Aktivitas gaming memberikan nuansa baru di dunia hiburan. Tidak harus keluar rumah aktivitas bermain ini bisa dihadirkan dalam rumah. Maka, adanya kamar khusus gaming anak perlu diatur keberadaannya. Ketika ingin membangun kamar khusus aktivitas hiburan, desain interior kamar gaming anak perlu diperhatikan. 

Mulai dari pengaturan cahaya, penambahan elemen dekorasi, atau memakai kursi khusus, bisa menjadi penting dan menarik diterapkan pada kamar gaming anak. Hal ini akan membuat anak-anak merasa senang, aman, dan nyaman saat bermain. Untuk mewujudkan desain interior kamar gaming yang nyaman bagi anak, perhatikan karakter dan tips desain interiornya di bawah ini. 

 

Pentingnya Memperhatikan Desain Interior Kamar Gaming untuk Anak

Adanya kamar gaming di rumah membuat anak tidak kesulitan mencari hiburan hingga ke tempat hiburan yang jauh dari area tempat tinggal. Orang tua juga tidak perlu khawatir saat anak bermain di luar, karena bisa sambil mengawasi anak yang sedang bermain di rumah. Desain interior kamar gaming yang tepat dapat mendukung lingkungan yang nyaman dan menyenangkan bagi anak saat bermain game. 

Faktor seperti pencahayaan yang baik, kursi yang ergonomis, dan tata letak yang nyaman dapat meningkatkan kenyamanan selama berjam-jam bermain. Desain interior kamar gaming yang menarik juga dapat merangsang kreativitas anak. Tema yang menarik, dekorasi yang cerah, dan elemen-elemen unik dapat memicu imajinasi sekaligus membuat pengalaman bermain menjadi lebih menyenangkan.

Desain interior yang menarik inilah yang mampu mendukung pengembangan keterampilan anak. Misalnya, menciptakan area untuk berkolaborasi dengan teman-temannya dalam game multiplayer dapat membantu meningkatkan keterampilan sosial dan tim. 

Pentingnya desain interior kamar gaming juga memperhatikan aspek keamanan. Misalnya, kabel-kabel tersembunyi dengan baik, furniture aman dan stabil, menciptakan lingkungan bebas dari potensi bahaya.

 

>>> Cek Katalog Desain Interior Kids Bedroom Minimalis

>>> Cek Katalog Desain Interior Kids Bedroom Industrial

 

Karakter Desain Interior Kamar Gaming untuk Anak

Karakter Desain Interior Kamar Gaming untuk Anak

Sumber: Pexels

 

Berbeda dari kamar tidur atau kamar belajar, desain interior kamar gaming anak mencerminkan beberapa elemen yang mendukung aktivitas gaming. Berikut karakter desain interior kamar gaming anak yang biasanya terlihat mencolok. 

Menggunakan Tema Gaming

Desain interior kamar gaming identik dengan menggunakan tema gaming favorit. Tema gaming favorit anak, seperti superhero, karakter game, atau genre tertentu misalnya, futuristic atau fantasy. Tema yang dipilih anak kemudian diterapkan pada kamar mulai dari pewarnaan, pemilihan furniture, dekorasi, dan di elemen lainnya. 

Wall Decor

Wall decor termasuk dalam elemen dekorasi desain interior kamar gaming yang khas, yang ditempatkan di dinding. Wall decor dapat berupa poster, stiker dinding, lukisan, kanvas bergambar karakter permainan favorit, atau bahkan lampu neon dengan desain yang sesuai tema gaming. 

Furniture Ergonomis

Furniture ergonomis dan nyaman juga termasuk dalam desain interior kamar gaming. Furniture ini memungkinkan anak bermain game dengan nyaman. Furniture ergonomis termasuk kursi gaming yang didesain khusus untuk mendukung postur tubuh yang baik.

Tempat Penyimpanan

Desain interior kamar gaming sekaligus menyediakan tempat penyimpanan yang cukup. Tempat penyimpanan digunakan untuk menyimpan game, konsol, serta perlengkapan gaming lainnya agar ruangan tetap rapi dan terorganisir.

Pencahayaan

Ruang gaming biasanya terdapat dua pencahayaan yang khas, pencahayaan terang dan redup atau gelap. Adapun menambahkan lampu strip atau bohlam berwarna membuat desain interior kamar gaming semakin menarik. 

Warna Cerah dan Energik

Warna-warna seperti biru, hijau, atau merah seringkali digunakan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dan bersemangat dalam kamar gaming. Sementara itu, warna-warna energik seperti orange atau kuning juga semakin populer digunakan untuk membangkitkan atmosfer gaming area yang kental. 

Arena Bermain Lantai

Area gaming tidak berfokus pada satu titik saja seperti meja dan kursi gaming. Menyediakan arena bermain di lantai juga penting dalam desain interior. Seperti adanya karpet atau matras di lantai untuk memberikan area bermain tambahan yang nyaman dan aman bagi anak.

 

Baca juga:

 

Tips Melakukan Desain Interior Kamar Gaming untuk Anak

Setelah mengetahui karakter dari kamar gaming anak, mulailah untuk coba mewujudkannya. Berikut terdapat tips desain interior kamar gaming untuk anak. 

1. Pilih Tema dan Ruang yang Sesuai

Menentukan tema bisa dimulai dari game favorit, warna, film, dan hobi. Lalu, sesuaikan dengan ukuran ruang gaming. Ruang gaming tidak perlu besar. Namun, membutuhkan ruangan yang cukup untuk menampung aktivitas gaming. Pastikan ada banyak ruang untuk mengatur mainan dan furniture. 

2. Tambahkan Beberapa Dekorasi yang Menarik

Mendekorasi ruang permainan merupakan cara yang menyenangkan untuk mempersonalisasi dan membuatnya lebih menarik. Misalnya, meletakkan barang-barang koleksi seperti DVD player atau action figure di atas rak-rak yang sudah dipersonalisasi. 

3. Ciptakan Pencahayaan Ambient

Pencahayaan ruangan harus selalu ditargetkan untuk melengkapi jenis game yang dimainkan. Jika ruang bermain game untuk permainan video, maka lampu LED strip atau overhead lighting mungkin lebih cocok untuk dekorasi ruangan. Sesi bermain game biasanya berlangsung lama, oleh karena itu, pencahayaan ambient direkomendasikan.

4. Tambahkan Tempat Duduk

Menambahkan beberapa tempat duduk tambahan ke ruang gaming, dapat membantu anak-anak beristirahat di antara permainan. Tambahan tempat duduk itu termasuk sofa tambahan, kursi, atau sofa bed. 

5. Tambahkan Lemari Khusus untuk Penyimpanan

Menambahkan lemari khusus untuk penyimpanan di ruang gaming anak-anak dapat membuat ruang lebih terorganisir dan nyaman. Tidak hanya akan menghemat ruang lantai, tetapi juga menjaga perlengkapan permainan tersimpan dengan rapi.

 

Temukan Inspirasi #ASpaceToGrow untuk Anak Anda Bersama Interbox

Desain interior kamar gaming untuk anak dapat dibuat menyenangkan. Dengan tema gaming kesukaan anak dan dekorasi menarik, dapat membuat anak betah bermain game karena kenyamanan yang dihasilkan. Warna dan pencahayaan yang tepat juga membuat kamar gaming menarik. 

Kini, Anda dapat langsung konsultasi secara GRATIS mengenai kebutuhan interior ala gamer untuk kamar anak Anda! Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan desain interior kamar khusus yang akan disesuaikan dengan preferensi kamar anak Anda secara Custom!

Jadi tunggu apa lagi? Temukan kemudahan interior sekarang juga!