Ketika merancang desain interior rumah, kesederhanaan bisa menjadi pendekatan yang sangat menarik. Desain interior rumah sederhana tidak hanya menciptakan tampilan yang bersih dan elegan, tetapi juga menghadirkan kenyamanan yang menenangkan.


Dalam artikel ini, akan dibahas ciri-ciri dari desain interior rumah sederhana serta juga rekomendasi desain interior yang cocok untuk rumah bergaya sederhana.

Ciri-Ciri Desain Interior Rumah Sederhana

Berikut penjelasan lengkap mengenai ciri-ciri desain interior rumah bergaya sederhana.

Tampilan Bersih dan Minimalis

Ciri utama dari desain interior rumah sederhana adalah tampilan yang bersih dan minimalis. Setiap ruangan akan dirancang dengan elemen yang esensial serta tidak ada dekorasi yang berlebih dan mengganggu.

Pemilihan Warna Netral

Palet warna dalam rumah dengan desain sederhana cenderung menggunakan warna netral yang solid seperti putih, abu-abu, cokelat, dan hitam. Warna-warna ini menciptakan tampilan yang elegan dan serbaguna pada rumah.

Fokus pada Fungsi

Desain interior rumah sederhana mengutamakan fungsi dan kenyamanan. Setiap elemen yang ada dalam ruangan memiliki tujuan dan peran tertentu dalam memenuhi kebutuhan penghuninya. Begitupun elemen interior lainnya.

Keterbukaan Sisi

Tata letak ruangan didesain sederhana untuk menciptakan aliran yang lancar dan terbuka. Ruang-ruang dalam rumah akan terasa terhubung dengan baik.

Penerangan yang Alami

Pemilihan palet warna yang tepat saja ternyata belumlah cukup. Pencahayaan alami menjadi salah satu ciri dalam desain interior sederhana. Jendela besar dan kecermatan dalam penempatan lampu akan dapat memaksimalkan pencahayaan alami.

Tanaman dan Elemen Alam

Penambahan elemen alam seperti tanaman hias atau material alami seperti kayu dan batu membantu menciptakan nuansa hangat dan organik. Meski begitu, tidak akan menghilangkan kesan interior yang sederhana pada rumah.

Dekorasi Minim dan Tepat

Efektif dalam memilih dekorasi dalam desain sederhana akan membuat fokus yang cukup dan tidak berlebih. Elemen dekoratif yang ditempatkan pada tempat yang tepat memberikan sentuhan visual yang sempurna untuk ruangan dalam rumah.



Baca juga:

8 Rekomendasi Desain Interior Rumah Sederhana

Memilih desain interior rumah yang sederhana menjadi salah satu cara untuk menciptakan ruang yang nyaman, fungsional, dan elegan. Seperti halnya delapan rekomendasi desain interior rumah sederhana berikut ini.

Desain Minimalis Modern

Jadi yang pertama, gaya minimalis modern adalah contoh sempurna dari desain interior rumah sederhana. Memiliki fokus pada garis-garis bersih, perabotan sederhana, dan palet warna netral.

Gaya Skandinavia

Desain interior Skandinavia menekankan kenyamanan dan kehangatan. Gunakan warna netral seperti putih, abu-abu, dan beige pada desain interior rumah untuk semakin meningkatkan kesan sederhana.

Gaya Jepang (Wabi-Sabi)

Konsep Wabi-Sabi mengajarkan keindahan dalam kesederhanaan dan sebaliknya. Gunakan material alami seperti kayu dan batu, serta pilih furnitur yang memiliki keunikan karakter yang dapat menghidupkan suasana rumah tanpa berlebihan.

Gaya Industrial

Desain interior bergaya industrial memadukan unsur-unsur mentah secara sederhana. Seperti tampilan pipa dan beton yang terbuka, menjadikan rumah terlihat semakin sederhana.

Gaya Bohemian Minimalis

Gaya bohemian yang minimalis akan menciptakan kombinasi menarik. Gunakan beragam tekstil dengan pola dan tekstur, serta aksesoris yang mencerminkan jiwa kreatif pada rumah.

Gaya Klasik Sederhana

Rumah dengan gaya klasik akan menghadirkan proporsi yang seimbang dan detail yang halus nan sederhana. Pilih warna netral seperti putih, krem, dan abu-abu. Furniture dengan desain yang elegan dan klasik juga bisa menjadi pilihan.

Desain Interior Kontemporer

Gaya kontemporer menonjolkan garis-garis tajam dan bentuk geometris. Hindari dekorasi berlebih, kemudian pertahankan kesederhanaan dalam furniture dan aksesoris yang dipilih.

Temukan Beragam Pilihan Desain Interior Sederhana di Interbox

Desain interior sederhana mengutamakan keindahan dari kesederhanaan dan menghadirkan tampilan yang bersih serta menenangkan bagi para penghuninya. 


Sekarang Anda dapat mencari beragam pilihan desain interior yang sesuai dengan kebutuhan rumah Anda di Interbox. Interbox sendiri merupakan marketplace desain interior yang dapat membantu Anda. Akan tetapi, tidak hanya dalam hal desain, melainkan hingga tahap pembangunan pun juga bisa. Jadi, temukan desain interior pilihan untuk rumah Anda sekarang juga!