Desain interior pada ruang keluarga atau living room perlu direncanakan secara matang. Pasalnya, living room merupakan ruang inti pada sebuah rumah yang digunakan sebagai tempat bersantai bersama keluarga dan kerabat. Terdapat berbagai macam pilihan gaya desain interior yang bisa diterapkan. 

Desain pada ruang keluarga menyesuaikan pada gaya rumah secara keseluruhan. Apakah desain ini bergaya minimalis, modern, Skandinavia, rustic, tradisional, modern farmhouse, shabby chic, eclectic, dan lain-lain. Simak berbagai gaya desain interior lainnya yang bisa menjadi inspirasi di bawah ini!

 

15 Ide Gaya Desain Interior untuk Ruang Keluarga atau Living Room

Desain interior pada ruang keluarga atau living room tidak hanya bertujuan untuk estetika, namun berfungsi untuk meningkatkan suasana relaksasi hingga produktivitas. Terlebih lagi, desain untuk living room ini dapat disesuaikan dengan preferensi penghuni. 

Gaya desain yang sesuai dengan selera maupun karakter keluarga, dapat meningkatkan kenyamanan serta kehangatan. Berikut terdapat beragam ide gaya desain interior pada living room

Minimalis

Ruang keluarga dengan desain interior minimalis berkonsep "less is more". Living room bergaya minimalis, mengedepankan kesederhanaan dan gagasan bahwa lingkungan rapi dapat meningkatkan ketenangan. Biasanya hanya memiliki elemen esensial, hingga ruangan terkesan lapang. 

Modern

Desain modern mengedepankan gaya sleek dan sophisticated, tanpa harus terlalu simple seperti gaya minimalis. Warna netral namun tegas, clean lines, dan pahatan semakin menonjolkan gaya modern. Material seperti kaca, logam, dan beton, seringkali digunakan untuk menciptakan ruang yang harmonis.

Mid-Century Modern

Gaya desain mid-century modern muncul pada pertengahan abad ke-20 dan masih populer hingga kini. Ruang keluarga dengan gaya ini menampilkan furniture berwarna yang dihiasi dengan detail kayu, clean lines, dan banyak ornamen, serta bentuk-bentuk organik.

Country

Desain interior country memiliki kesan santai dan nyaman yang diadaptasi dari suasana pedesaan. Palet warnanya mencakup pastel dan warna cerah. 

Balok terbuka, panel kayu, dan lantai kayu menjadi material klasik yang seringkali digunakan pada gaya country. Pada living room, gaya ini juga dapat menggabungkan elemen vintage dan aksesoris bekas. 

Tradisional

Desain tradisional untuk ruang keluarga dapat dicirikan dengan nuansa elegan dan klasik. Furniture, detail kayu, dan skema warna hangat menciptakan tampilan tradisional yang timeless. Desain tradisional sering menggunakan arches, columns, penutup jendela, dan ornamen eksentrik serta simetri.

 

>>> Cek Katalog Desain Interior Living Room Klasik

>>> Cek Katalog Desain Interior Living Room Minimalis

 

Modern Farmhouse

Desain modern farmhouse modern hampir menyerupai gaya country, namun menyematkan elemen kontemporer. Seperti penggunaan warna putih atau netral terang dengan tampilan yang lebih bersih. Material kayu daur ulang, keramik, logam, dan baskets dalam dekorasinya.

Shabby Chic

Living room dengan gaya shabby chic karakter homey yang indah dan nyaman. Shabby chic identik dengan aksesoris, dekorasi, dan penggunaan kain yang mendominasi. Warna putih dan warna pastel yang lembut, flower prints, aksen rumbai, seringkali diterapkan pada gaya ini.  

Coastal

15 Ide Gaya Desain Interior untuk Ruang Keluarga atau Living Room

Sumber: Pexels

 

Gaya desain interior coastal menampilkan warna-warna terang dan cerah, yang meniru lanskap pantai, seperti ombak, pasir, maupun langit. Untuk merefleksikan gaya ini pada ruang keluarga, material kayu, anyaman, rotan, serta warna biru, putih dan hijau terang diterapkan. 

Skandinavia

Berasal dari negara seperti Swedia, Norwegia, dan Denmark, gaya skandinavia pada living room memakai pendekatan minimalis. Skandinavia memadukan warna dinding netral dan elemen kayu serta furniture modern. Gaya ini fuga fokus pada clean lines, utilitas, dan furniture sederhana yang fungsional.

Rustic

Ruang keluarga berdesain rustic fokus pada nuansa alami, rough, dan tua. Sebagian besar furniture berasal langsung dari bumi oleh karena itu, memiliki sifat organik secara alami. Tekstil seperti kanvas, karung goni, wol, dan linen, hingga kulit hewan tiruan seringkali digunakan untuk menghidupkan gaya.

Asia

Clean lines, warna teratur, dan detail ornamen membentuk gaya desain asia. Kedamaian, keseimbangan, serta ketenangan dirasakan dalam interior living room bergaya asia. Ide gayanya terletak pada furniture berkualitas yang sederhana namun indah, serta ruang terbuka untuk menjaga keharmonisan.

Japandi

Japandi, gaya desain interior yang merupakan perpaduan antara desain minimalis Jepang dan Skandinavia. Desain japandi pada ruang keluarga berfokus pada clean lines, elemen alami dan fungsional, ruangan yang terang, serta warna netral untuk menciptakan suasana menenangkan.

Kontemporer

Gaya kontemporer berfokus pada garis-garis bersih yang dipadukan dengan warna dan pola yang kohesif. Desain interior kontemporer pada ruang keluarga dapat terlihat dari variasi antara berbagai elemen, tepi yang lebih tajam, desain trendy, dan furniture berukuran besar.

Eclectic

Gaya desain eklektik menggabungkan aspek dari beberapa gaya desain ke dalam satu ruang. Ini memiliki kombinasi furniture dan desain santai, namun terinspirasi dari berbagai pengaruh. Gaya ini biasanya mencakup warna dan pola yang cerah, serta aksen yang mengejutkan.

Transisional

Desain interior transisional memadukan furniture dan finishing tradisional serta kontemporer. Misalnya, elemen tradisional yaitu langit-langit berkubah, dipadukan dengan lampu gantung. Sifat dasar dari gaya ini menawarkan kebebasan yang cukup besar dalam hal kain dan pola grafis.

 

Baca juga:

 

4 Tips Memilih Gaya untuk Desain Interior Ruang Keluarga atau Living Room

Gaya desain interior pada ruang keluarga bisa dipilih sesuai selera. Tidak jarang banyak orang yang memadukan gaya hingga ruangan terlihat lebih menarik. Berikut tips memilih gaya untuk desain interior ruang keluarga.

Memahami Preferensi

Gali preferensi desain interior dengan mempertimbangkan warna, material favorit, dan suasana. Hadapkan dengan pertanyaan seperti apakah lebih suka dengan warna-warna berani atau lebih lembut. Selain itu, lebih memilih gaya modern atau tradisional, dan pertanyaan lainnya. 

Mengeksplorasi Berbagai Gaya Desain

Setelah menentukan preferensi, jelajahi berbagai gaya desain interior. Mulai dari gaya minimalis, modern, tradisional, skandinavia, mid-century modern, shabby chic, dan lain-lain. Mengeksplorasi berbagai gaya untuk living room, bertujuan untuk menemukan gaya apa yang sejalan dengan preferensi.

Pilihan Palet Warna

Warna merupakan aspek krusial dalam menentukan gaya desain interior untuk ruang keluarga. Warna memiliki kekuatan untuk mengubah dan meningkatkan suasana ruangan. Misalnya tone warna hangat seperti merah dan oranye, atau nuansa dingin seperti biru atau ungu. 

Pemilihan Tekstur dan Material

Selain warna, tekstur dan material yang digunakan dapat menjadi pertimbangan saat ingin menerapkannya pada living room. Memahami bagaimana berbagai tekstur dan material mempengaruhi indera sangat penting dalam menciptakan desain yang unik serta mencerminkan preferensi pribadi.

 

Konsultasikan Desain Ruang Keluarga Anda Bersama Interbox

Ruang keluarga atau living room menjadi ruang penting untuk diterapkan desain interior, karena menjadi pusat dalam sebuah hunian. Berbagai macam pilihan gaya dapat dipilih maupun dipadukan. Mulai dari gaya minimalis, modern, kontemporer, tradisional, country, eclectic, coastal, japandi, dan lain-lain. 

Sekarang Anda dapat berkonsultasi langsung mengenai preferensi gaya desain ruang keluarga yang Anda inginkan bersama Interbox. Anda juga bisa mendapatkan interior living room secara Custom!

Ciptakan interior ruang keluarga impian dan buat semua bahagia!