Ciri dari kantor modern bisa dilihat dari arsitektur bangunan, serta desain interior yang digunakan. Salah satunya pada desain dinding. Dinding merupakan bagian visual yang paling terlihat. Maka, perlu diberi desain untuk meningkatkan penampilan, bahkan dapat meningkatkan semangat kerja. 

Di era modern, bermacam jenis desain dinding kantor bermunculan. Mulai dari minimalis, grafis, quote, biophilic, gaya modern, dan lainnya. Semua desain ini bisa dipilih berdasarkan seperti apa sebuah perusahaan tersebut ingin dilihat atau dimaknai. Di bawah ini terdapat desain dinding kantor modern yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan selera. 

 

Pentingnya Memperhatikan Desain Dinding Kantor Modern

Mendesain dinding pada kantor modern menjadi penting saat ini. Hal ini dikarenakan dinding yang menarik dapat meningkatkan perasaan kenyamanan, ketenangan, dan inspirasi para pekerjanya. Semangat bekerja yang muncul akan meningkatkan. Kantor yang dirancang dengan baik akan mendorong kerjasama tim, meningkatkan fokus, dan mengurangi stres.

Selain pentingnya untuk pekerja, desain dinding kantor juga dapat memberikan kesan baik tentang bisnis. Desain dinding juga berperan sebagai penyampai pesan perusahaan. Dengan begitu, pengunjung yang datang memiliki kesan positif tentang bisnis dan budayanya. 

Dengan penampilan yang ditingkatkan, kantor memiliki kesempatan untuk membranding perusahaan. Branding perusahaan diintegrasikan ke dalam desain dinding kantor yang kreatif. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa logo perusahaan, warna, dan elemen branding lainnya terintegrasi ke dalam desain.

 

8 Desain Dinding Kantor Modern

Untuk meningkatkan penampilan desain dinding kantor, dibutuhkan desain yang tepat, yang menggambarkan gaya, serta visi dan misi kantor. Berikut terdapat delapan desain dinding kantor modern yang bisa dipilih. 

1. Minimalis

Ciri desain dinding kantor minimalis yaitu penerapan garis-garis sederhana dan bentuk-bentuk geometris. Desain ini biasanya juga ditandai dengan warna atau palet warna netral. Desain minimalis pada suatu kantor mencerminkan kesederhanaan dan berfokus pada apa yang benar-benar penting.

2. Biophilic

Desain interior biophilic dapat menciptakan hubungan yang lebih baik antara manusia dan alam melalui integrasi elemen-elemen alami ke dalam ruang hidup. Tanaman, water feature, dan elemen organik lainnya digunakan dalam desain dinding biophilic. 

Desain dinding kantor ini dapat memperlancar aliran dan kualitas udara di dalam ruangan. Tata letak dari elemen hijau pada akhirnya menciptakan atmosfer yang positif, meningkatkan kreativitas, hingga mengurangi stres.

3. Graphic

Untuk membuat ruang menarik secara visual, desain dinding kantor grafis menggunakan warna-warna kuat, pola, dan bentuk. Pola-pola ini dapat digunakan untuk memberikan rasa energi dan kegembiraan di lingkungan kerja.

4. Quote

Kutipan (quote) inspiratif atau motivasi ditampilkan pada dinding. Desain ini dapat meningkatkan semangat dan produktivitas. Desain dinding kantor gaya quote bisa menjadi pendekatan yang tepat pada desain interior kantor, serta juga dapat mempromosikan lingkungan kerja yang lebih baik dan efektif.

5. Panel Dinding PVC

Panel dinding PVC mampu menciptakan tampilan yang menarik dan modern. Selain itu, PVC dapat meningkatkan daya tahan terhadap kelembaban. Panel dinding PVC yang kuat dan tahan air, menjadikannya pilihan tepat untuk area kantor yang rentan terhadap kelembaban, seperti ruangan dengan banyak jendela atau di iklim yang lembab.

6. Gaya Rak Buku

Salah satu cara paling menarik untuk mendekorasi dinding kantor kreatif yaitu dengan rak buku yang terorganisir dengan baik. Buku-buku dapat diatur berdasarkan subjek dan tema. Daripada menggunakan rak buku yang besar, banyak orang lebih suka menggunakan rak mengambang yang mudah diakses dan multifungsi. 

7. Textured

Desain dinding kantor bertekstur dapat menambahkan karakter dan ketegasan visual. Panel-panel ini dapat terbuat dari berbagai bahan, seperti kayu, batu, dan elemen menarik lainnya yang diatur dalam berbagai pola. 

Panel bertekstur kayu dapat memberikan kesan hangat. Adapun panel bertekstur batu berkesan alami, dan panel keramik yang menciptakan nuansa mewah serta tegas. Penerapan desain dinding kantor dengan tekstur dapat menciptakan karakter yang kuat dalam sebuah ruangan. 

8. Gaya Modern

Desain dinding kantor modern menggabungkan efisiensi, kesederhanaan, dan estetika yang elegan. Desain interior kantor modern biasanya menggunakan warna netral dengan sentuhan aksesori cerah dan pola geometris. Desain modern sering menggunakan palet warna netral, yang menyampaikan kesan keterbukaan.

 

Baca juga:

 

Tips Menentukan Desain Dinding Kantor Modern

Tips Menentukan Desain Dinding Kantor Modern

Sumber: Pexels

 

Menerapkan desain dinding kantor bisa menjadi langkah penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang mendukung kinerja perusahaan. Terdapat tips untuk membantu menentukan desain dinding kantor modern yang tepat. 

Mengeksplor Warna Dinding

Warna menjadi salah satu hal penting dalam memilih desain, karena setiap warna punya arti sendiri. Khususnya jika digunakan saat menghias kantor yang memiliki perannya masing-masing. Misalnya, palet warna netral yang memberikan tampilan bersih dan modern, menunjukkan kantor yang sederhana, fleksibel, serta keterbukaan. 

Integrasikan Teknologi

Memasuki era teknologi dan komunikasi yang berkembang, pertimbangkan untuk menyertakan elemen teknologi dalam desain dinding. Misalnya, panel dinding yang dilengkapi dengan konektor listrik atau pengisian USB tersembunyi. Ini tidak hanya berfungsi secara fungsional, tetapi juga memberikan kesan modern pada ruangan.

Perhatikan Pencahayaan

Desain dinding kantor harus mempertimbangkan pencahayaan dengan baik. Pastikan dinding-dinding tersebut tidak menimbulkan bayangan yang mengganggu dan memilih bahan atau warna yang memantulkan cahaya dengan baik untuk menciptakan tampilan yang terang sekaligus terbuka.

Gunakan Material Modern

Pertimbangkan penggunaan material modern seperti panel akustik berbahan ramah lingkungan atau panel dinding yang terbuat dari bahan-bahan inovatif seperti bambu atau beton polos. Ini tidak hanya menambah tekstur visual, tetapi juga dapat meningkatkan kinerja akustik ruangan.

 

Konsultasikan Desain Kantor Anda Bersama Interbox

Desain dinding kantor modern dapat mendukung kinerja dari para pekerjanya. Mulai dari meningkatkan semangat, produktivitas, hingga inspirasi. Desain dinding kantor mampu mewakili budaya, visi, hingga branding perusahaan. Maka, memilih desain dinding kantor tidak bisa sembarangan. 

Kini Anda dapat berkonsultasi langsung mengenai preferensi gaya desain kantor yang Anda inginkan bersama Interbox. Anda juga bisa mendapatkan interior kantor secara Custom atau Tender!

Ciptakan interior kantor modern penuh semangat dan buat semua bahagia!