Kamar tidur merupakan area privat yang setiap orang miliki. Khususnya anak remaja perempuan, kamar menjadi ruang utama yang digunakan untuk melakukan banyak aktivitas mulai dari istirahat, belajar, hingga mengasah keterampilan. Menurut sebuah penelitian, anak remaja perempuan lebih senang menghabiskan waktunya di kamar. 

Bahkan, banyak anak remaja perempuan yang merenovasi kamarnya, sesuai dengan desain, furniture, hingga dekorasi yang disukai. Hal ini membuatnya nyaman dan senang. Dengan memilih furniture yang sesuai dengan preferensi, kamar sebagai area privasi yang nyaman dan aman bisa diwujudkan. 

Jika masih bingung memilih furniture, cek daftar furniture hingga pentingnya furniture untuk kamar anak remaja perempuan disini.    

 

Pentingnya Memperhatikan Furniture untuk Kamar Anak Remaja Perempuan

Kamar merupakan area personal seseorang. Tidak hanya pada orang dewasa, pada anak remaja khususnya, tentu membutuhkan ruang pribadinya. Kamar anak remaja perempuan yang desainnya dirancang sesuai preferensinya, mampu membantu mengembangkan minat dan passion di masa pencarian jati dirinya. 

Untuk itu, masa perkembangan ini harus didukung oleh desain interior kamar yang tepat, dengan mencakup elemen maupun dekorasi yang mencerminkan kepribadiannya. Furniture yang lengkap akan mendukung semua kebutuhan anak remaja perempuan, mulai dari istirahat, bersantai, belajar, dan aktivitas ekspresi diri lainnya. 

 

Manfaat Memperhatikan Furniture untuk Kamar Anak Remaja Perempuan

Setelah mengetahui pentingnya memperhatikan furniture untuk kamar anak remaja perempuan, tentunya hal ini juga memberikan manfaat yang signifikan. Terdapat beberapa manfaat furniture untuk kamar anak remaja perempuan.

Menciptakan Lingkungan yang Menyenangkan

Furniture untuk melengkapi kebutuhan kamar anak perempuan, sangat beragam pilihannya. Maka, memilih furniture yang sesuai dengan selera dan minat, dapat menciptakan lingkungan yang menyenangkan dan nyaman. 

Furniture yang tepat juga dapat meningkatkan mood dan suasana hati anak. Hal ini membuatnya lebih senang berada di kamar dengan melakukan berbagai macam aktivitas. 

Membantu Menemukan Jati Diri

Anak remaja perempuan sedang ber transisi menuju dewasa dan mengalami perubahan. Memiliki ruang pribadi dan privasi memainkan peran penting dalam perkembangan selama periode pertumbuhan ini.

Dengan melengkapi kamarnya dengan furniture kesukaan, artinya memberi anak remaja perempuan kesempatan lebih baik untuk belajar dan mencari jati diri di masa ini. 

Mengasah Kreativitas dan Ekspresi Diri

Masa remaja merupakan waktu yang tepat untuk mengekspresikan diri. Furniture yang dipilih sesuai dengan preferensi anak remaja perempuan dapat membantunya dalam mengekspresikan diri.

Memilih furniture yang unik mampu menginspirasi anak remaja perempuan untuk lebih kreatif dalam menghias dan mendesain kamarnya. Dengan begitu, anak remaja perempuan lebih termotivasi untuk mengekspresikan kreativitasnya melalui dekorasi dan layouting furniture.

 

7 Furniture yang Cocok untuk Kamar Anak Remaja Perempuan

Sumber: Pexels

 

Untuk kamar anak remaja perempuan, ada beberapa jenis furniture yang biasanya ada di dalamnya. Furniture umumnya memiliki sentuhan feminin sekaligus fungsional. Berikut beberapa furniture yang cocok untuk kamar anak remaja perempuan

1. Tempat Tidur

Tidak hanya berfungsi untuk tidur, pada kamar anak remaja perempuan, tempat tidur juga berperan sebagai elemen dekoratif. Banyak model tempat tidur yang bisa disesuaikan dengan selera. 

Mulai dari model standar, upholstered bed, canopy, cottage bed, ottoman, murphy bed, dan masih banyak lagi. Selain model, tempat tidur di kamar remaja anak perempuan biasanya diberikan warna atau tema yang lebih cerah dan menyenangkan. 

2. Bedside Table

Bedside table atau meja kecil biasanya diletakkan pas di samping tempat tidur. Bedside table bisa digunakan untuk meletakkan lampu tidur, jam alarm, tissue, aksesoris, atau barang-barang kecil dan esensial lainnya, agar mudah dijangkau. 

Model bedside table untuk kamar anak perempuan bisa disesuaikan dengan selera. Laci-laci pada bedside table juga bisa difungsikan sebagai alat penyimpanan tambahan.  

3. Meja Rias

Meja rias tentu menjadi furniture paling penting pada kamar anak remaja perempuan. Hal ini dikarenakan perempuan sangat mementingkan penampilan. Mulai dari make up hingga pakaian yang dikenakan. 

Maka, adanya meja rias yang lengkap dengan cermin, akan membantu anak remaja perempuan merias dan merawat diri. Meja rias biasanya juga dilengkapi dengan rak atau laci untuk meletakkan alat-alat make up. 

4. Lemari Pakaian 

Dengan kebiasaan anak remaja perempuan yang suka mengoleksi pakaian, lemari pakaian merupakan furniture wajib. Lemari pakaian yang lengkap berisi lemari bagian untuk menggantung pakaian, dan banyaknya ruang penyimpanan.

Selain pakaian, lemari digunakan untuk menyimpan berbagai aksesoris pendukungnya, termasuk tas dan sepatu. Dengan adanya furniture ini, akan melatih kerapian sehingga menjaga kamar tetap rapi dan bersih. 

5. Meja Belajar

Meja belajar merupakan furniture yang tepat bagi anak perempuan remaja untuk mengerjakan tugas sekolah maupun menyelesaikan pekerjaan rumah lainnya. Meja yang luas dan nyaman dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang produktif.

Meja belajar juga dapat digunakan sebagai area kreatif di mana anak remaja perempuan dapat mengekspresikan diri melalui hobinya, seperti, membaca, mendesain grafis, dan lain-lain. 

6. Rak Penyimpanan Serbaguna

Dengan banyaknya barang yang biasanya dimiliki anak remaja perempuan, furniture seperti rak penyimpanan serbaguna juga perlu diletakkan di dalam kamar. Selain menyimpan barang, rak ini bisa digunakan untuk menampilkan berbagai dekorasi. 

Dekorasi di kamar anak remaja perempuan biasanya termasuk boneka, foto, bingkai, atau barang-barang hiasan lainnya. Ini tidak hanya akan menambahkan sentuhan keindahan, tetapi juga memungkinkannya untuk mengekspresikan kepribadian dan minat.

7. Lampu Dekoratif

Lampu dekoratif menjadi elemen yang melengkapi tampilan visual dari sebuah kamar. Kamar anak remaja perempuan menjadi tempat yang bagus untuk bereksperimen dengan lampu dan perlengkapan pencahayaan yang menarik. 

Berbagai macam model dan desain lampu bisa dipilih sesuai dengan tema kamar dan selera anak remaja perempuan.  Model lampu gantung yang mencolok, lampu meja dengan nuansa vintage, atau lampu tidur yang lembut, bisa jadi pilihan.

 

Baca juga:

 

Konsultasikan Kamar Impian Anak Anda Bersama Interbox

Furniture kamar anak remaja perempuan biasanya menawarkan desain maupun pilihan warna yang lebih mencolok, beserta beragam motif sesuai tema. Furniture yang didesain mencolok ditujukan agar lebih menyenangkan dan indah dipandang mata.  

Jadi, sudah siap untuk menciptakan interior yang seimbang pada kamar tidur anak Anda? Konsultasikan sekarang juga preferensi kamar tidur yang diinginkan oleh anak Anda dengan Interbox. Anda juga bisa mendapatkan interior kamar tidur anak yang sesuai secara Custom!

Kini Anda dapat menciptakan kamar anak dengan interior impian dan buat anak Anda senang!