Bangunan yang berdiri dengan tegak merupakan hasil dari proses panjang yang telah direncanakan. Salah satu proses untuk mencapai itu salah satunya adalah konstruksi. 

Seluruh bangunan yang hari ini ada merupakan hasil dari konstruksi yang melibatkan berbagai tahapan khusus dan tenaga kerja yang ahli dalam pembuatan struktur bangunan.

Artikel ini akan membahas lebih dalam lagi tentang konstruksi. Simak semua penjelasannya di bawah ini!

 

Apa yang Dimaksud dengan Konstruksi?

Saat ini arti konstruksi sudah sangat luas. Bahkan konstruksi juga dapat didefinisikan sebagai salah satu industri utama dalam perekonomian global yang berfokus pada pembangunan, perencanaan, dan pengelolaan proyek-proyek.

Ini mencakup segala hal, mulai dari membangun menara atau gedung-gedung tinggi hingga mengembangkan infrastruktur lain yang sama kompleksnya. Maka dari itu, konstruksi membutuhkan pemahaman mendalam tentang teknik, manajemen proyek, hukum konstruksi, dan berbagai jenis material.

 

Jenis-Jenis Konstruksi Bangunan

Dalam konstruksi terdapat banyak sekali jenisnya. Masing-masing memiliki karakteristik dan persyaratan khusus. Berikut beberapa jenis konstruksi yang umum.

Konstruksi Bangunan Sipil

Jenis konstruksi ini mencakup pembangunan bangunan komersial, perumahan, dan industri. Konstruksi bangunan sipil merupakan jenis konstruksi yang paling dikenal oleh masyarakat umum.

Hal itu dikarenakan hasil bangunannya akan sangat dekat dengan aktivitas banyak orang dengan melibatkan proyek-proyek seperti apartemen, kantor, sekolah, dan rumah sakit. Jenis ini umumnya melibatkan banyak sub-kontraktor, pekerja tukang, dan prosesnya terstruktur dengan baik.

Konstruksi Bangunan Infrastruktur

Konstruksi infrastruktur fokus pada pembangunan proyek-proyek yang mendukung fungsi masyarakat yang lebih luas. Ini mencakup proyek-proyek seperti pembangunan jalan, jembatan, bandara, pelabuhan, rel kereta api, dan saluran air.

Konstruksi infrastruktur biasanya melibatkan rencana jangka panjang dan kerjasama dengan pemerintah. Namun bukan berarti tidak bisa bekerjasama dengan pihak swasta seperti pengusaha lainnya.

Konstruksi Bangunan Industri Berat

Konstruksi industri berat melibatkan proyek-proyek yang terkait dengan produksi dan pengolahan barang, seperti pabrik hingga fasilitas penyimpanan besar. Proyek pembangunan ini sering melibatkan struktur baja besar dan peralatan industri canggih.

Konstruksi Bangunan Lingkungan

Konstruksi lingkungan fokus pada proyek-proyek yang berdampak langsung pada lingkungan. Ini mencakup pembangunan berbagai fasilitas seperti pengolahan limbah hingga instalasi pembangkit listrik terbarukan.

Proyek pembangunan hijau lainnya yang bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan dan biasanya akan diperhatikan juga sisi sustainability-nya.

Konstruksi Bangunan Komersial

Konstruksi komersial umumnya melibatkan bangunan seperti pusat perbelanjaan, hotel, restoran, dan ruang perkantoran. Ini biasanya berkaitan dengan sektor swasta dan melibatkan banyak persaingan. Sehingga tidak jarang, Anda menemukan jenis konstruksi komersial yang berdekatan jaraknya dengan fungsi yang sama.

 

Baca juga:

 

8 Tahapan pada Konstruksi Bangunan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa konstruksi merupakan sebuah proses. Konstruksi yang kompleks dan melibatkan berbagai tahapan yang terorganisir dengan baik.

Tahapan-tahapan ini akan memastikan bahwa sebuah bangunan atau struktur dapat dibangun dengan aman, efisien, dan sesuai dengan rencana. Berikut beberapa tahapan konstruksi bangunan, di antaranya.

1. Perencanaan dan Perizinan

Tahap awal dalam konstruksi adalah perencanaan. Ini mencakup perumusan rencana konstruksi, desain bangunan, hingga perizinan yang diperlukan dari otoritas setempat. Di sini, birokrasi dan dokumentasi konstruksi seperti gambar teknik serta spesifikasi bangunan akan dibuat.

2. Persiapan Area

Sebelum konstruksi benar-benar dimulai, area pembangunan harus disiapkan. Ini termasuk membersihkan area konstruksi, menyiapkan dasar, hingga memasang sistem drainase jika diperlukan. Mempersiapkan area konstruksi juga menjadi kunci untuk memastikan bangunan berdiri dengan kuat dan tahan lama.

3. Fondasi

Fondasi adalah elemen struktural yang mendasari seluruh bangunan. Ada beberapa jenis fondasi, termasuk fondasi cakram, fondasi tiang, dan fondasi balok. Fondasi perlu dirancang dengan cermat serta dibangun dengan ketelitian untuk menjaga stabilitas selama proses konstruksi berjalan.

4. Struktur Bangunan

Tahap ini melibatkan pembangunan struktur utama bangunan. Ini termasuk kerangka bangunan, dinding, lantai, dan atap. Material konstruksi yang digunakan dalam tahap ini sangat bervariasi, termasuk kayu, baja, beton, dan bahan lainnya sesuai dengan desain hingga tujuan pembangunan.

5. Pengerjaan Interior

Setelah kerangka bangunan selesai, pekerjaan interior dimulai. Ini mencakup pemasangan jendela, pintu, sistem listrik, pipa, pencahayaan, pemanas, dan pendingin udara.Selain itu, tahap ini juga mencakup penyelesaian dinding hingga lantai yang sebelumnya sudah dikerjakan dasarnya. 

6. Penyelesaian Eksterior

Penyelesaian eksterior melibatkan penyelesaian seperti pengecatan, pemilihan material luar, atap, dan lanskap. Tujuannya untuk memberikan tampilan estetika yang sesuai dengan kebutuhan pemilik. Tahapan ini bisa saja berjalan bersamaan dengan pengerjaan interior. 

7. Pengujian dan Inspeksi

Setelah konstruksi selesai, bangunan harus diuji dan diinspeksi untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik dan sesuai dengan standar keselamatan. Ini melibatkan pengujian sistem listrik, sistem pipa, pemanas, pendingin udara, dan berbagai komponen lainnya, termasuk bagaimana kinerja atap ketika terjadi hujan.

8. Penyelesaian dan Penyerahan

Tahap akhir, yakni penyelesaian dan penyerahan bangunan kepada pemilik. Ini mencakup pemenuhan persyaratan kontrak, pembayaran terakhir, dan penyerahterimaan resmi bangunan. Pada tahap ini tidak jarang juga dilakukan secara resmi, misal dengan potong pita, penandatanganan batu, dan lainnya.

 

Tujuan Konstruksi Bangunan

Setelah mempunyai bayangan mengenai tahapan konstruksi, sekarang Anda perlu memantapkan kembali terkait dengan tujuan dari konstruksi yang akan dilakukan. Karena tujuan dari konstruksi sangat bervariasi dan dapat berkaitan dengan berbagai aspek. Berikut beberapa tujuannya.

Membangun Tempat Tinggal dan Komersial

Salah satu tujuan utama konstruksi, yakni untuk menciptakan tempat tinggal dan bangunan komersial yang nyaman serta aman bagi masyarakat. Proyek-proyek konstruksi di bidang ini termasuk pembangunan rumah, apartemen, perkantoran, pusat perbelanjaan, restoran, dan banyak lagi.

Pembangunan Infrastruktur Publik

Konstruksi juga berperan dalam pembangunan infrastruktur publik yang mencakup pembangunan jalan, jembatan, jaringan listrik, saluran air bersih, dan fasilitas umum lainnya. Dengan kata lain memastikan adanya infrastruktur yang memadai untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan mobilitas masyarakat.

Modernisasi dan Renovasi

Proyek konstruksi juga berperan dalam modernisasi dan renovasi bangunan atau fasilitas yang sudah ada. Ini termasuk perbaikan dan peningkatan keamanan, efisiensi energi, serta fungsi bangunan lama agar tetap relevan dan sustain.

Pengembangan Wilayah dan Urbanisasi

Konstruksi juga merupakan alat penting dalam pengembangan wilayah dan urbanisasi. Misalnya dengan pembangunan kawasan baru, pemukiman perumahan, dan pusat bisnis di area yang sebelumnya belum berkembang untuk menciptakan pusat pertumbuhan ekonomi baru dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

 

Konsultasikan Gratis Pembangunan Anda dengan Interbox

Dalam konstruksi akan melibatkan interior dan eksterior. Keduanya harus dilakukan oleh ahlinya pada setiap proses atau tahapannya. Kompleksitas konstruksi meliputi tujuan, jenis dan tahapan yang bila tidak cermat perencanaan dan pengerjaannya bisa jadi akan menghambat konstruksi. Maka dari itu, sebaiknya diserahkan pada pemilik jasa pada bidang pembangunan, seperti Interbox

Karena Interbox, selain menghadirkan jasa desain interior dengan ratusan Desainer dan ribuan desain, Interbox juga akan dapat membantu Anda menciptakan dengan proses pembangunan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Anda cukup mengunjungi Interbox.id sekarang untuk langsung merasakan kemudahaan layanan interior terlengkap di Indonesia dan mancanegara!