Menyajikan makanan dalam sebuah dinner set mampu meningkatkan pengalaman makan yang berkesan bagi penghuni, dan juga tamu. Maka, dinner set dalam interior rumah menjadi suatu elemen pelengkap yang penting di area meja makan. 

Disamping fungsionalitasnya, dinner set menjadi daya tarik dalam estetika interior. Perlengkapan makanan yang berdesain seragam ini, juga menawarkan berbagai macam gaya dan warna. 

Pemilihan dinner set tentu dapat diserasikan dengan gaya atau tema interior rumah. Ketahui seluk beluk dinner set, mulai dari pengertian, pentingnya, hingga berbagai komponennya di bawah ini!

 

Apa itu Dinner Set?

Menurut pengertiannya, dinner set atau sering disebut juga dengan dinnerware, adalah sebuah kumpulan lengkap dari peralatan makan, yang memiliki desain, warna, dan gaya yang sama. Dinner set digunakan saat menyajikan makanan kepada beberapa orang di atas meja makan.

Selain kepraktisan, set ini dapat meningkatkan estetika di meja makan. Dengan hadirnya pilihan desain, warna dan gaya, pengguna bisa menyesuaikannya dengan referensi maupun selera. Dinner set biasanya terbuat dari bahan melamin, porselen, kaca, atau gerabah (guci).

Dinner set menyediakan satu set peralatan makan lengkap dalam satu paket, termasuk piring, mangkok, gelas, sendok, garpu dan lainnya. Ide ini memberikan kenyamanan bagi pembeli agar tidak perlu membeli setiap item secara terpisah.

 

Apa ada Bedanya dengan Tableware dan Dinnerware?

Istilah dinner set memiliki sedikit perbedaan dengan tableware dan dinnerware. Dinner set merupakan kumpulan peralatan makanan berdesain sama (satu set). Selain sebagai elemen dekoratif atau menyesuaikan dengan tema rumah, dinner set memudahkan pembelian satu paket alat makan. 

Adapun tableware berarti perlengkapan makan dan alat yang digunakan untuk menyediakan makanan di meja makan secara keseluruhan. Tujuannya sama dengan dinner set yaitu menyajikan makanan dan untuk makan. 

Istilah ini mencakup peralatan makan, gelas, piring saji, alat saji, dan barang lain yang digunakan untuk tujuan praktis maupun dekoratif. Peralatan makan ini tidak memerlukan sentuhan “satu set” untuk disebut sebagai tableware. 

Sedangkan beberapa pengertian dinnerware menyebutkan istilah ini sama dengan tableware, yaitu berbagai jenis perlengkapan makan dengan bermacam bervariasi. Mulai dari piring dan mangkok, hingga peralatan makan yang lebih spesifik bentuk, warna, serta ukuran untuk tujuan tertentu. 

 

Kenapa Dinner Set Penting untuk Interior Rumah?

Dinner set menjadi salah satu pelengkap interior rumah yang penting karena sifatnya yang serbaguna bagi dapur dan ruang makan. Ini tidak hanya meningkatkan pengalaman makan, tetapi juga sebagai karya seni visual yang menambah sentuhan elegan dan keanggunan pada meja makan. 

Oleh karena itu, memilih dinner set merupakan ekspresi dari gaya dan selera pemilik rumah. Pemilihan desain, warna, dan pola, penting untuk disesuaikan dengan tema dekorasi. Sehingga elemen interior rumah ini menciptakan keserasian terhadap gaya interior yang telah ditetapkan.  

Desain klasik, modern, minimalis, rustic, eklektik, atau gaya apapun yang dipilih, juga mampu meninggalkan kesan terhadap tamu jika berkunjung ke rumah. Rumah menjadi indah dipandang mata sehingga menimbulkan kenyamanan bagi penghuni dan tamu.

 

Baca juga:

 

Berbagai Komponen dalam Dinner Set

Berbagai Komponen dalam Dinner Set

Sumber: Pexels

 

Dinner set terdiri dari kelompok peralatan makanan yang penting untuk makan dan penyajiannya. Berikut berbagai komponen dalam dinner set

Dinner Plate

Sebagai alat makan utama, piring menjadi komponen paling umum dan dalam dinner set. Biasanya dinner plate berukuran paling besar. Hal ini dikarenakan fungsi piring ini sebagai wadah makanan utama.

Side Plate

Selain dinner plate, dalam dinner set terdapat side plate. Side plate atau piring yang berukuran lebih kecil daripada dinner plate, digunakan untuk menyajikan roti, salad, dessert, maupun side dish lainnya selama makan. 

Mangkok

Selain piring, mangkok menjadi komponen utama yang paling dasar dalam dinner set. Mangkok dalam dinner set biasanya punya tujuan yang serbaguna. Bisa digunakan untuk sup, masakan tumisan, mie, maupun sereal.

Mug atau Teacup

Untuk peralatan minum, dinner set menghadirkan mug atau teacup. Mug adalah cangkir besar dengan pegangan, untuk minum berbagai jenis minuman. Sedangkan teacup merupakan cangkir kecil yang dirancang untuk minum teh. 

Silverware (Flatware)

Silverware atau yang bisa disebut juga sebagai flatware adalah sebutan dari kumpulan alat makan sendok, garpu, pisau. Ketiganya terdiri dari berbagai jenis ukuran, karena akan dipakai untuk bermacam tujuan. 

Saucer

Saucer merupakan sebutan untuk piring kecil yang diameternya lebih kecil dari dinner plate dan side plate. Saucer diletakkan di bawah cangkir atau gelas yang berfungsi untuk menampung tetesan, hingga memiliki fungsi estetika. 

Serving Platter

Serving platter (piring saji) berbentuk datar di bagian bawahnya, dan biasanya berukuran lebih besar dari dinner plate. Gunanya untuk menyajikan makanan dalam jumlah besar seperti menu utama atau pembuka di atas meja makan.

Tray

Tray atau nampan juga termasuk dalam dinner set, yang memiliki dasar yang datar dan seringkali berbingkai. Gunanya untuk menyajikan makanan dan minuman, hingga untuk mengumpulkan sisa peralatan makan setelah makan selesai. 

 

Konsultasikan Desain Ruang Makan Keluarga Anda Bersama Interbox

Dinner set dapat menjadi elemen dekoratif pendukung dalam interior rumah dari area dapur dan ruang makan. Hal ini dikarenakan, perlengkapan makan ini menawarkan desain, warna, serta gaya yang seragam dalam satu set. Maka, set ini dapat disesuaikan dengan tema interior rumah. 

Sekarang Anda dapat berkonsultasi langsung mengenai preferensi gaya desain ruang makan keluarga yang diinginkan bersama Interbox. Anda juga bisa mendapatkan interior dining room secara Custom!

Ciptakan interior ruang makan keluarga impian dan buat semua nyaman saat di meja makan!