Apartemen studio adalah tipe apartemen yang berisi ruang tamu, dapur, ruang makan, dan kamar tidur, dalam satu ruangan besar. Tipe studio biasanya tanpa dinding, pintu, atau fitur lainnya untuk membedakan satu ruang dari yang lain. Dalam denah lantai studio, satu-satunya ruangan terpisah mungkin adalah kamar mandi. 

Walau dengan ruang terbatas, apartemen tipe studio telah menjadi pilihan populer bagi banyak individu yang mencari hunian yang compact namun tetap fungsional. Dengan demikian, furniture apartemen tipe studio menawarkan solusi kreatif untuk memaksimalkan setiap inci ruang yang tersedia tanpa mengorbankan gaya atau kenyamanan. 

Dari sofa yang dapat dilipat hingga meja serbaguna, pilihan furniture apartemen tipe studio menawarkan berbagai opsi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi setiap penghuni. Ketahui beberapa rekomendasi furniture serta tips memilih furniture apartemen tipe studio di bawah ini. 

 

Kesalahan Umum dalam Memilih Furniture untuk Apartemen Tipe Studio

Apartemen tipe studio merupakan salah satu jenis tipe apartemen yang paling kecil. Ukuran tipe studio mulai dari 20 meter persegi hingga 35 meter persegi. Apartemen studio cocok untuk individu yang tinggal sendiri. 

Karena kondisi ruang yang terbatas, pemilihan furniture yang tepat menjadi sangat krusial. Memilih furniture untuk apartemen tipe studio bisa sangat tricky. Hal ini dikarenakan beberapa furniture dapat membuat sebuah ruangan menjadi lebih sempit dan tidak efisien. 

Di bawah ini terdapat beberapa kesalahan umum yang sering terjadi dalam memilih furniture apartemen tipe studio. 

Mengabaikan Area Masuk

Salah satu kesalahan umum dalam memilih furniture apartemen tipe studio yaitu mengabaikan fungsi area masuk. Padahal, area masuk bisa dilengkapi dengan berbagai furniture fungsional, seperti rak sepatu atau gantungan kunci. Area ini juga berperan sebagai kesan pertama yang akan diperoleh tamu saat bertamu. 

Memilih Ukuran Furnitur yang Salah

Kesalahan umum dalam memilih furniture apartemen tipe studio yaitu memilih furniture yang terlalu besar atau terlalu kecil. Kedua ukuran furniture ini dapat menghabiskan ruangan, mempengaruhi flow serta fungsionalitas ruang, bila tidak diatur dengan sesuai. 

Mengabaikan Pencahayaan

Pencahayaan juga sering diabaikan saat memilih furniture apartemen tipe studio. Pencahayaan yang buruk dapat membuat ruangan terasa gelap dan semakin sempit. Sementara, pencahayaan yang baik dapat membuat ruangan terkesan lebih luas, terasa hangat dan ramah.

Lupa Tentang Masalah Penyimpanan

Melupakan tempat penyimpanan dapat menyebabkan apartemen tipe studio ini berantakan dan tidak teratur. Kunci apartemen tipe studio agar tetap rapi dan lebih luas, yaitu karena adanya tempat penyimpanan yang baik. Seperti keranjang dekoratif atau rak serbaguna. 

Memilih Tren daripada Desain Timeless

Memilih mengikuti tren daripada desain yang timeless pada furniture, dapat menyebabkan ruang yang terasa ketinggalan zaman. Bahkan, furniture yang sedang tren bisa menjadi tidak menarik hanya dalam waktu beberapa tahun kedepan saja.

 

6 Rekomendasi Furniture untuk Apartemen Tipe Studio

Sumber: Pexels

 

Memilih furniture apartemen tipe studio perlu mengedepankan manfaat fungsional, dan beberapa strategi, untuk membuat ruang terbatas menjadi terlihat lebih luas. Untuk memilih furniture yang tepat, di bawah ini terdapat enam rekomendasinya

1. Wall Bed 

Wall Bed adalah jenis tempat tidur yang dirancang untuk dapat dilipat ke dalam dinding atau lemari ketika tidak digunakan. Wall Bed dapat menjadi solusi yang ideal untuk ruang yang sempit atau multifungsi. Tempat tidur perlu dilepaskan untuk digunakan sebagai ruang tamu atau ruang kerja pada siang hari. 

2. Transforming Coffee-to-Dining Table

Transforming Coffee-to-Dining Table adalah jenis meja yang dirancang untuk berfungsi ganda sebagai meja kopi dan meja makan. Meja ini dapat diubah dari posisi rendah menjadi posisi yang lebih tinggi sehingga cocok untuk digunakan saat duduk di sofa untuk minum kopi atau sebagai meja makan ketika diperlukan.

3. Cabinet with Fold-Away Desk

Cabinet with fold-away desk merupakan lemari atau kabinet yang dilengkapi dengan meja yang dapat dilipat. Meja ini biasanya terpasang di dalam kabinet dan dapat ditarik keluar saat dibutuhkan. 

Ini bisa digunakan sebagai meja kerja sementara. Ketika sedang tidak digunakan, meja dapat dilipat kembali ke dalam kabinet untuk menghemat ruang.

4. Floating Shelves

Menggunakan floating shelves (rak terapung) sebagai furniture untuk apartemen studio. Rak ini terlihat ringan dan lapang karena di tempat yang biasanya ada kaki-kaki rak, sekarang menjadi ruang terbuka. Gunakan floating shelves sebagai rak buku, meja samping tempat tidur, atau bahkan alat-alat dapur. 

5. Kaca Besar 

Untuk ruang terbatas, meletakkan cermin besar berfungsi untuk membuat ruangan terlihat lebih besar dan lebih terang. Cermin dekoratif yang besar di dinding sebelah jendela, dapat memaksimalkan cahaya alami dan menciptakan titik fokus.

6. Standing Lamp

Dibandingkan dengan lampu meja atau overhead lights, standing lamp memanfaatkan ruang vertikal daripada ruang lantai yang terbatas di apartemen tipe studio. Standing lamp memungkinkan tersedianya pencahayaan tambahan tanpa mengorbankan ruang. Jenis lampu ini juga mengurangi banyaknya saklar dan kabel-kabel berserakan yang dihasilkan dari lampu-lampu kecil. 

 

Baca juga:

 

Tips Memilih Furniture untuk Apartemen Tipe Studio

Memilih furniture apartemen tipe studio bisa sangat tricky karena ruang yang terbatas. Berikut terdapat beberapa tips dalam memilih furniture apartemen tipe studio, agar tetap bisa terlihat lebih luas dan tetap nyaman. 

Pilih Furnitur Multifungsi

Memilih furniture apartemen tipe studio yang utama, yaitu furniture yang memiliki lebih dari satu fungsi. Contohnya seperti wall bed atau transforming coffee-to-dining table. Ini membantu mengoptimalkan ruang yang terbatas dengan memaksimalkan fungsionalitas setiap furniture.

Manfaatkan Dinding

Gunakan dinding untuk menyimpan barang. Membuat wall shelves atau memanfaatkan furniture vertikal seperti rak dinding atau lemari gantung, bisa menjadi solusi. Furniture seperti floating shelves juga dapat menempatkan barang esensial tanpa memakan ruang lantai tambahan. 

Pertimbangkan Furniture yang Transparan

Furniture apartemen tipe studio dengan model transparan juga direkomendasikan. Meja kaca atau kursi akrilik, cenderung tidak menghalangi pandangan atau membagi visual ruang. Bahkan, model furniture ini bisa menciptakan kesan ruang yang lebih terbuka dan luas.

Gunakan Cermin

Cermin besar dapat mencerminkan cahaya alami dan ruangan, menciptakan ilusi ruang yang lebih besar serta terbuka. Ini membantu mengatasi rasa sesak yang sering terjadi dalam apartemen tipe ini. Cermin seringkali menjadi solusi paling populer untuk mengatasi ruang terbatas dalam apartemen tipe studio.  

Pilih Warna Cerah

Warna cerah seperti putih, krem, atau abu-abu membantu menciptakan kesan ruangan yang lebih luas dan terang. Hindari menggunakan warna gelap yang bisa membuat ruangan terasa lebih kecil. Aplikasikan warna cerah pada dinding dan juga pada berbagai furniture apartemen tipe studio.

 

Konsultasikan Interior Apartemen Anda Bersama Interbox

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih furniture apartemen tipe studio. Trik-trik seperti memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan, menggunakan cermin dan memilih warna cerah, merupakan cara untuk membuat kesan yang lebih luas.

Jadi, sudah siap untuk menciptakan interior yang seimbang pada apartemen Anda? Konsultasikan sekarang juga preferensi desain interior yang Anda inginkan bersama Interbox. Anda juga bisa mendapatkan interior sesuai keinginan secara Custom!

Kini Anda dapat menciptakan desain interior impian Anda!