Ruang keluarga juga bisa menjadi tempat bermain anak dan tempat anak mengeksplorasi area dalam rumah. Oleh karena itu, area ini perlu diberi perhatian dengan meletakkan furniture kids-friendly. Artinya, selain menjalankan fungsinya, furniture haruslah mengedepankan keamanan dan keselamatan anak-anak. 

Seperti menghindari furniture bersudut tajam atau menyediakan furniture dengan bantalan empuk dan nyaman. Ini dapat membuat anak-anak nyaman saat bermain atau beraktivitas lainnya di ruang keluarga. Beberapa pilihan furniture beserta tipsnya, akan membantu dalam memilih furniture kids-friendly yang tepat. 

 

Pentingnya Memperhatikan Furniture Kids-Friendly di Ruang Keluarga

Memperhatikan furniture kids-friendly di ruang keluarga sangat penting bagi keamanan dan kenyamanan anak. Anak-anak di masa pertumbuhan dan perkembangannya akan selalu mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Maka, pengawasan terhadap anak-anak harus selalu diperhatikan. 

Salah satunya dengan membuat ruangan yang aman dan nyaman untuk anak-anak, melalui pemilihan furniture yang tepat. Khususnya pada ruang keluarga, furniture kids-friendly cenderung memiliki sudut bulat, serta menggunakan bahan yang aman. Hal ini akan mengurangi risiko cedera jika anak bermain di sekitarnya.

 

7 Furniture Kids-Friendly di Ruang Keluarga

Memiliki furniture kids-friendly di ruang keluarga merupakan ide bagus untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak-anak. Furniture penyimpanan akan banyak diletakkan di ruang keluarga, agar dapat dengan mudah merapikan mainan anak dengan cepat.

Beberapa furniture di ruang keluarga lainnya ini mendukung desain kids-friendly.

1. Sofa

Sofa merupakan furniture yang identik dengan ruang keluarga, yang yang dirancang untuk duduk, berbaring, atau bersantai. Sofa biasanya terdiri dari bingkai yang dilapisi dengan bahan penutup seperti kain, kulit, atau bahan lainnya, serta bantalan untuk kenyamanan.

Karena bahannya yang empuk dan nyaman, sofa menjadi furniture kids-friendly. Sofa dengan sudut bulat maupun kaki pendek atau tanpa kaki yang diletakkan di ruang keluarga, aman untuk anak-anak duduk dan bersantai.  

2. Puff atau Bean Bag

Selain sofa, puff atau bean bag juga cocok diletakkan di ruang keluarga, ruang tamu, maupun kamar tidur. Adapun bean bag adalah jenis kursi atau sofa yang terbuat dari kantong yang diisi dengan polistirena atau biji plastik kecil lainnya. 

Furniture kids-friendly ini biasanya memiliki bentuk yang fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan posisi duduk pengguna. Puff atau bean bag merupakan opsi yang bagus untuk anak-anak karena menawarkan kenyamanan saat duduk atau berbaring di atasnya tanpa resiko terluka. 

3. Ottoman Storage

Sebuah ottoman adalah bangku rendah yang berlapis, dan biasanya memiliki kaki. Furniture kids-friendly ini dapat digunakan sebagai alas kaki, meja kopi, atau tempat duduk. Banyak model ottoman saat ini yang berfungsi ganda sebagai penyimpanan tersembunyi.

Ottoman memberikan permukaan yang lembut untuk anak-anak bermain. Tempat penyimpanannya bisa untuk menyimpan mainan, buku, atau selimut.

4. Low Storage

Dengan keaktifan anak bermain di ruang keluarga, hal ini menciptakan ruangan yang tentunya mudah berantakan. Selain ottoman storage, rak atau laci penyimpanan serbaguna dengan desain rendah (low storage), bisa menjadi solusi membuat ruang keluarga tetap rapi. 

Salah satu model low storage yaitu cube storage, yang menawarkan desain kotak-kotak. Kotak-kotak ini berfungsi untuk menempatkan barang-barang anak, seperti buku dan mainan. Furniture kids-friendly ini juga difungsikan sebagai pembatas ruang atau menggantikan partisi yang menghabiskan tempat, dan berbahaya bagi anak. 

5. Round Coffee Table

Anak-anak yang aktif berlarian, membutuhkan ruang yang luas agar leluasa baginya untuk bermain. Tidak jarang, anak-anak akan sering menabrak benda-benda di sekitarnya. Maka, diperlukan furniture dengan sudut yang tidak tajam atau bahkan melengkung seperti low coffee table. 

Meja dengan model rendah ini menawarkan banyak desain, salah satunya berbentuk bulat. Meja bulat ini akan membuat anak aman jika terbentuk, serta kemudahan menjangkau benda diatasnya. 

6. Karpet

Karpet memberikan lapisan lembut di lantai yang dapat mengurangi risiko cedera jika anak-anak jatuh saat bermain. Anak-anak dapat duduk atau bermain di atas karpet dengan nyaman, tanpa perlu duduk di lantai yang dingin atau keras.

Memilih karpet dengan bahan bulu yang lembut, menambah keamanan dan kenyamanan anak saat bermain di atasnya. Anak-anak dapat duduk atau berbaring di atas karpet saat membaca buku, menonton TV, atau bermain game.

7. Chalkboard

Menggambar merupakan salah satu hobi anak-anak yang perlu disalurkan. Dinding seringkali menjadi sasaran anak-anak untuk menggambar. Namun, hobi ini tidak perlu dilarang. Chalkboard atau papan tulis kapur menjadi furniture kids-friendly pilihan yang dapat mengakomodir hobi anak.

Dengan menyisakan sedikit ruang untuk memasang papan tulis ini, anak-anak bisa mengeksplorasi imajinasinya melalui gambar. Adanya furniture ini menjadi elemen hiburan yang menyenangkan bagi anak-anak.

 

Baca juga:

 

Tips Memilih Furniture Kids-Friendly di Ruang Keluarga

Living Room Kids Friendly

Sumber: Freepik

 

Untuk mewujudkan ruang keluarga kids-friendly, furniture harus dipilih dan dikurasi dengan cermat. Berikut terdapat tips dalam memilih furniture kids-friendly di ruang keluarga. 

Gunakan Pelapis yang Tahan Noda dan Tahan Lama

Anak-anak dengan keaktifannya seringkali menumpahkan benda seperti makanan atau minuman. Maka, furniture seperti sofa perlu dilapisi pelapis. Pelapis berkualitas yaitu yang tahan noda, tahan lama, dan mudah dibersihkan. Microfiber dan kulit merupakan jenis pelapis yang ideal saat memiliki anak-anak.

Pakai Furniture dengan Sudut Bulat

Saat memilih perabotan, terutama meja makan, meja tengah, atau meja kopi, tentu harus berhati-hati terhadap sudut yang tajam. Pilihlah sudut-sudut bulat karena kemungkinannya lebih kecil untuk melukai anak.

Manfaatkan Furniture Penyimpanan

Anak-anak dengan mainannya seringkali membuat rumah berantakan. Memiliki furniture dengan ruang penyimpanan dapat membantu. Contohnya meja kopi dengan laci, rak terintegrasi atau model ottoman storage. 

Pertimbangkan Tinggi Furniture

Memperhatikan tinggi furniture juga sangat penting. Memilih meja kopi, sofa, dan rak buku dengan model rendah, akan membantu anak menjangkau barang. Hal ini mengajarkan anak untuk lebih mandiri dan menghindari kecelakaan dengan mencoba memanjat atau mencapai barang.

Pilih Bahan Kayu Solid atau Logam 

Bahan memainkan peran penting dalam memilih furniture kids-friendly. Bahan pada furniture akan mempengaruhi keselamatan anak-anak. Furniture dari bahan kayu solid atau logam merupakan pilihan ideal dan aman karena bahan ini tidak mengandung bahan kimia beracun.

 

Konsultasikan Interior Rumah Kids-Friendly Bersama Interbox

Tidak dipungkiri bahwa anak-anak senang sekali mengeksplor area di sekitarnya, tidak terkecuali ruang keluarga. Maka, furniture di ruang keluarga haruslah mengutamakan keamanan dan kenyamanan anak-anak. Para orang tua harus mengusahakan furniture kids-friendly wajib mengedepankan keselamatan dan kesehatan anak-anaknya. 

Jadi, sudah siap untuk menciptakan interior ruang keluarga yang ramah bagi anak Anda? Konsultasikan sekarang juga preferensi ruangan yang Anda inginkan bersama Interbox. Anda juga bisa mendapatkan interior living room kids-friendly secara Custom!

Kini Anda dapat menciptakan interior impian dan buat anak Anda senang!