Semakin berkembangnya zaman, beriringan juga berbagai konsep menarik dan baru dalam hal interior, khususnya desain. Banyak konsep yang tercipta karena disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan dari setiap ruangan. 

Misalnya saat ini, dalam desain interior rumah, open space masih menjadi tren. Ketika ruangan yang lebih terbuka, lebih mudah untuk berbagi momen dalam menikmati lingkungan yang menyatu satu sama lain. 

Untuk penjelasan lengkapnya, simak seluruh artikel ini hingga selesai ya!

 

Apa itu Konsep Desain Interior Open Space?

Konsep desain interior open space adalah pendekatan yang menghilangkan sekat atau batasan fisik antara ruang-ruang di dalam suatu bangunan. Ide dasarnya adalah menciptakan ruang yang terbuka dan mengalir, di mana fungsi-fungsi berbeda saling terhubung tanpa dinding pemisah yang kaku.

Konsep ini memberikan kesan luas, ringan, dan modern pada suatu ruangan. Selain itu, nuansa gaya minimalis juga akan sangat terasa ketika mengimplementasikan ini di rumah. 

 

Benefit Mengimplementasikan Konsep Desain Interior Open Space?

Lalu, apa saja manfaat atau keuntungan dari implementasi konsep desain interior open space pada rumah? Berikut di antaranya.

Terasa Lebih Luas dan Terang

Menghilangkan dinding pemisah memberikan kesan ruangan yang lebih besar. Selain itu juga akan memungkinkan cahaya alami untuk meresapi ruang dengan lebih baik.

Fleksibilitas dalam Penataan Ruangan

Open space memungkinkan fleksibilitas dalam penataan dan penggunaan ruang. Anda dapat dengan mudah mengubah fungsi ruangan tanpa batasan dinding yang umumnya ada pada ruangan di dalam rumah.

Interaksi yang Lebih Baik

Dengan tidak adanya dinding, interaksi antara penghuni rumah menjadi lebih mudah. Ini menciptakan atmosfer yang lebih terbuka dan ramah.

Meningkatkan Sirkulasi Udara

Desain tanpa dinding memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik. Dengan begitu akan menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman.

 

Ruangan yang Cocok dengan Konsep Desain Interior Open Space

Setelah mengetahui beragam manfaatnya, berikut ini beberapa ruangan yang akan sangat cocok ketika hendak diimplementasikan dengan konsep open space.

Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Menerapkan konsep open space di ruang tamu atau ruang keluarga akan memberikan kesan welcoming. Dengan begitu juga akan membuat tamu merasa lebih nyaman.

Ruang Dapur dan Ruang Makan

Mengintegrasikan ruang dapur dan ruang makan menciptakan aliran kerja yang lebih lancar. Hal ini juga akan memungkinkan meningkatnya kebersamaan saat makan.

Kantor atau Ruang Kerja

Konsep open space di ruang kerja menciptakan lingkungan yang terbuka dan kolaboratif. Ini akan memudahkan Anda dalam menjangkau setiap kebutuhan pekerjaan Anda.

Ruang Kreatif atau Studio Seni

Bagi Anda yang membutuhkan ruangan dengan penuh inspirasi dan kreativitas, konsep open space akan menciptakan aliran energi yang positif dan bebas.

 

Hal yang Perlu Diperhatikan dari Konsep Desain Interior Open Space

Kemudian, ada beberapa hal juga yang mesti Anda perhatikan dari konsep desain interior open space, berikut di antaranya. 

Penempatan Fungsi-Fungsi Secara Bijak

Meskipun tanpa dinding, tetap perlu mempertimbangkan penempatan fungsi-fungsi tertentu agar tetap nyaman dan maksimal dalam setiap penggunaannya.

Pertimbangkan Privasi

Beberapa aktivitas mungkin memerlukan privasi. Pertimbangkan elemen desain atau partisi yang dapat dibuka dan ditutup untuk memberikan opsi privasi bagi Anda.

Estetika yang Konsisten

Meskipun terbuka, pastikan elemen desain dan dekorasi memberikan kesan estetika yang konsisten serta harmonis di seluruh ruangan.

 

Adakah Perbedaan Konsep Open Space, Open Plan, dan Open Floor dalam Interior Desain?

Nah setelah mengetahui secara lengkap mengenai konsep open space. Sekarang waktunya mengetahui perbedaan secara singkat dengan open plan dan open floor dalam desain interior.

Open Space

Seperti yang sudah dijelaskan di atas. Open space mengacu pada integrasi ruang tanpa pembatas fisik, termasuk penggabungan fungsi dan ruangan tanpa dinding.

Open Plan

Berbeda sedikit dari yang sebelumnya, open plan menekankan pada penggabungan ruang yang biasanya terpisah. Misalnya seperti menggabungkan dapur, ruang makan, dan ruang keluarga.

Open Floor

Begitupun open floor, yang lebih menekankan pada layout tanpa dinding. Dimana konsep ini akan menciptakan ruangan yang luas dan sering kali berkonsep minimalis.

 

Konsultasikan Desain Interior Ruangan Impian Anda Hanya di Interbox

Konsep desain interior open space menawarkan kombinasi inovasi dan kenyamanan dengan memberikan fleksibilitas ruang yang luar biasa. Dengan memahami karakteristiknya, pengguna dapat menggabungkan elemen-elemen ini ke dalam rumah mereka, menciptakan lingkungan yang tak hanya nyaman tetapi juga estetis.

 

Jadi, sudah siapkah Anda memiliki ruangan dengan desain interior yang sesuai dengan impian Anda? Konsultasikan sekarang juga preferensi dapur impian Anda dengan Interbox.



Anda juga akan menemukan marketplace interior yang lengkap, mudah, dan aman. Selamat merancang rumah impian Anda dengan konsep open space yang terinspirasi!