Merancang dan mendesain interior apartemen, tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Terkadang kesalahan-kesalahan dapat terjadi dan dapat berdampak signifikan pada hasil akhir.

Untuk menciptakan ruangan yang indah, fungsional, dan nyaman, penting untuk memahami kesalahan umum yang sering terjadi dalam desain interior apartemen dan bagaimana mencegahnya. Artikel ini akan membahas beberapa kesalahan yang bisa saja terjadi ketika mendesain interior apartemen, serta memberikan beberapa cara efektif untuk pencegahannya.

 

Daftar Kesalahan dalam Desain Interior Apartemen

Berikut beberapa kesalahan-kesalahan dalam desain interior apartemen yang sebaiknya sudah Anda ketahui dan dapat mencegahnya lebih dulu.

 

Kurangnya Perencanaan

Pertama dan salah satu kesalahan terbesar dalam desain interior apartemen adalah kurangnya perencanaan yang matang. Tanpa perencanaan yang baik, Anda mungkin akan membuat keputusan impulsif yang tidak koheren dan akhirnya memungkinkan terjadinya rusaknya tampilan seluruh ruangan.

 

Overcrowding

Memaksakan terlalu banyak furniture dan dekorasi ke dalam ruangan yang kecil adalah kesalahan lain yang umum terjadi. Ini dapat membuat ruangan terasa sesak dan tidak nyaman. Apalagi kalau luas ruangan apartemen Anda tidak cukup besar. Maka diperlukan perhatian lebih terhadap skala ruangan dan proporsi furniture atau dekorasinya.

 

Tidak Mengoptimalkan Pencahayaan

Pencahayaan yang buruk dapat mengubah suasana dalam ruangan apartemen Anda. Tidak mempertimbangkan pencahayaan secara matang, baik yang alami ataupun buatan dengan baik akan dapat mengurangi kualitas keseluruhan desain. Terkesan minor tapi untuk beberapa gaya desain, poin ini bisa jadi sangat krusial.

 

Pemilihan Warna yang Salah

Memilih warna cat yang salah atau menggunakan terlalu banyak warna yang berbeda dapat menciptakan tampilan yang kacau dan tidak harmonis. Hal ini biasa terjadi pada tipe ruangan apartemen yang luas dan memiliki beberapa sisi ruangan di dalamnya.

 

Lupa Memikirkan Fungsionalitas

Desain interior harus juga dipikirkan fungsionalitasnya. Lupa untuk mempertimbangkan kebutuhan yang sesuai dengan rutinitas Anda saat melakukan desain interior dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Maka, perlu diseimbangkan pula antara sisi estetis dan fungsional. 

 

Kurangnya Penyimpanan

Tidak menyediakan cukup ruang penyimpanan adalah kesalahan yang sering terjadi. Minimnya luas ruangan pada apartemen, maka diperlukan ruang penyimpanan yang cukup banyak.

Anda harus paham kebutuhan ruang penyimpanan pribadi, agar tidak memunculkan masalah baru, seperti bertambahnya furniture untuk penyimpanan hingga menjadi sempitnya ruangan apartemen Anda.

 

Tidak Memperhatikan Detail Kecil

Terakhir dan yang paling penting. Detail kecil seperti pemilihan bahan, hiasan, atau aksesori dapat membuat perbedaan besar dalam tampilan ruangan. Jadi, penting bagi Anda untuk dapat memperhatikan beragam detail kecil pada desain interior apartemen Anda.



Baca juga:

 

2 Cara Mencegah Kesalahan Desain Interior Apartemen Anda

Selanjutnya giliran menemukan cara untuk mencegah terjadinya kesalahan pada saat melakukan desain interior pada apartemen Anda. Berikut di antaranya.

 

Tetapkan Preferensi

Pencegahan pertama adalah perencanaan yang matang. Namun sebelum itu, penting juga bagi Anda untuk mencari tahu preferensi yang dibutuhkan. Jadi, Anda akan merencanakan gaya, anggaran, dan tujuan dengan jelas saat ingin mendesain interior apartemen Anda. 

Ini juga termasuk memperhatikan luasnya ruangan, pencahayaan yang baik hingga pemilihan warna dengan tepat. Setelah itu, Anda dapat memastikan juga bahwa fungsionalitas dari keseluruhan ruangan adalah sama pentingnya dengan nilai estetis. Akan sangat banyak hal yang harus Anda pastikan apabila ingin melakukan desain interior apartemen Anda sendirian.

 

Gunakan Jasa Desain Interior

Meskipun pada akhirnya Anda yang akan menghuni apartemen tersebut, tentu bijak bagi Anda apabila menyerahkan urusan desain interior apartemen kepada ahlinya. Bukan hanya karena efektifitas waktu yang Anda akan dapat tapi lebih dari itu. 

Ketidakpahaman atau ketidakyakinan Anda dalam mendesain interior apartemen mungkin hanya akan memunculkan masalah. Khususnya dalam hal-hal yang lebih mendetail, seperti perencanaan ruang penyimpanan yang cukup hingga pemilihan aksesoris atau material ruangan yang dapat memberikan sentuhan sempurna bagi apartemen Anda.

 

Temukan Kebutuhan Jasa Desainer Interior Anda di Interbox

Desain interior apartemen menjadi proses yang kompleks dan banyak memerlukan perhatian mendetail serta matang. Dengan memahami kesalahan-kesalahan umum yang sering terjadi dalam desain interior apartemen dan mengambil langkah-langkah untuk mencegahnya, Anda akan lebih tenang selama prosesnya berlangsung. 

Apabila Anda ragu untuk melakukannya sendiri, kini, Anda sudah selangkah lebih dekat dengan desain interior idaman untuk apartemen Anda. Cukup dengan mengunjungi website Interbox, Anda akan menemukan marketplace jasa desain interior yang lengkap, mudah, dan aman!