Desain interior bernuansa Jepang tengah merangkak popularitasnya. Hal ini dikarenakan, desain Jepang selalu menawarkan kenyamanan dan ketenangan, serta memaksimalkan fungsionalitas. Salah satu desain interior Jepang yang banyak diminati yaitu bergaya Zen. 

Desain interior bergaya Zen memiliki prinsip kesederhanaan, kesadaran, dan penghargaan terhadap alam yang kuat. Atmosfer menenangkan yang dihasilkan dari prinsip tersebut tercermin dalam desain interior bergaya Zen.

Desain interior yang berasal dari keyakinan Buddhisme ini, bertujuan untuk menemukan kedamaian serta ketenangan dalam diri. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui lebih dalam mengenai desain interior bergaya Zen, serta fakta dan sejarahnya. 

 

Apa itu Desain Interior Bergaya Zen?

Zen dalam konteks desain interior diterjemahkan sebagai menciptakan ruang yang membangkitkan ketenangan dan kedamaian. Gaya desain ini bersifat minimalis di intinya, berfokus pada hal-hal penting untuk menciptakan ruang yang mendorong relaksasi dan kontemplasi.

Desain interior bergaya Zen bertujuan untuk mencapai rasa keseimbangan, ketenangan, dan kedamaian batin. Gaya desain interior bergaya Zen sangat ideal bagi yang ingin menghadirkan atmosfer menenangkan dan damai. Gaya ini juga merupakan cara untuk menghargai keindahan alam dan kesederhanaan desain tradisional Asia.

 

Fakta dan Sejarah Desain Interior Bergaya Zen

Desain interior bergaya Zen terinspirasi oleh prinsip-prinsip Buddhisme Zen, yang berasal dari Tiongkok dan kemudian diperkenalkan ke Jepang. Zen merupakan bentuk Buddhisme yang menekankan meditasi dan kesadaran, yang sangat menekankan hidup dalam harmoni dengan alam. 

Filsafat Zen yaitu tentang menemukan keseimbangan, kedamaian, dan ketenangan batin. Hal ini tercermin dalam gaya desain interior, yang ditandai oleh bahan-bahan alami, simple lines, dan estetika minimalis. Perpaduan desain ini menghasilkan keseimbangan dan harmonisasi. 

Desain interior bergaya Zen erat hubungannya dengan desain tradisional Asia, yang ditandai dengan penggunaan bahan alami, seperti bambu, paper rice, kayu, dan batu. Dekat dengan alam, tentu gaya Zen memasukkan unsur alam di dalamnya, yaitu tanaman, bunga, maupun water feature. 

Warna pada desain interior bergaya Zen ditandai dengan penggunaan warna netral, seperti beige, hitam, dan putih. Dengan begitu, desain interior ini mengandalkan cahaya alami untuk menciptakan atmosfer hangat dan ‘welcoming’. 

 

Baca juga:

 

Perbedaan Utama Desain Interior Bergaya Zen dengan Japandi dan Wabi Sabi

Perbedaan Utama Desain Interior Bergaya Zen dengan Japandi dan Wabi Sabi

Sumber: Freepik

 

Ada beberapa gaya desain interior bernuansa Jepang yang populer. Selain Zen, terdapat gaya Japandi dan Wabi Sabi. Ketiganya memiliki atmosfer budaya Jepang yang kental. Walaupun terlihat serupa, namun, ketiga gaya ini sejatinya memiliki ciri khas desain interior yang berbeda. 

Japandi merupakan perpaduan desain Jepang dan Skandinavia. Desain Japandi menggabungkan elemen minimalis dan mengedepankan fungsionalitas desain Skandinavia untuk menghasilkan kenyamanan. Japandi mengutamakan kerajinan tangan desain Jepang. Ini berfokus pada clean lines, bahan alami, muted color palette, dan elemen modern-geometris. 

Wabi-Sabi, di sisi lain, adalah sebuah konsep tentang mencari keindahan dalam ketidaksempurnaan dari siklus kehidupan yang paling alami. Maka, desain interiornya bernuansa lebih kuno (rustic) dan organik. Wabi Sabi fokus pada penggunaan bahan alami, tekstur, dan bahan yang telah terpapar cuaca, menguning, maupun berkarat. 

Sedangkan, desain interior bergaya Zen cenderung lebih abstrak dan konseptual. Penggunaan elemen bahan alami seperti bambu, kayu, dan batu seringkali digunakan pada desain Zen. Hal ini dikarenakan salah satu tujuan desain interior gaya Zen yaitu untuk menciptakan harmonisasi dengan alam, melalui elemen desain yang menenangkan pikiran. 

 

Konsultasikan Interior Design Ruangan Anda Bersama Interbox

Desain interior bergaya Zen mencerminkan nilai-nilai kesederhanaan, keseimbangan, dan harmoni. Gaya Zen mendorong pendekatan yang sadar dan minimalis, berfokus pada menciptakan lingkungan yang memupuk ketenangan serta kedamaian batin.

Sekarang Anda dapat berkonsultasi langsung mengenai preferensi gaya desain ruangan bergaya Zen yang Anda inginkan bersama Interbox. Anda juga bisa mendapatkan interior ruangan secara Custom!

Temukan interior impian Anda sekarang juga!