Dalam suatu hunian, ruang tamu menjadi ruang pertama yang mencerminkan gaya rumah keseluruhan. Pemilik rumah juga diberi kebebasan dalam melakukan desain interior. 

Desain dan konsep rumah mewah bisa menjadi pilihan. Ruang tamu mewah dapat diwujudkan pada rumah dengan gaya apapun.  

Ruang tamu mewah memiliki karakteristik seperti layout yang luas, pencahayaan alami, skema warna harmonis, menggunakan furniture modern atau klasik, dan lainnya. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai desain interior ruang tamu mewah, simak artikel di bawah ini, yuk!

 

Pentingnya Melakukan Desain Interior Ruang Tamu untuk Terlihat Mewah

Ruang tamu mewah, artinya sebuah ruang untuk menyambut tamu dengan desain interior yang menawarkan rasa kenyamanan ‘besar’ atau ‘luas’. Tampilan tersebut biasanya bernuansa elegan, serta memiliki sentuhan berkualitas yang melengkapi ruang tersebut.

Dalam hunian berkonsep mewah, desain interior ruang tamu mewah menjadi salah satu keputusan terpenting. Ruang ini akan dikunjungi pertama kali oleh tamu hingga ditempati untuk waktu cukup lama. Desain interior pada ruang tamu mencerminkan gaya dari keseluruhan rumah mewah tersebut.

Maka, desain ruang tamu yang sesuai dengan konsep kemewahan akan memberikan kesan positif dari para tamu. Harmonisasi desain ruang tamu mewah juga akan memberikan sentuhan estetika visual dengan nilai yang tinggi. Desain ini dapat diaplikasikan pada hunian dengan berbagai tema. 

 

5 Karakteristik Desain Interior Ruang Tamu yang Mewah

Ruang tamu yang dapat dikatakan mewah, karena memiliki ciri khas tersendiri. Untuk mempermudah dalam mendefinisikannya, berikut karakteristik desain interior ruang tamu yang mewah.

Tata Letak yang Luas

Kunci untuk mencapai estetika ruang tamu mewah dengan penggunaan atap tinggi, dan jendela besar yang mencapai langit-langit. Pendekatan desain ini ditandai dengan penekanan pada ruang terbuka yang lapang dan terintegrasi dengan lingkungan alami di luar.

Pencahayaan Alami yang Melimpah

Elemen-elemen seperti atap tinggi dan jendela besar tidak hanya meningkatkan tinggi ruang, tetapi juga memungkinkan cahaya alami menerangi setiap sudut. Desain ruang tamu mewah berpusat pada interaksi antara cahaya, ruang, dan campuran warna serta material yang harmonis.

Skema Warna Harmonis

Palet warna dipilih dengan cermat, terutama menampilkan nuansa netral seperti beige, putih, dan coklat. Pilihan warna ini membawa kehangatan dan sentuhan kecanggihan ke dalam ruang. Lantai kayu ringan melengkapi warna-warna ini, berkontribusi lebih jauh pada suasana yang terbuka.

Furniture Modern atau Klasik

Kemewahan bisa dihadirkan dari nuansa modern hingga klasik. Furniture modern ditandai dengan clean dan sleek lines. Sementara desain mewah-klasik dapat terlihat dari tekstur dan ornamen. Contohnya, sectional sofa mewah yang berfungsi sebagai titik fokus, maupun kursi tangan kulit yang elegan. 

Dekorasi yang Teratur

Dekorasi pada ruang tamu mewah diletakkan dengan hati-hati. Dekorasi dijaga seminimal mungkin namun bermakna. Barang-barang ditempatkan secara strategis seperti buku, vas, dan benda-benda dekoratif lain yang meningkatkan daya tarik estetika.

 

7 Ide Desain Interior Ruang Tamu Mewah

5 Karakteristik Desain Interior Ruang Tamu yang Mewah

Sumber: Unsplash

 

Desain interior ruang tamu mewah perlu dipertimbangkan secara matang. Dunia modern telah menciptakan banyak inspirasi dalam merancang ruang tamu mewah. Terdapat beberapa ide desain interior ruang tamu mewah di bawah ini. 

Beri Personalisasi pada Ruang

Desain interior ruang tamu mewah dapat diberi sentuhan personalisasi. Dengan menampilkan sentuhan kepribadian ke dalam ruang tamu, kesan mewah dapat meningkat dengan sentuhan kreatif yang unik, baik melalui seni, furniture, maupun koleksi pribadi. 

Berikan Panel Dinding dan Bahan Berkualitas Tinggi 

Panel dinding dapat menambah kesan dramatis dalam ruang tamu mewah. Begitu juga dengan penggunaan bahan berkualitas tinggi pada dinding seperti marmer. Kedua estetika dari elemen dekoratif ini dapat meningkatkan nuansa yang lebih mewah.

Menggunakan Lampu Gantung Besar

Lengkapi dekorasi ruang tamu mewah dengan lampu gantung besar yang berkarakter dan memiliki sentuhan seni. Tidak hanya untuk pencahayaan, lampu sangat menarik perhatian. Lampu gantung skulptural, chandelier, atau lampu geometris yang berkarakter, menambah tingkat kemewahan.

Gabungkan dengan Elemen Artistik

Karya seni merupakan jiwa dari ruang tamu mewah, mencerminkan selera pribadi dan menambahkan keunikan. Menyeimbangkan karya seni seperti patung atau lukisan klasik bersama campuran furniture lama dan baru, akan meningkatkan nuansa mewah pada ruang tamu.

Menyertakan Karpet 

Karpet yang luas menghidupkan area ruang tamu dengan sentuhan dramatis. Karpet sangat efektif ketika ditempatkan di bawah sofa dan side table untuk menciptakan sensasi yang menyelimuti serta mewah di bawah kaki. Ini juga menawarkan cara untuk menambahkan warna dan pola ke dalam ruangan.

Lengkapi dengan Furniture Klasik 

Tingkatkan status kemewahan ruang tamu dengan berinvestasi pada sebuah furniture klasik. Furniture ini memiliki bentuk yang megah dan detail ukiran rumit. Kursi sandaran tinggi, meja makan besar, dan lemari besar dengan cermin biasanya termasuk furniture klasik.

Eksplorasi Warna Bold

Walaupun ruang tamu mewah identik dengan palet warna netral, mengeksplorasi warna bold akan memberikan kesan mewah yang berbeda. Penuhi ruang tamu dengan warna kaya, deep, dan menggugah. Warna biru gelap, hijau, atau bahkan warna permata cerah dapat menambah lapisan kemewahan.

 

4 Hal yang Perlu Dipastikan Sebelum Memilih Desain Interior Ruang Tamu Mewah

Seperti mendesain ruang lainnya, desain interior ruang tamu mewah juga perlu disiapkan dengan matang, agar dengan jelas menampakkan kemewahannya. Berikut terdapat hal yang perlu dipastikan sebelum memilih desain interior ruang tamu mewah.

Memahami Karakteristik Desain Ruang Tamu Mewah

Untuk menciptakan ruang tamu mewah, penting untuk memahami elemen-elemen desainnya terlebih dahulu. Elemen-elemen ini meliputi keanggunan, kecanggihan, dan kenyamanan. Keanggunan dapat dicapai melalui penggunaan bahan berkualitas tinggi, seperti marmer, beludru, dan sutra. 

Kecanggihan dapat dicapai melalui pemilihan furniture yang cermat. Pada akhirnya, kenyamanan akan terwujud dengan mengintegrasikan elemen-elemen ini, dapat menciptakan ruang tamu yang mewah.

Merencanakan Palet Warna, Finishing, dan Material 

Pilih warna, finishing, dan tekstur yang sesuai dengan karakteristik kemewahan. Namun, jangan ragu untuk mencampur dan mencocokkan gaya yang dipersonalisasi. Selalu ingat untuk tetap menjaga keseimbangan antar elemen. 

Menyaring elemen finishing ini akan membantu dalam pencarian furniture dan dekorasi. Misalnya, untuk estetika mewah, warna netral, finishing besi dan kuningan, serta materia beludru, linen, dapat dipadukan. Selain itu, juga bisa melengkapi finishing tekstural seperti dengan lampu gantung.

Siapkan Floor Plan dan Detail Lainnya

Setelan menyusun rencana palet warna, finishing dan material, perlu siapkan juga detail penting seperti floor plan, rencana layout, serta furniture yang ingin ditempatkan. Memiliki floor plan dari ruang tamu mewah memberi gambaran yang jelas tentang kerangka arsitektur yang akan dikerjakan. 

Informasi ini memberi konteks yang berharga serta mengembangkan solusi desain yang disesuaikan untuk memaksimalkan potensi ruang tamu mewah. Semakin banyak detail yang dicatat secara teliti, semakin mudah mewujudkan ruang tamu mewah yang diinginkan.

Menentukan Anggaran

Anggaran akan menjadi hal yang paling penting dalam setiap mengerjakan desain interior, tidak terkecuali pada ruang tamu mewah. Walaupun ditujukan untuk membangun kemewahan, banyaknya anggaran bukan berarti sembarangan dalam berbelanja.  

Dalam desain interior ruang tamu mewah, menciptakan ruang yang mewah dan fungsional menjadi tujuan. Jadi, menentukan anggaran penting untuk mengetahui elemen apa saja yang mendukung gaya mewah ini. Desain interior mewah juga bisa diniatkan sebagai investasi melalui konsep dan perabot rumah.

 

Konsultasikan Desain Ruang Keluarga Anda Bersama Interbox

Desain interior pada sebuah hunian diawali dari ruang tamu. Pemilik rumah memiliki kebebasan dalam memilih gaya. Salah satunya yaitu mendesain ruang tamu dengan sentuhan mewah. Tidak harus selalu ada pada hunian mewah, desain ruang tamu mewah dapat diadaptasi oleh rumah dengan gaya apapun. 

Kini Anda dapat berkonsultasi langsung mengenai preferensi gaya desain ruang keluarga yang Anda inginkan bersama Interbox. Anda juga bisa mendapatkan interior living room secara Custom!

Ciptakan interior ruang keluarga impian dan buat semua bahagia!