasan mengapa desain interior rumah pet-friendly semakin perlu dipertimbangkan. Adapun desain interior rumah pet-friendly mencakup jenis furniture dan lantai yang dipilih, pertimbangan keselamatan, serta dekorasi yang digunakan. 

Simak pentingnya memiliki interior rumah pet-friendly, ciri-ciri dan elemen desain interior, serta apa saja yang dibutuhkan untuk mempersiapkan interior rumah pet-friendly. Simak penjabarannya di bawah ini, ya!

 

Apa itu Desain Interior Pet Friendly?

Istilah pet-friendly menggambarkan tempat yang cocok untuk hewan peliharaan. Selain itu, pet-friendly bisa juga diartikan sebagai tempat dimana manusia bisa tinggal bersama hewan peliharaannya dengan aman. 

Sementara itu, istilah desain interior rumah pet-friendly berarti mengacu pada interior rumah yang mendukung adanya hewan peliharaan. Dukungan ini dalam bentuk desain yang aman, nyaman, dan sesuai bagi hewan serta pemilik rumah. 

 

Pentingnya Memiliki Desain Interior Rumah Pet-Friendly

Bagi banyak orang yang mempunyai hewan peliharaan di rumah, memiliki desain interior rumah pet-friendly sangat penting. Interior rumah pet-friendly berperan dalam menghadapi, mendukung, hingga menjadi ‘wadah’ dari kebiasaan hewan peliharaan yang suka membuat kekacauan.

Alasan penting lainnya yaitu untuk kemudahan dalam pembersihan, yang kerap kali dihasilkan oleh hewan peliharaan. Baik anjing maupun kucing, hewan peliharaan ini seringkali membawa kotoran ke dalam rumah dengan cakarnya, hingga membuat kerusakan dimana-mana. 

Di samping itu, interior rumah pet-friendly penting dalam mendukung estetika, yaitu tetap menyatu dengan gaya interior rumah itu sendiri. Interior rumah pet-friendly juga penting dalam memberikan dukungan keamanan pada hewan peliharaan.

 

Ciri-Ciri atau Elemen Desain Interior Rumah Pet Friendly

Desain Interior Rumah Pet-Friendly

Sumber: Pexels

 

Desain interior rumah pet-friendly biasanya memiliki beberapa elemen khusus, serta ciri-cirinya. Berikut terdapat ciri-ciri dan elemen desain interior rumah pet-friendly.

Penggunaan Lantai yang Mudah Dibersihkan

Biasanya, lantai dalam interior rumah pet-friendly terbuat dari vinyl, laminate, atau tile. Material ini tidak mudah tergores dan mudah dibersihkan. Bahan-bahan ini juga tahan terhadap kerusakan, kelembaban, dan noda, sehingga perawatannya lebih mudah.

Furniture Pet-Friendly

Furniture pet-friendly juga merupakan elemen dalam interior rumah pet-friendly. Ciri-cirinya menggunakan bahan-bahan yang tahan lama, tidak beracun, tidak mudah sobek, dan bebas bulu. Furniture pet-friendly biasanya yang seringkali terjangkau oleh hewan seperti karpet, sofa, bantal, lemari, atau meja. 

Memiliki Storage Khusus Perlengkapan Hewan

Storage atau tempat penyimpanan termasuk dalam furniture pet-friendly. Storage ini dapat berupa lemari atau rak serbaguna. Besarnya storage dapat disesuaikan dengan kebutuhan hewan, seperti berapa banyak makanan, alat makan, serta mainan yang ingin disimpan di rak ini. 

Adanya Kamar Khusus Hewan yang Nyaman

Ciri-ciri interior rumah pet-friendly biasanya terdapat area khusus hewan yang nyaman. Ruangan ini diisi dengan tempat tidur atau cushion khusus hewan, tempat makan, dan mainan. Mainan di ruang ini biasanya lengkap dengan adanya cat scratches, climbing walls, rak, dan floor-to-ceiling cat trees. 

Dekorasi Pet-Friendly

Adanya dekorasi pet-friendly menjadi penyempurna interior rumah pet-friendly. Ini bisa mencakup tanaman pet-safe (non- toxic) bagi hewan, seperti tanaman bambu, spider plants, hingga herbs plants. Elemen lainnya termasuk lukisan, artwork, maupun foto hewan peliharaan, yang dipasang di dinding. 

 

Baca juga:

 

Tips Sebelum Memilih Desain Interior Pet-Friendly untuk Rumah Anda

Desain interior rumah pet-friendly tidak hanya melengkapi dekorasi rumah, tetapi juga mengakomodasi kebutuhan hewan peliharaan. Dengan demikian, terdapat beberapa hal yang diperlukan saat ingin mendesain interior rumah pet-friendly. Berikut tips sebelum memilih desain interior pet-friendly untuk rumah. 

Memahami Kebiasaan Hewan Peliharaan

Anjing dan kucing menjadi hewan peliharaan favorit banyak orang. Keuda jenis hewan ini tentu memiliki karakter maupun kebiasaan yang berbeda. Dengan memahaminya, akan memudahkan dalam memilih interior rumah pet-friendly yang tepat, hingga menjauhkannya dari benda-benda berbahaya.

Rencanakan Furniture yang Tepat

Furniture pet-friendly harus dengan matang direncanakan, mengingat kebiasaan hewan yang suka mencakar. Furniture yang tidak mudah robek atau tergores jadi pilihan utama. Material leather, microfiber, denim, atau kanvas akan tahan lama, tahan goresan, mudah dibersihkan, dan nyaman.

Gunakan kain berpola dan bertekstur untuk membantu menyamarkan bulu hewan peliharaan, noda hingga goresan kecil. Hewan peliharaan juga suka berlarian. Pilih furniture dari batu atau logam yang berat sehingga tidak mudah terbalik saat hewan peliharaan menabraknya saat bermain. 

Menyediakan Area Bermain Hewan Peliharaan

Untuk menjaga keamanan furniture serta kesehatan hewan, sediakan area bermain khusus. Isi ruangan ini dengan permainan hewan seperti cat scratcher. Ini untuk menghindari hewan mencakar sofa atau mengotori furniture rumah lainnya. Hewan menjadi tetap terhibur dan terstimulasi secara mental.

Pikirkan Keamanan dengan Pet Barrier

Keamanan hewan dan pemilik sangat penting dalam mendesain interior rumah pet-friendly. Pembatas (pet barrier) dan gerbang (gates) termasuk ke dalam interior rumah pet-friendly yang dapat sangat membantu. 

Ini akan mencegah hewan jatuh dari tempat yang tinggi atau pergi ke tempat yang berbahaya. Misalnya, ketika hewan pergi ke dapur saat seseorang sedang memasak.

Pembatas hewan peliharaan juga menawarkan kenyamanan bagi pemilik hewan peliharaan. Ini memungkinkan pembersihan menjadi lebih mudah dengan menahan hewan peliharaan dalam area yang ditentukan, mencegah gangguan selama proses pembersihan.

Investasi Alat Kebersihan Hewan Peliharaan

Kebersihan tentu menjadi fokus dalam merawat hewan peliharaan di dalam rumah. Ketika memandikan hewan, cobalah menggunakan bathtub yang dilengkapi dengan tirai. Ini menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi hewan peliharaan serta orang yang memandikan. 

Di sisi lain, investasi pada vacuum cleaner berkualitas tinggi mampu menghilangkan bulu serta debu hewan peliharaan dari lantai, furniture, dan pelapis. Penggunaan alat ini untuk menjaga interior seperti furniture tetap bersih, bebas alergen, dan bebas dari kutu hewan. 

 

Konsultasikan Interior Rumah Pet-Friendly Bersama Interbox

Desain interior rumah pet-friendly penting untuk mendukung keamanan serta kenyamanan hewan peliharaan, dan juga pemilik rumah. Selain itu, desain interior rumah pet-friendly tetap memiliki estetika yang sesuai dengan gaya interior rumah. 

Nah, sudah siapkah Anda untuk menciptakan interior rumah yang ramah bagi peliharaan Anda? Konsultasikan sekarang juga preferensi ruangan yang Anda inginkan bersama Interbox. Anda juga bisa mendapatkan interior living room terbaik secara Custom!

Kini Anda dapat menciptakan interior impian dan buat anak Anda senang!