Desain interior kantor perlu dibangun untuk meningkatkan semangat, produktivitas, serta motivasi para pekerja. Tetapi tidak semua ruang kantor memiliki space yang luas. Terdapat ruang kantor dengan ukuran kecil. Dengan demikian, mendesain kantor berukuran kecil dapat sangat menantang. 

Hal ini dikarenakan tidak banyak ruang untuk dapat mengeksplorasi gaya. Namun, faktanya, space yang terbatas bukan alasan untuk tidak mendapatkan ruangan yang bergaya sekaligus fungsional. Jadi, untuk dapat melakukan desain interior kantor berukuran kecil, simak beberapa ide dan tipsnya di bawah ini!

 

Pentingnya Desain Interior pada Kantor Berukuran Kecil

Desain interior kantor secara langsung mempengaruhi produktivitas karyawan. Ruang kantor yang dirancang dengan baik dapat membantu meningkatkan keterlibatan karyawan, produktivitas, dan kepuasan kerja. Maka, mengatur layout kantor yang tepat sangat penting. 

Sebuah organisasi tergantung pada efisiensi para pekerja. Ketika ruang kerja mendorong kolaborasi dan komunikasi, karyawan dapat bekerja sama untuk memecahkan masalah serta menyelesaikan tugas dengan lebih mudah. Desain interior kantor juga dapat meningkatkan mood serta motivasi. 

Pentingnya desain tidak hanya berlaku pada space yang luas. Kantor kecil pun membutuhkan desain interior dengan alasan yang sama. Penggunaan furniture ergonomis seringkali menjadi solusi ruangan terbatas. Ini dapat mengurangi ketidaknyamanan yang berimbas pada produktivitas. 

 

7 Beberapa Ide Desain Interior Kantor Berukuran Kecil

Desain interior kantor di ruangan kecil, membutuhkan pengaturan tepat untuk dapat memaksimalkan ruangan. Space yang terbatas juga dapat diberi sentuhan desain interior agar lebih hidup. Terdapat beberapa ide desain interior kantor berukuran kecil

Modern Office Design

Desain interior kantor kecil yang modern, biasanya berbentuk persegi panjang. Ini sangat ideal bagi kantor  yang memiliki ruang terbatas. Untuk memaksimalkan ruang yang tersedia, dapat meletakkan furniture ke sudut. Jenis island table dan kursi putar merupakan solusi modern untuk space yang sempit. 

Minimalist Small Office Design

Desain interior kantor minimalis mudah diterapkan di ruang terbatas. Fokus pada ruangan yang bersih. Setelah itu, hanya tinggal membersihkan ruang, dan gunakan dinding kosong untuk memasang beberapa rak buku. Ruangan minimalis tidak memerlukan banyak benda, melainkan yang esensial saja. 

Small Office Space Design Idea

Pengaturan ini cocok untuk home office maupun startup. Ini bisa diwujudkan dengan mengatur kursi di sudut dan menempatkan jendela di belakangnya untuk masuknya cahaya alami. Biasanya, furniture dengan fungsi ganda dipilih. Seperti meja yang menyatu dengan kabinet.

Small Office configuration with Shared Desks

Konfigurasi ini dapat memaksimalkan ruang, serta menjalin kedekatan dengan rekan kerja. Menghilangkan bilik sempit dan menggantinya dengan meja pembatas ini dapat menjadi solusi agar tim dapat bekerja bersama. Meja kopi kecil dan sofa yang ditambahkan, dapat melunakkan suasana formal.

Co-Working Small Office Design

Ide desain interior kantor lainnya yaitu gaya co-working space, yang ideal untuk suasana informal. Ruangan ini dicirikan dengan shared-desk, yang berguna untuk tim agar mudah berkomunikasi. Dinding dan dekorasi berwarna cerah, serta sofa sudut akan menciptakan area dinamis. 

Creative Office Design Ideas for Small Spaces

Desain interior kantor kreatif mendukung kreativitas karyawan Ruangan ini ditandai dengan warna-warna cerah, seperti teal blue dan kuning, yang dapat membantu meningkatkan semangat. Furniture yang ringkas mampu menghemat ruang. Selain itu, lantai berkarpet membuat interior lebih personal.

Rustic Small Office Interior Design

Gaya interior kantor rustic, juga dapat diterapkan pada space yang terbatas. Ini akan membuat ruang kecil memiliki karakter. Isi ruangan dengan nuansa rustic, seperti panel dan rak kayu. Pilihlah barang-barang kuno, seperti rusty tables, kotak penyimpanan kuno, lampu, dan bingkai vintage.

 

Baca juga:

 

5 Tips Melakukan Desain Interior Kantor Berukuran Kecil

Tips Melakukan Desain Interior Kantor Berukuran Kecil

Sumber: Pexels

 

Untuk membangun ruang kerja yang bergaya dan fungsional, butuh memperhatikan beberapa hal. Berikut tips melakukan desain interior kantor.

Memilih Furniture Multifungsi

Banyak yang melakukan penghematan ruang terbatas, dengan mengorbankan desain interior kantor yang stylish. Adapun gaya tetap menjadi kunci untuk menciptakan lingkungan yang fungsional dan estetis. 

Dengan pemilihan furniture kantor multifungsi, ruang sempit dapat dimaksimalkan tanpa mengorbankan gaya atau fungsi. Desain yang tepat sangat penting untuk menciptakan ruang terbuka, lapang, dan bergaya, bahkan di ruangan yang paling kecil sekalipun. 

Mengatur Pencahayaan

Pencahayaan sangat penting dalam desain interior kantor berukuran kecil. Pencahayaan mampu meningkatkan produktivitas dan kenyamanan. Cahaya alami dapat membantu mengurangi ketegangan mata dan meningkatkan mood. Namun, cahaya buatan juga efektif jika penggunaannya tepat. 

Ini dapat membantu menyoroti area tertentu dalam ruang. Cahaya hangat cenderung lebih nyaman dan santai. Sedangkan cahaya putih membantu meningkatkan kewaspadaan dan produktivitas. Namun, kombinasi keduanya direkomendasikan untuk menciptakan skema cahaya yang disesuaikan.

Membuat Penyimpanan Hemat Ruang

Penyimpanan hemat ruang menjadi solusi dalam desain interior kantor dengan ruang terbatas. Ruang kerja yang terorganisir sangat penting dalam ruang yang sempit. Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu meletakkan hanya barang-barang esensial saja. 

Lalu, manfaatkan ruang vertikal yang biasanya tidak digunakan untuk membangun ruang atau tempat penyimpanan. Ini dapat berguna untuk mengorganisir semua dokumen, serta menjaga kebersihan. Ruang kecil yang rapi akan membantu meningkatkan produktivitas dan mengurangi stres.

Memanfaatkan Desain Furniture Ergonomis

Ketika desain interior kantor dirancang secara ergonomis untuk memenuhi kebutuhan, ini akan meningkatkan fokus dan produktivitas. Misalnya kursi ergonomis yang dapat disesuaikan dengan postur tubuh. Duduk bisa diatur, sehingga berada pada eye-level untuk menghindari ketegangan leher. 

Juga, untuk menghindari ketegangan pada pergelangan tangan dan lengan, pastikan meja berada pada ketinggian yang tepat. Terakhir, menambahkan sentuhan pribadi di ruang kerja seperti tanaman atau karya seni, dapat membantu menciptakan suasana yang menyenangkan dan menginspirasi.

Menghadirkan Teknologi Terintegrasi saat Mendesain

Desain smart office mampu mengoptimalkan ruang yang tersedia sambil memastikan bahwa teknologi dapat diintegrasikan. Ini meningkatkan efisiensi keseluruhan dalam ruang kerja.

Misalnya menggunakan compact devices dan multifungsi, seperti printer all-in-one. Selain itu, memilih meja yang dirancang khusus dengan saluran atau pengaturan kabel tersembunyi. Namun, agar lebih rapi, memilih perangkat wireless untuk keyboard, mouse, dan printer, lebih baik.

 

Konsultasikan Desain Interior Kantor Anda di Interbox

Desain interior kantor penting diterapkan, karena berpengaruh besar pada produktivitas karyawan. Tidak terkecuali untuk kantor berukuran kecil. Terdapat beberapa ide desain interior kantor, mulai dari desain modern, minimalis, kreatif, co-working style, rustic, dan lain-lain.

Anda dapat menciptakan desain interior kantor yang mampu meningkatkan produktivitas karyawan Anda dalam dengan mengkonsultasikan preferensi ruangan kantor yang Anda inginkan bersama Interbox. Anda juga bisa mendapatkan interior kantor terbaik secara Custom!

Mulailah untuk merencanakan interior kantor Anda dari sekarang bersama Interbox!