Desain interior mengalami perkembangan dari masa ke masa, termasuk desain interior yang berasal dari negeri sakura Jepang. Yang paling populer ada desain interior japandi, tapi ternyata tidak hanya itu. Desain interior lain yang muncul dari Jepang, yakni Wabi Sabi.

Sama seperti desain interior Jepang lainnya, Wabi Sabi tercipta dari filosofi Jepang yang sarat akan makna. Tertarik untuk menerapkannya pada ruangan bangunan Anda?

Cek penjelasannya di bawah ini!

 

Apa itu Desain Interior Wabi Sabi?

Seperti yang sudah disebutkan di awal, desain Interior Wabi Sabi mencerminkan filosofi Jepang yang menekankan keindahan dalam kesederhanaan dan kerendahan hati atau jiwa. Desain interior ini lebih dari sekadar gaya, melainkan pandangan hidup yang merayakan keunikan, ketidaksempurnaan, dan hal-hal yang alami atau natural.

Poin-poin kunci dalam desain ini terkandung ke dalam setiap aspek dan akan menciptakan ruang yang memberikan kedamaian dan kesederhanaan dalam bangunan. 

 

Karakteristik Desain Interior Wabi Sabi?

Desain interior Wabi Sabi mencirikan keindahan dalam kesederhanaan, menekankan nilai-nilai yang terkait dengan ketidaksempurnaan, keterbukaan, dan penerimaan terhadap perubahan. 

Layout yang Tidak Kaku

Hal pertama dalam desain interior Wabi Sabi yang dapat Anda catat, yakni ruang yang tidak diatur dengan kaku. Sebaliknya, ruangan akan disusun sedemikian rupa sehingga menciptakan perasaan mengalir dan bebas.

Begitu juga pada aspek lainnya, tidak ada aturan ketat dalam penempatan furnitur atau elemen dekoratif yang akan memberikan kesan alamiah dan spontan pada ruangan Anda.

Furniture yang Brutalis

Selanjutnya ialah penggunaan furniture yang cenderung memiliki bentuk kasar dan sederhana pada desain interior Wabi Sabi. Desain ini akan menekankan pada keaslian dan keberlanjutan yang secara jangka panjang dapat menciptakan nuansa yang hangat serta kedekatan dengan alam.

Palet Warna Natural

Pada desain interior Wabi Sabi pemilihan palet warna yang akan digunakan didasarkan pada unsur-unsur alam, seperti warna kayu, bebatuan, dan nuansa tanah. Warna-warna lembut dan netral cenderung lebih mendominasi yang akan memberikan kesan damai juga menenangkan.

Material Organik

Selanjutnya, penggunaan material organik, seperti kayu alami, batu, dan serat alami, menjadi ciri khas desain interior Wabi Sabi. Material-material alami tersebut akan memberikan sentuhan yang natural dan kelembutan pada ruangan.

Terlihat Vintage Sekaligus Modern

Terakhir, desain interior Wabi Sabi biasanya akan terdapat barang-barang yang memiliki sejarah dan karakter di dalamnya. Furniture yang nampak tua atau memperlihatkan tanda-tanda penggunaan memberikan nuansa kehangatan dan kenyamanan.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir terlihat jadul. Hal tersebut dikarenakan penggunaan material, furniture, dan dekorasi natural yang dapat memberikan kesan jangka panjang atau tidak lekang oleh waktu.

 

Apa yang Membedakan Desain Interior Wabi Sabi dengan Japandi?

Meskipun Wabi Sabi dan Japandi berasal dari negara dan estetika yang sama, yakni Jepang, keduanya tetap memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Salah satu perbedaan utama keduanya yakni pendekatan terhadap ketidaksempurnaan ruangan.

Wabi Sabi menghargai ketidaksempurnaan dan keunikan setiap objek, sementara Japandi lebih menekankan kesederhanaan dan ‘clear’ dalam bentuk yang lebih bersih dan minimalis.

 

Baca juga:

 

Tips Mengaplikasikan Desain Interior Wabi Sabi pada Rumah Anda

Namun, apabila Anda masih merasa bingung bagaimana untuk mengimplementasikannya pada ruangan Anda, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan. 

Pilih Material dengan Bijak

Pertama, pilih dan gunakan material alami seperti kayu, batu, dan serat alami untuk menciptakan nuansa Wabi Sabi. Sentuhan organik ini akan memberikan kelembutan dan kehangatan pada ruangan Anda.

Keindahan dalam Ketidaksempurnaan

Selanjutnya, biarkan objek atau furnitur yang memperlihatkan tanda-tanda penuaan atau ketidaksempurnaan. Hal ini akan menciptakan keindahan yang bersifat unik dan penuh karakter pada ruangan Wabi Sabi.

Penerangan yang Tidak Berlebihan

Anda juga dapat menggunakan penerangan yang lembut dan alami untuk ruangan. Lampu-lampu gantung dengan desain sederhana atau cahaya lilin dapat menciptakan atmosfir Wabi Sabi yang tenang dan damai.

Sentuhan Hijau

Penambahan tanaman indoor mungkin dapat memberikan nuansa alamiah. Tanaman juga dapat menjadi representasi dari siklus kehidupan yang sesuai dengan filosofi Wabi Sabi.

 

Cari Jasa Interior Ruangan untuk Rumah Anda di Interbox

Desain interior Wabi Sabi akan membawa filosofi Jepang yang dapat mengapresiasi keindahan dalam kesederhanaan dan ketidaksempurnaan ruangan Anda. Mengaplikasikan hal-hal di atas dalam rumah Anda tidak hanya akan menciptakan ruang yang indah secara visual, tetapi juga memberikan ketenangan dan kedamaian yang mendalam.

Apabila Anda ingin merasakan kemudahan dalam melakukan desain interior Wabi Sabi untuk ruangan Anda, sebaiknya kunjungi Interbox. Sekarang Anda juga dapat berkonsultasi langsung secara GRATIS untuk menyesuaikan layanan interior Custom yang cocok.

Jadi tunggu apa lagi? Ciptakan ruangan impian yang nyaman, bersama Interbox!