Ruang keluarga atau yang dikenal dengan living room merupakan jantung dari setiap rumah. Desain interior pada living room perlu disesuaikan untuk menikmati waktu bersama keluarga, hingga menjamu tamu. Desain interior mampu menentukan suasana dan dekorasi rumah. 

Ruang juga tempat untuk menunjukkan kreativitas dan estetika, dengan bereksperimen dengan palet warna, lapisan tekstur, pola, serta berbagai tata letak furniture. Untuk mengetahui manfaat dan pentingnya mendesain ruang keluarga lainnya, simak pembahasannya disini, ya!

 

Apa itu Ruang Keluarga atau Living Room?

Living room atau ruang keluarga adalah ruangan yang digunakan untuk berkegiatan santai seperti duduk, membaca, menonton televisi, atau berbincang dengan keluarga. Living room menjadi ruang penting di rumah, dimana semua anggota keluarga berkumpul dan menghabiskan waktu bersama. 

Living room dilengkapi dengan sofa, kursi, televisi, dekorasi dinding, perlengkapan pencahayaan, dan barang dekoratif lainnya. Ruang keluarga dapat juga dimanfaatkan sebagai area multifungsi seperti bermain anak-anak, maupun aktivitas hiburan lainnya, hingga sesekali sebagai tempat makan.

 

Bedanya Ruang Keluarga atau Living Room dengan Ruang Tamu

Definisi ruang tamu adalah tempat dimana tamu disambut dengan menyediakan makanan dan minuman, serta duduk bersama dengan keluarga. Ruang tamu merupakan elemen rumah yang penting dan aset berharga bagi pemilik, serta sebagai tempat purposeful event di rumah. 

Penempatan furniture dan objek, diperhatikan saat merencanakan ruang tamu. Warna dinding dan furniture lainnya juga harus diperhatikan. Konsep ruang tamu seringkali bergantung pada gaya interior rumah. 

Sementara itu, konsep living room relatif sederhana. Bagi kebanyakan orang, living room berfungsi lebih dari sekadar tempat berkumpul keluarga. Ruangan ini sering menjadi pusat sosial dimana teman dan kerabat berkumpul untuk makan malam, serta kegiatan hiburan lainnya. 

Biasanya living room dilengkapi oleh foto keluarga. Ruang ini juga menyoroti penggunaan furniture yang lebih nyaman dan kasual, hingga penggunaan warna yang menarik. Seperti ottoman dan kabinet dengan warna senada. Dekorasi ruang keluarga juga lebih personal seperti adanya lukisan dan karpet.

 

Kenapa Penting Mendesain Ruang Keluarga atau Living Room?

Desain ruang keluarga dapat menentukan suasana untuk seluruh rumah. Ruang keluarga harus memiliki karakter dan terasa mengundang bagi penghuni rumah. Living room dengan desain yang tepat akan sangat berfungsi untuk menghabiskan waktu dengan keluarga.

Living room merupakan perpaduan antara gaya dan fungsi. Estetika ini terinspirasi dari interior yang ringan, dimana bentuk skulptural dan ruang fleksibel sangat penting untuk menciptakan suasana santai.

Warna menjadi bagian penting dari desain di area manapun. Dengan palet warna, suasana living room bisa tercipta dan memberikan tampilan pada ruang tersebut. Menciptakan ruang keluarga dengan desain yang berani dan tekstur menarik, dapat membuatnya terasa lebih besar.

 

3 Manfaat Mendesain Ruang Keluarga atau Living Room

Desain interior penting diterapkan pada setiap ruangan di dalam rumah, tidak terkecuali ruang keluarga. Berikut beberapa manfaat mendesain living room atau ruang keluarga.

Memiliki Tempat Berkumpul yang Nyaman

Mendesain living room menjadi cara untuk membangun ruang fungsional yang nyaman sebagai tempat berkumpul keluarga. Adanya sofa, kursi, dan ottoman, menghadirkan kenyamanan untuk bersantai setelah seharian beraktivitas. 

Meningkatkan Mood

Ruang keluarga menjadi tempat bersantai dengan pencahayaan, yang dapat meningkatkan suasana ruangan. Pencahayaan tepat dapat memperbaiki suasana hati dan kesehatan mental secara keseluruhan. Cahaya alami dan lampu yang diatur memberikan suasana hangat. 

Membangun Ruang Hiburan

Ruang keluarga yang didukung desain interior serta tata letak yang cermat, akan menyediakan banyak ruang untuk mengadakan pertemuan dan menghibur tamu. Ruang ini menawarkan fleksibilitas untuk berbagai aktivitas, pengaturan tempat duduk, furniture, hingga memasang home theater.

 

5 Hal yang Perlu Dipastikan Sebelum Mendesain Ruang Keluarga atau Living Room

Hal yang Perlu Dipastikan Sebelum Mendesain Ruang Keluarga atau Living Room

Sumber: Pexels

 

Karena berperan besar dalam menciptakan kehangatan keluarga, living room perlu dibangun dengan rencana yang matang. 5 hal yang perlu dipastikan sebelum mendesain living room. 

Pilih Layout Terbuka

Living room sebaiknya memiliki ukuran lebih luas dibandingkan bagian lain dari rumah. Karena, disinilah tempat berkumpul bersama keluarga, kerabat, dan teman-teman. Selain itu, ruang ini menjadi tempat bersantai yang dapat mengurangi stres dan memulihkan diri. 

Oleh karena itu, layout terbuka tanpa banyak sekat sangat ideal untuk living room. Hal ini memungkinkan penghuni menggunakan ruang secara efektif serta memberikan kesan luas dan megah. 

Cari Sumber Pencahayaan

Pencahayaan sangat penting dalam meningkatkan kenyamanan ruang keluarga. Cahaya alami dari sinar matahari langsung secara otomatis membawa kesegaran dan keceriaan. Memiliki jendela di ruang keluarga akan membiarkan cahaya alami masuk dan membuat ruang tamu terang. 

Selain cahaya alami, buatlah cahaya buatan dari lampu. Di samping sebagai sumber cahaya, lampu akan meningkatkan estetika ruangan. Menambahkan lampu pada plafon gantung dan lampu latar akan memberikan tampilan yang memukau pada ruang keluarga.

Tentukan Titik Fokus

Dalam desain living room klasik atau modern, menentukan titik fokus sangatlah penting. Titik fokus merupakan elemen yang menarik perhatian dan difokuskan dalam suatu ruangan. Tidak ada aturan pasti saat menentukannya titik ini. 

Titik fokus pada ruang keluarga dapat berupa aksesori orisinil, lukisan, dinding berwarna, karya desain, piano besar, hingga unit TV, atau elemen lain yang menarik perhatian ketika pertama kali memasuki ruangan.

Memilih Furniture

Furniture menjadi faktor utama dalam setiap ruangan, tidak terkecuali ruang keluarga. Furniture berperan sepenuhnya mendefinisikan dan mengubah tampilan interior living room. Memilih furniture dengan cermat sangat dianjurkan, seperti berinvestasi dalam memilih perangkat tempat duduk.

Tempat duduk seperti sofa, kursi, dan meja akan sangat mempengaruhi gaya ruangan, serta mampu memberikan kenyamanan. Jadi, menjadi selektif saat memilih set furniture yang sesuai dengan gaya dan suasana sangat penting. 

Mempersiapkan Rancangan Warna

Setiap warna membawa berbagai makna bagi ruangan, serta berperan penting dalam mengatur suasana dan suasana hati. Memilih warna sesuai preferensi dan gaya rumah merupakan hal yang krusial saat membangun living room. 

Nuansa netral paling sering dipilih karena memberikan perasaan tenang dan damai. Merencanakan palet warna untuk ruang keluarga akan membantu melengkapi hal-hal lain, seperti sofa dan furniture yang sesuai dengan interior ruang keluarga.

 

Konsultasikan Interior Ruang Keluarga Anda Bersama Interbox

Melakukan desain interior ruang keluarga sangat penting dilakukan. Pasalnya, ruang ini menjadi area utama yang seringkali digunakan untuk berbagai aktivitas keluarga. Desain yang sesuai akan menambah kehangatan dan keceriaan di dalam rumah. 

Sebelum mendesain living room, beberapa hal perlu dipastikan. Mulai dari pemilihan tata letak, adanya sumber cahaya dari jendela dan lampu, menentukan titik fokus, pemilihan furniture, hingga mempersiapkan palet warna sesuai preferensi serta gaya ruangan.

Sekarang Anda dapat berkonsultasi langsung tentang preferensi ruang keluarga yang Anda inginkan bersama Interbox. Anda juga bisa mendapatkan interior living room secara Custom!

Ciptakan interior ruang keluarga impian dan buat semua bahagia!