Perlu dicatat, berbagai tren desain interior yang muncul hari ini bukan hanya diperuntukan kepada orang dewasa saja. Melainkan juga anak-anak, meskipun pada praktiknya orang tualah yang akan menentukan ke pihak interior.

Tidak terkecuali anak perempuan, dimana desain interior kamarnya bukan hanya sekadar furniture yang disusun rapi dan pemilihan warna. Lebih jauh lagi, karena hal ini menciptakan lingkungan di mana si kecil akan tumbuh dan berkembang.

Lagi-lagi, ruangan yang dirancang dengan baik dapat memberikan pengaruh positif terhadap kreativitas, suasana hati, dan pola tidur anak. Oleh karena itu, memperhatikan gaya interior menjadi sangat penting dalam menciptakan kamar yang ideal bagi anak perempuan Anda.

 

Pilihan Gaya Interior Kamar Anak Perempuan

Seperti banyak yang sudah dikatakan mengenai pentingnya memperhatikan desain interior kamar anak perempuan, sebaiknya Anda juga memberikan beberapa pilihan gaya interiornya.

Ini termasuk memilih warna yang tepat hingga furniture yang lebih fungsional. Berikut beberapa pilihannya. 

Gaya Klasik dan Romantis

Pertama, ada gaya klasik yang penuh kasih. Gaya ini akan menonjolkan elemen-elemen feminin yang akan cocok dengan anak perempuan Anda. Warna-warna pastel seperti merah muda, lavender, atau krem sering menjadi pilihan utama untuk diimplementasikan dengan gaya ini pada kamar anak.

Anda juga dapat memilih furniture dengan detail artistik, seperti pahatan atau ukiran halus. Permainan kain-kain yang ada dalam kamar seperti gorden berlipat dan selimut lembut akan menambah nuansa hangat bagi anak perempuan Anda.

Minimalis Modern

Gaya minimalis modern yang diimplementasikan pada kamar anak perempuan Anda akan menekankan kesederhanaan dengan garis-garis yang bersih. Sementara untuk furniture, yang fungsional dan simpel merupakan kunci utama dari gaya ini.

Dengan catatan jangan lupa untuk memilih furniture yang menyesuaikan dengan tumbuh kembang anak perempuan Anda. Misalnya, tempat tidur yang dapat diubah menjadi tempat tidur tingkat atau meja belajar yang dapat disesuaikan.

Tema Kartun atau Karakter Favorit

Sesuai dengan ketertarikan anak-anak pada dunia animasi. Tema ini biasanya melibatkan dekorasi dengan karakter kartun atau tokoh favorit anak.

Anda bisa pertimbangkan untuk menggunakan wallpaper yang dapat dilepaskan sehingga mudah diganti ketika minat anak perempuan Anda berubah. Begitupun pada furniture. 

Gaya Bohemian

Kedengarannya terlalu serius untuk gaya interior kamar anak perempuan Anda. Tapi dengan gaya ini akan tercipta tampilan yang kreatif dan eklektik pada kamar anak Anda.

Anda tetap dapat mencampurkan berbagai motif dan warna pada bantal, karpet, atau gorden untuk mendukung gayanya. Dan tentunya, jangan lupa meletakan tanaman hias pada sudut kamar anak perempuan Anda untuk menambah nuansa alami.

Gaya Princess atau Negeri Dongeng

Terakhir, ada gaya yang akan sangat cocok dengan anak perempuan Anda, yaitu princess atau negeri dongeng. Gaya ini sepertinya akan sesuai untuk anak perempuan yang bermimpi menjadi seorang putri. 

Anda dapat menambahkan lampu gantung yang mewah di tengah ruangan. Selain itu, tempat tidur dengan gauzy canopy juga dapat menambah sentuhan negeri dongeng pada kamar tidur anak perempuan Anda.

 

Tips saat Mendesain Interior Kamar Anak Perempuan

Desain interior kamar anak perempuan memerlukan perencanaan yang cermat untuk menciptakan ruang yang memenuhi kebutuhan anak dan mendukung pertumbuhannya. Berikut beberapa tips yang dapat Anda perhatikan sebelum melakukan desain interior kamar perempuan anak Anda.

Ajak Anak Diskusi saat Proses Desain

Penting untuk melibatkan anak perempuan Anda dalam proses desain nantinya. Anda dapat mempertimbangkan minat dan warna kesukaannya. 

Hal ini tidak hanya akan memberikan kesan bahwa kamar yang sedang dipersiapkan merupakan miliknya. Akan tetapi juga membangun rasa tanggung jawab dan kebanggaan pada ruang pribadinya.

Utamakan Keamanan dan Keselamatan

Meskipun estetika merupakan faktor penting yang dapat membuat anak perempuan Anda senang, keamanan dan keterjangkauan juga perlu dipertimbangkan pada kamarnya. Maka, pastikan furniture dan dekorasi yang Anda simpan memenuhi standar keamanan dan tentunya tidak membahayakan anak Anda.

Fleksibel untuk Pertumbuhan

Seperti pilihan gayanya, Anda dapat mempertimbangkan juga elemen desain yang dapat beradaptasi seiring dengan tumbuh kembang anak. Pilihan furniture yang dapat diubah fungsinya atau dinding yang dapat dicat ulang dapat memberikan fleksibilitas untuk mengikuti perkembangan selera dan minat anak perempuan Anda.

 

Temukan Inspirasi #ASpaceToGrow untuk Kamar Anak di Interbox

Sekali lagi, perlu Anda ingat bahwa kamar anak bukan hanya soal tempat untuk istirahat atau tidur, tetapi juga ruang untuknya belajar, bermain, dan bermimpi. Tentunya dengan tidak lupa untuk melibatkan anak Anda dalam proses desain, supaya dapat menciptakan lingkungan yang menginspirasi dan nyaman.

Kini, Anda dapat langsung konsultasi secara GRATIS mengenai kebutuhan interior kamar anak perempuan Anda! Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan desain interior kamar khusus yang akan disesuaikan dengan preferensi kamar anak Anda secara Custom

Jadi tunggu apa lagi? Ciptakan kamar dengan interior impian anak perempuan Anda sekarang juga!