Kamar mandi memainkan peran penting dalam aktivitas relaksasi. Kamar mandi dengan gaya minimalis menawarkan nuansa modern dan bersih, yang mendukung momen relaksasi di rumah. Hal ini menjadikan desain kamar mandi minimalis banyak digemari oleh pemilik rumah. 

Untuk mewujudkan gaya minimalis pada kamar mandi, dibutuhkan berbagai elemen yang tepat untuk mendukung gaya ini. Salah satunya yaitu penggunaan furniture yang tepat, seperti dukungan desain dan material yang simple. Selain itu, furniture yang mendukung fungsionalitas juga jadi favorit gaya kamar mandi minimalis. 

 

Pentingnya Memilih Furniture untuk Kamar Mandi Minimalis

Setiap hunian pasti memiliki kamar mandi. Meskipun area ini terbatas dan memiliki sedikit ruang, kamar mandi selalu memainkan peran penting. Selain digunakan untuk membersihkan diri, kamar mandi juga merupakan tempat untuk bersantai.

Karena merupakan ruang penting, kamar mandi membutuhkan desain yang nyaman, bersih, dan bebas kelembaban. Salah satu desain yang dapat diterapkan yaitu kamar mandi dengan desain minimalis. Desain minimalis merupakan kombinasi dari konsep yang mengutamakan efisiensi, fungsionalitas, gaya, dan kesederhanaan. 

Memilih furniture yang sesuai sangat penting untuk mendukung gaya minimalis. Terlebih lagi, memilih furniture yang tepat seperti ukuran dan desain yang ringkas, akan membantu memaksimalkan penggunaan ruang tanpa membuatnya terasa penuh.

Desain minimalis juga mendukung penyimpanan yang rapi. Seperti laci atau rak minimalis cukup menyimpan perlengkapan mandi dengan rapi tanpa mengambil banyak tempat.

 

8 Furnitur untuk Kamar Mandi Minimalis

Untuk mendukung gaya minimalis pada kamar mandi, memilih furniture kamar mandi minimalis yang tepat merupakan hal utama. Berikut terdapat list delapan furniture kamar mandi minimalis.

1. Vanity Sink

Vanity sink adalah jenis wastafel yang terpasang di atas atau meja atau lemari. Vanity sink merupakan furniture kamar mandi minimalis yang seringkali dipilih untuk kamar mandi minimalis, karena desainnya yang clean dan menyediakan tempat penyimpanan. 

Vanity sink sangat populer karena desain minimalisnya menambah nilai estetika pada kamar mandi. Model vanity sink juga telah banyak berkembang. Terdapat model floating yang tidak memiliki kaki-kaki, agar terlihat lebih ringkas. 

2. Mirror Cabinet

Furniture kamar mandi minimalis berikutnya yaitu mirror cabinet. Mirror cabinet adalah lemari atau kabinet yang dilengkapi dengan pintu cermin di bagian depannya. 

Pintu cermin pada mirror cabinet tidak hanya berfungsi sebagai cermin untuk bercermin, tetapi juga sebagai pintu untuk mengakses isi kabinet di dalamnya. Furniture ini menjadi solusi praktis untuk menyimpan barang-barang esensial dengan cara yang estetis dan hemat ruang.

3. Wall-Mounted Shelves

Masih berkaitan dengan penyimpanan, furniture kamar mandi minimalis berikutnya yaitu wall-mounted shelves. Rak penyimpanan dinding ini dapat menambahkan ruang penyimpanan tanpa memakan banyak ruang lantai. 

Rak ini ideal untuk menyimpan botol, obat-obatan, handuk atau aksesori mandi kecil peralatan mandi hingga dekorasi. Untuk mendukung gaya minimalis, rak dengan bahan kayu atau logam mewakili gaya ini dengan baik. 

4. Freestanding Bathtub

Freestanding bathtub adalah jenis bak mandi yang berdiri sendiri dan tidak terpasang di dinding atau lantai. Bak mandi ini didesain dengan kaki atau alas yang kuat untuk menopangnya. Furniture ini biasanya diletakkan di tengah ruangan atau di area yang cukup luas di kamar mandi. 

Freestanding bathtub dengan clean lines dan desain sederhana, menciptakan tampilan yang cocok untuk kamar mandi bergaya minimalis. Bathtub dengan model ramping dan terbuat dari bahan seperti akrilik atau batu, juga mendukung gaya ini. 

5. Wall-Hung Toilet

Wall-hung toilet, adalah jenis toilet yang dipasang di dinding tanpa memiliki alas yang menyentuh lantai. Toilet ini tergantung di dinding dengan bantuan kerangka khusus yang tersembunyi di dalam dinding. 

Dalam kamar mandi gaya minimalis, wall-hung toilet menjadi furniture kamar mandi minimalis yang sering dipilih karena desainnya menciptakan estetika minimalis yang bersih dan ramping. Toilet ini memberikan tampilan yang lebih modern dan lapang. 

6. Towel Rack

Towel rack berdesain ramping termasuk salah satu furniture kamar mandi minimalis. Towel rack (gantungan handuk) yang ditempatkan di dinding dapat menghemat ruang dan memberikan tempat yang mudah dijangkau untuk menggantung handuk. 

Gantungan handuk yang terbuat dari logam atau kayu dengan desain minimalis, akan menyatu dengan dekorasi kamar mandi minimalis lainnya. 

7. Wall-Mounted Toilet Paper Holder

Wall-mounted toilet paper holder dibutuhkan untuk kamar mandi bergaya minimalis. Toilet paper holder yang dipasang di dinding menjadikannya mudah saat dijangkau. 

Toilet paper holder saat ini juga tersedia banyak pilihan bentuk dan bahan. Bahan kayu dengan clean lines, serta siluet sederhana dapat menjadi pilihan furniture kamar mandi minimalis. 

8. Minimalist Stool

Stool adalah jenis furniture yang biasanya digunakan sebagai tempat duduk yang tidak memiliki sandaran atau sandaran tangan. Stool seringkali memiliki kaki atau penyangga untuk menopang tubuh, dan bisa beragam bentuk serta desain tergantung pada kebutuhan dan gaya. 

Di kamar mandi minimalis, stool dengan gaya minimalis dapat digunakan untuk bangku kecil tambahan. Fungsinya bisa untuk meletakkan perlengkapan mandi, atau sebagai bangku rias, agar sesuai dengan tema. 

 

Baca juga:

 

Tips Memilih Furniture untuk Kamar Mandi Minimalis

Sumber: Pexels

 

Memilih furniture kamar mandi minimalis memerlukan perhatian pada fungsi, ukuran, dan gaya untuk memaksimalkan ruang yang terbatas. Berikut terdapat tips memilih furniture kamar mandi minimalis.

Pertimbangkan Ukuran

Pilihlah furniture kamar mandi minimalis yang proporsional dengan ukuran kamar mandi. Hindari furnitur yang terlalu besar yang bisa membuat ruangan terasa sesak.

Fokus pada Fungsionalitas

Prioritaskan furniture yang memiliki fungsi ganda atau penyimpanan tambahan. Seperti vanity sink dengan lemari bawah atau rak penyimpanan dinding. Ini membantu mengoptimalkan ruang dan menjaga kamar mandi tetap rapi.

Pilih Material yang Tahan Lama

Karena lingkungan kamar mandi yang lembab, pastikan furniture kamar mandi minimalis yang dipilih tahan terhadap kelembaban dan tahan lama. Material seperti kayu atau plastik PVC yang tahan air bisa menjadi pilihan yang baik.

Perhatikan Desain Sederhana

Pilihlah furniture kamar mandi minimalis dengan desain yang sederhana dan minimalis untuk menciptakan tampilan kamar mandi yang bersih sekaligus terorganisir. Hindari ornamen berlebihan atau detail yang rumit yang bisa membuat ruangan terlihat ramai.

Gunakan Warna Terang

Warna-warna terang dan cerah dapat membantu menciptakan tampilan yang lebih terbuka serta lapang dalam kamar mandi minimalis. Hindari pemilihan warna gelap yang dapat membuat ruangan terasa lebih kecil.

 

Cari Jasa Custom Interior untuk Rumah Anda di Interbox

Kamar mandi bergaya minimalis bisa terwujud dengan pemilihan elemen yang tepat, salah satunya furniture. Seperti vanity sink, mirror cabinet, wall-mounted shelves, freestanding bathtub, wall-hung toilet, towel rack, wall-mounted toilet paper, dan minimalist stool. 

Anda sudah siap untuk merasakan kemudahan dalam melakukan desain interior pada rumah Anda, sebaiknya kunjungi Interbox. Anda juga dapat berkonsultasi langsung secara GRATIS untuk menyesuaikan layanan interior yang cocok.

Jadi tunggu apa lagi? Ciptakan interior rumah yang nyaman untuk keluarga Anda, bersama Interbox!