Kamar tidur merupakan area privasi yang dibutuhkan setiap penghuninya, tidak terkecuali untuk anak remaja laki-laki. Untuk itu, desain interior perlu diperhatikan demi kenyamanan beraktivitas anak remaja. 

Dilansir dari Dloft, desain kamar anak remaja laki-laki saat ini mengutamakan ruang yang bebas dari gangguan, sederhana, dan bergaya, serta berfokus hanya dengan sedikit barang. Hal ini mencerminkan anak remaja yang sudah beranjak dewasa dan menginginkan sesuatu yang sederhana di area privatnya, termasuk pilihan furniture.

Untuk menciptakan desain kamar anak remaja laki-laki yang tepat, catat daftar berbagai furniture yang cocok, serta manfaat yang di dapat dari furniture tersebut. Simak, yuk!

 

Kenapa Penting Memperhatikan Furniture untuk Kamar Anak Remaja Laki-Laki

Remaja menghabiskan waktu yang signifikan di kamarnya. Menggunakannya sebagai tempat untuk bersantai, belajar, dan mengekspresikan diri. Dikutip dari Chap In Furniture, penting untuk memilih furniture kamar tidur remaja yang tidak hanya mencerminkan gaya, tetapi juga memenuhi kebutuhan fungsionalnya.

Selain itu, pentingnya memperhatikan furniture kamar anak remaja laki-laki, yaitu karena setiap anak memiliki preferensi yang berbeda. Maka, bila furniture disesuaikan dengan preferensinya, kamar bisa jadi tempat yang nyaman bagi anak remaja laki-laki untuk beraktivitas. 

 

Manfaat Memperhatikan Furniture untuk Kamar Anak Remaja Laki-Laki

Salah satu manfaat utama desain interior ruangan yaitu menciptakan lingkungan yang estetis. Warna, furniture, dan dekorasi yang dipilih dengan hati-hati dapat meningkatkan daya tarik estetika keseluruhan ruang. Di samping itu, terdapat manfaat lain dari pemilihan furniture untuk kamar anak remaja laki-laki.

Membangun Identitas Diri

Masa remaja dimulai dari 10 hingga 18 tahun. Pada rentang usia ini, anak remaja kental dengan pencarian identitas. Hal ini bisa dimulai dengan pemilihan desain hingga furniture yang diterapkan pada kamar tidur. 

Memilih furniture yang sesuai dengan minat dan kepribadian anak remaja laki-laki dapat membantu mengembangkan identitas diri. Misalnya, furniture dengan tema yang sesuai dengan hobi atau minat, seperti olahraga, musik, dan lainnya.

Memfasilitasi Ekspresi Diri

Furniture yang sesuai dengan kepribadian, mendorong anak remaja laki-laki untuk mengekspresikan gaya dan kepribadian uniknya. Baik melalui pilihan warna, sejumlah desain furniture yang unik, atau karya seni yang dipersonalisasi. Hal ini menunjukkan bahwa desain interior memberikan wadah untuk ekspresi pribadi.

Mendorong Tanggung Jawab

Memberikan anak remaja laki-laki sebuah ruangan sendiri sebenarnya dapat mengajarkannya tanggung jawab. Ini memberinya ruang sendiri untuk diurus dan dijaga kebersihannya. Mengajarkan keterampilan seperti ini merupakan ide yang baik sejak usia muda, yang akan menjadi kebiasaan baik saat dewasa nanti. 

Mengoptimalkan Fungsionalitas Ruang

Desain interior memperhitungkan kebutuhan spesifik setiap ruangan, dan mengoptimalkan fungsionalitasnya. Mulai dari memaksimalkan ruang penyimpanan hingga menciptakan tata letak yang efisien. Ruangan yang dirancang dengan baik dan pemilihan furniture yang tepat, dapat menyederhanakan pekerjaan sehari-hari.

 

Baca juga:

 

8 Furniture yang Cocok untuk Kamar Anak Remaja Laki-Laki

Sumber: Pexels

 

Laki-laki dikenal dengan pribadi yang mengutamakan kepraktisan dalam memilih barang, khususnya furniture di dalam kamar. Maka, furniture yang fungsional sangat direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhannya. Inilah delapan furniture yang cocok ditempatkan pada kamar anak remaja laki-laki.

1. Tempat Tidur

Tempat tidur merupakan furniture utama yang wajib ada di dalam kamar, karena fungsinya sebagai pelepas lelah. Ada beberapa model tempat tidur yang biasanya digunakan pada kamar anak remaja laki-laki. Mulai dari model storage bed, bunk bed, high-sleeper bed, bookcase, canopy, dan trundle. 

Model ini bisa dipilih dan disesuaikan berdasarkan jumlah anak yang menempatinya, fungsionalitas, preferensi desain, besar ruangan, atau faktor lainnya. Tempat tidur dapat dilengkapi dengan bantal dan selimut untuk membuat tempat tidur menjadi ruang yang nyaman.

2. Bedside Table

Bedside table atau meja samping tempat tidur, berfungsi untuk meletakkan barang-barang esensial, yang mudah dijangkau dari tempat tidur. Benda yang biasanya ada pada bedside table seperti lampu tidur, gadget beserta charger-nya, air minum, hingga benda pribadi lainnya. 

Jika difungsikan sebagai elemen dekorasi, bedside table bisa dipenuhi dengan berbagai benda menarik. Mulai dari pot tanaman kecil, bingkai foto, mainan, atau dekorasi lainnya di atas meja. 

3. Meja Belajar

Untuk mendukung aktivitas pembelajaran, meja belajar merupakan furniture wajib yang harus ada di kamar anak remaja laki-laki. Meja belajar fungsional biasanya juga memiliki tempat penyimpanan yang cukup untuk menempatkan barang-barang kebutuhan belajar. 

Adapun meja belajar ergonomis menjadi pilihan yang tepat dan penting untuk membantu anak remaja dalam mengerjakan tugas sekolah, serta kegiatan belajar lainnya. Meja belajar juga perlu dilengkapi dengan kursi yang juga ergonomis demi kenyamanan belajar. 

4. Rak Serbaguna

Anak remaja seringkali menyimpan barang berlebih di kamarnya. Rak serbaguna menjadi solusi untuk membuat kamar tetap rapi. Rak serbaguna dengan desain menarik atau pemberian warna yang sesuai preferensi, menambahkan daya tarik visual di kamar anak remaja laki-laki. 

Rak serbaguna di kamar anak remaja laki-laki dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Mulai dari penyimpanan buku, display dekoratif, stationery, benda elektronik hingga barang-barang hiburan, serta tempat koleksi mainan maupun video games. 

5. Sofa atau Kursi Santai

Sofa atau kursi santai bisa menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai. Kedua opsi ini dapat menjadi tambahan yang tepat untuk kamar anak remaja laki-laki, tergantung pada preferensi pribadinya dan ruang yang tersedia. 

Sofa bisa menjadi pilihan yang baik jika ruang kamar cukup besar. Apalagi, jika anak suka mengundang teman-temannya untuk berkumpul. Namun, jika ruang kamar terbatas, kursi santai bisa menjadi solusi yang lebih praktis dan menyediakan tempat yang nyaman untuk beraktivitas. 

6. Lemari Pakaian

Lemari pakaian dengan ruang penyimpanan yang cukup banyak, bisa membantu untuk menyimpan pakaian dengan rapi. Lemari pakaian dapat membantu mengorganisir, mulai dari pakaian sekolah, pakaian sehari-hari, olahraga, hingga outfit formal. 

Model lemari pakaian di kamar anak remaja laki-laki biasanya mengusung desain yang simple. Contohnya seperti model sliding door, hinged door, reach-in closet, armoire, dan lain-lain.

7. Lampu Meja atau Lampu Tidur

Lampu meja atau lampu tidur akan memberikan pencahayaan yang tepat dan suasana yang nyaman di kamar anak remaja laki-laki. Lampu meja bisa digunakan untuk membantu dalam mengerjakan tugas sekolah atau melakukan hobi.

Sementara itu, lampu tidur dapat digunakan untuk memberikan pencahayaan lembut saat bersantai sebelum tidur atau saat ingin membaca di tempat tidur. Pilihan lampu yang sesuai gaya anak remaja, juga dapat menambahkan elemen dekoratif dalam kamar.

8. Karpet

Karpet memberikan lapisan lunak yang nyaman di kaki anak remaja saat berjalan atau duduk di lantai. Karpet bisa memberikan suasana yang lebih hangat dan nyaman di kamar. 

Furniture pelengkap ini juga dapat menjadi elemen dekoratif yang menambah estetika ruangan anak remaja laki-laki.

Beberapa motif karpet mulai dari scandinavian, moroccan, southwestern, hingga geometric bisa jadi pilihan untuk kamar anak remaja laki-laki. Memilih bahan yang mudah dicuci (washable) juga penting, karena anak remaja seringkali membawa teman-temannya untuk bermain, yang membuat karpet mungkin cepat kotor.  

 

Konsultasikan Kamar Impian Anak Anda Bersama Interbox

Memilih furniture bagi anak remaja laki-laki perlu disesuaikan dengan preferensi masing-masing. Mulai dari tema hingga warna yang senada. Adapun warna yang diterapkan pada tema maupun furniture pada anak remaja laki-laki. 

Jadi, sudah siap untuk menciptakan interior yang seimbang pada kamar tidur anak Anda? Konsultasikan sekarang juga preferensi kamar tidur yang diinginkan oleh anak Anda dengan Interbox. Anda juga bisa mendapatkan interior kamar tidur anak yang dapat disesuaikan secara Custom!

Kini Anda dapat menciptakan kamar anak dengan interior impian dan buat anak Anda senang!