Masalah lingkungan dan perubahan iklim, mendorong segala aspek untuk penggunaan material ramah lingkungan. Menurut penelitian, sektor bangunan dan konstruksi menjadi penyumbang gas rumah kaca yang paling besar, yaitu sebanyak 37% dari emisi global.

Hal ini mendorong perubahan pada desain interior sebuah ruang agar lebih memperhatikan lingkungannya. Desain interior tropis dapat menjadi salah satu solusi lingkungan yang perlu diterapkan. Ini karena desain tropikal mengaplikasikan material alami di setiap sudut ruangan. 

Desain interior tropis juga menawarkan banyak bukaan yang lapang, agar mengundang cahaya alami masuk. Ini menjadi cara untuk menghemat energi. Ingin tahu ciri-ciri lainnya dari desain interior tropis? Simak artikel di bawah ini, ya!

 

Apa itu Desain Interior Tropis?

Desain interior tropis mengadopsi keindahan alam dan mengintegrasikannya ke dalam elemen desain ruang. Dengan menggunakan bahan-bahan alami, tanaman hijau yang subur, dan warna-warna bumi, sebuah tropical interior dapat menciptakan suasana yang ‘inviting’ sekaligus harmonis.

Gaya desain tropis mengutamakan kenyamanan dan kemudahan. Desain ini didominasi dengan warna hijau, yang berasal dari tanaman di dalam ruangan, serta motif tropis. Interior ini juga menyatukan elemen alam seperti laut, langit, dan vegetasi.

 

Kenapa Memilih Desain Interior Tropis

Desain interior tropis yang diterapkan pada sebuah ruangan, memiliki banyak keunggulan. Interior ini menyesuaikan iklim tropis seperti panas yang intens, curah hujan lebat, serta kelembaban tinggi. Maka, desain ini mampu mewujudkan ruang nyaman dan layak huni, yang selaras dengan alam.

Terlebih lagi, desain tropis mendukung solusi berkelanjutan. Seperti mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil. Ini diwujudkan dengan memasukkan vegetasi ke dalam ruangan. Hasilnya, ruangan mendapatkan pendinginan alami, pengurangan polusi udara, sekaligus peningkatan estetika. 

Mengintegrasikan lanskap tropis ke dalam desain interior dapat menciptakan lingkungan yang menarik secara visual. Penggabungan elemen alam, vegetasi, serta warna-warna bold, serta pola botani, menjadikan mengusung nuansa yang sejuk, nyaman dan cerah. 

Desain interior tropis menjadi perwujudan hubungan harmonis antara manusia dan alam, yang mendukung kesehatan serta kesejahteraan. Bermacam keunggulan inilah yang membuat desain interior tropis layak diterapkan.

 

Baca juga:

 

Ciri-Ciri Desain Interior Tropis

Sumber: Pexels

 

Desain interior tropis identik menghasilkan suasana tropis yang santai. Untuk memahami elemen apa saja yang menciptakan nuansa tropikal dalam suatu ruangan, di bawah ini terdapat ciri-ciri desain interior tropis.

Penggunaan Bahan Alami

Material alami menjadi ciri khas utama desain interior tropis. Bahan-bahan seperti kayu, bambu, rotan, dan anyaman, menambahkan tekstur serta kehangatan. Penggunaan bahan organik ini membuka koneksi alami dengan lingkungan sekitar. 

Elemen-elemen ini dipadukan dengan furniture dan dekorasi tropis, akan menghadirkan suasana tropis yang penuh kesenangan, ketenangan, serta kedamaian. Bahan organik membuat desain tropis yang otentik juga menjadi ramah lingkungan. 

Warna-warna Berani

Ciri khas berikutnya dari desain interior tropis yaitu implementasi warna-warna cerah. Warna-warna ini terinspirasi dari lanskap tropis, seperti hijau tua, kuning, dan oranye. Campuran warna cerah ini menciptakan suasana tropis lebih hidup dan semarak.

Palet warna dari gaya desain ini sering mengambil inspirasi dari hutan lebat, dan sedikit sentuhan elemen pantai. Aksen turquoise, coral, dan hijau yang hidup sangat cocok dipadukan dengan motif daun, seni hewan, atau material tactile, untuk menciptakan lingkungan yang santai serta menenangkan. 

Kehidupan Luar yang Diintegrasikan ke Dalam Ruangan

Interior bergaya tropis modern seringkali mengaburkan garis antara kehidupan dalam ruangan dan luar ruangan. Dengan jendela dan pintu besar yang memungkinkan masuknya cahaya alami, juga menawarkan pemandangan lanskap sekitar.

Elemen Vegetasi Dalam Ruangan

Elemen vegetasi dalam ruangan merupakan elemen wajib pada interior tropis. Elemen ini menambahkan sentuhan kehijauan dan koneksi ke alam. Interior tropis yang autentik tidak akan lengkap tanpa menambahkan sentuhan alam baik melalui tanaman, wallpaper bermotif daun, atau animal artwork.

Tanaman seperti monstera atau philodendron membawa warna dan kedalaman ke dalam ruangan, sambil membangkitkan gambaran lingkungan hutan hujan yang rimbun. Tanaman eucalyptus, bambu, maupun jerami merupakan cara efektif untuk menciptakan ruang yang energik.

Pencahayaan Alami

Desain interior tropis mengutamakan ruangan terang dan lapang, dengan penekanan pada ruang terbuka serta suasana santai. Cahaya alami dapat membantu menciptakan desain yang sempurna dalam ruangan, karena terlihat bersih dan tertata. 

Mengadopsi Pola

Gaya desain interior bertema tropis dikenal dengan pola-pola cerah dan bersemangat. Pola bunga, dedaunan, buah nanas, flamingo, dan pohon palem tropis, merupakan ciri khas dekorasi ini yang dapat mudah ditemukan. Pola ini bisa diaplikasikan pada karpet dan wallpaper hingga kain pelapis. 

Aksesoris Tema Tropis

Dekorasi pada desain interior tropis dapat diciptakan dengan nuansa yang mencolok atau soft. Sofa hijau zamrud yang cerah atau bantal bermotif hijau muda, dapat menambahkan sentuhan tropis ke dalam ruang dan membawa energi segar.

Dekorasi dengan tema tropis juga dapat ditambahkan untuk menambah minat visual. Lukisan atau poster dengan gambar pemandangan tropis atau hewan-hewan eksotis dapat menjadi aksen yang menarik di dinding.

 

Apakah Cocok Mengaplikasikan Desain Interior Tropis di Indonesia

Sebagai negara tropis, Indonesia tentu menjadi negara yang cocok mengaplikasikan desain interior tropis. Desain tropikal menyeimbangkan estetika dan fungsionalitas untuk menciptakan ruangan yang dapat bertahan dalam kondisi ekstrim di daerah tropis. 

Material yang diadopsi untuk desain ini juga mudah ditemukan. Ini terlihat dari negara Indonesia yang memiliki banyak bahan alami, yang mendukung desain tropis. Mulai dari kayu, bambu, rotan, dan batu alam. Bahan-bahan ini tidak hanya estetis tetapi juga ramah lingkungan dan tahan lama.

Desain ini dirancang sambil tetap menyediakan ruang yang nyaman. Hasilnya bisa berupa struktur yang memukau yang selaras dengan sekitarnya, serta memberikan tempat istirahat yang menyenangkan dari panas yang menyengat, maupun hujan lebat.

 

Konsultasikan Desain Ruangan Anda Bersama Interbox

Desain interior tropis menjadi perwujudan lingkungan alam yang diintegrasikan ke dalam ruangan. Ini membuka hubungan positif antara manusia dan elemen alam yang ada di dalamnya. Desain ini tentu diaplikasikan di negara dengan iklim tropis, seperti Indonesia.

Sekarang Anda dapat berkonsultasi langsung mengenai preferensi gaya desain ruangan bergaya tropis yang Anda inginkan bersama Interbox. Anda juga bisa mendapatkan interior ruangan secara Custom atau Tender!