Dahulu, home office menjadi ruangan pelengkap yang hanya ada di dalam rumah mewah saja. Namun, seiring berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang. Hal ini mengubah aktivitas kerja secara drastis, yang mengharuskan semua orang menyesuaikan diri dengan cara kerja yang baru.  

Pekerjaan pun bisa diselesaikan dimanapun, tidak harus selalu di kantor. Maka, sekarang penting untuk mendesain home office di rumah. Ruang kerja perlu dibangun sesuai dengan preferensi, karena penting dalam meningkatkan kenyamanan dan produktivitas.

Lalu, apa manfaat lain dari membuat ruang kerja di rumah? Bagaimana tips melakukan desain home office? Temukan jawabannya melalui artikel di bawah ini.

 

Apa itu Home Office?

Home office adalah ruang yang ditentukan di kediaman seseorang untuk melakukan aktivitas pekerjaan. Home office menyediakan ruang kerja dari rumah bagi penghuni yang bekerja sendiri atau bekerja jarak jauh (remote).

Artinya, home office memiliki fasilitas yang mirip dengan kantor, namun lebih sederhana. Ruang kerja dalam rumah ini menjadi populer sejak pandemi Covid-19. Pandemi mengharuskan ekosistem bisnis mengadopsi model kerja remote, seperti work from home.

 

Pentingnya Mendesain Home Office

Tidak dipungkiri lagi bahwa dunia kerja sangat mempengaruhi kesehatan fisik maupun mental. Maka, lingkungan kerja yang suportif dibutuhkan. Lingkungan positif tidak hanya dihasilkan dari hubungan manusia saja, namun, desain interior kantor yang tepat dapat membantu menciptakan lingkungan sehat.

Di samping itu, sejak work from home atau kerja remote menjadi tren, kesehatan fisik dan mental menjadi lebih baik. Menurut sebuah survei, 93% responden mengaku bahwa bekerja remote berdampak positif pada kesehatan mental, dan 90% berkata bahwa kondisi fisik jadi lebih sehat. 

Dengan kedua penemuan diatas, dapat disimpulkan bahwa mendesain kantor sangat penting, khususnya, bagi home office. Home office yang di desain dengan tepat mampu mendorong lingkungan positif dan sehat. Hal ini tentu dapat meningkatkan produktivitas. 

 

Baca juga:

 

4 Manfaat Melakukan Desain Home Office

Membuat ruang kerja di rumah dapat mempengaruhi produktivitas, dan membuat lingkungan kerja yang inspiratif. Berikut manfaat melakukan desain home office

Memisahkan Work Life dan Home Life

Salah satu tantangan bekerja di rumah yaitu sulitnya fokus karena pengaruh kegiatan rumah lainnya yang dapat mengganggu. Dengan mendesain home office artinya memiliki ruang khusus yang akan memisahkan aktivitas kerja dan kehidupan rumah. 

Meningkatkan Produktivitas

Home office menyediakan area khusus dimana seseorang dapat fokus bekerja, dan bebas dari gangguan. Mendesain ruang kerja di rumah akan berpengaruh pada tingkat konsentrasi. Setelah melakukan desain dengan tema yang diinginkan, ini akan meningkatkan produktivitas kerja.

Sarana Ekspresi Diri

Mengatur desain home office menjadi sarana mewujudkan ekspresi diri. Seseorang mempunyai kebebasan memilih tema ruangan yang diinginkan. Mulai dari pemilihan furniture sesuai selera dan mendukung produktivitas, hingga memperindah ruang dengan dekorasi, karya seni, atau tanaman.

Meningkatkan Kesehatan Fisik dan Mental

Ruang kantor yang dirancang dengan baik dengan meja ergonomis dan kursi yang nyaman tidak hanya mempromosikan postur yang baik tetapi juga mendukung kesejahteraan fisik. Dengan fisik yang sehat, maka, kesehatan mental juga dapat terjaga.

 

>>> Lihat Katalog Desain Interior Home Office Japandi

>>> Lihat Katalog Desain Interior Home Office Minimalist

 

5 Tips Melakukan Desain Home Office

Desain Interior Home Office

Sumber: Pexels

 

Desain home office yang tepat perlu diwujudkan, khususnya bagi seorang yang bekerja remote secara full time. Berikut terdapat tips untuk melakukan desain home office.

Fokus Pada Pemilihan Meja Terlebih Dahulu

Meja merupakan furniture utama yang wajib tersedia saat ingin melakukan desain home office. Bahkan, meja dibutuhkan pada ruangan kerja yang terbatas. Aktivitas pekerjaan umumnya menggunakan meja, maka, pilih desain meja yang mengedepankan kenyamanan pengguna. 

Apabila ruangan terbatas, terdapat meja ergonomis yang dapat menjadi solusi. Jika ruangan kerja lebih luas, meja built-in dapat dipilih. Jangan lupa untuk menyesuaikan jenis meja dengan warna ruangan maupun tema yang dipilih. 

Atur Pencahayaan

Masalah pencahayaan sangat penting dalam home office. Ruangan merupakan tempat yang minim cahaya, maka perlu membuat pencahayaan mandiri. Hal ini untuk meningkatkan kenyamanan, dengan menjaga mata agar tetap sehat. 

Tidak hanya masalah kenyamanan, pemilihan lampu juga perlu dipikirkan. Mulai dari fungsi, hingga desain. Letakkan lampu gantung atau chandelier, yang dipadukan dengan lampu meja. Beberapa spot lain juga perlu dipasang lampu seperti lampu dinding, dan lampu pada rak buku. 

Letakkan Rak Buku atau Rak Serbaguna

Rak berguna untuk mengatur peralatan kerja serta dokumen-dokumen penting agar ruangan terlihat rapi. Terdapat banyak jenis rak yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari rak gantung, rak buku terbuka (open bookshelves), rak bergulir (rolling shelves), dan lain-lain. 

Sementara itu, untuk menghasilkan harmonisasi desain pada ruangan, pemilihan furniture dan warna menjadi fokus utama. Penting untuk mendekorasi rak buku maupun rak serbaguna dengan skema warna. Warna rak dapat disesuaikan dengan warna buku-buku, serta tema ruangan. 

Pilih Warna yang Sesuai

Warna dapat mempengaruhi suasana, mood, hingga produktivitas secara langsung. Warna-warna cerah seperti putih, biru, dan krem bisa jadi pilihan. Agar tidak bingung, pilihlah warna nuansa netral seperti taupe, coklat muda, atau abu-abu kecoklatan.

Warna bisa diaplikasikan pada dinding, furniture, dan elemen desain interior lainnya dalam home office. Pemilihan warna yang menciptakan kenyamanan juga dapat disesuaikan dengan tema maupun selera. 

Tambahkan Aksesoris

Menambahkan aksesoris sebagai objek dekoratif dapat meningkatkan estetika ruangan. Aksesoris seperti tanaman hias, lukisan atau karya seni, lampu meja, atau bingkai foto bisa memberikan sentuhan estetika yang menyenangkan dan mempercantik ruang kerja. 

Beberapa aksesoris bahkan tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi, tetapi juga memiliki fungsi ganda. Misalnya, organizer meja atau jam dinding tidak hanya menambah estetika, namun juga membantu menjaga keteraturan dan waktu.

 

Konsultasikan Interior Home Office Anda Bersama Interbox

Tren remote working saat ini telah didukung dengan desain home office yang menarik. Home office yang tepat memiliki pengaruh pada kesehatan fisik dan mental. Membangun ruang kerja di rumah yang nyaman, sangat bebas dilakukan sesuai dengan preferensi. 

Sudah siap untuk menciptakan interior home office yang dapat meningkatkan produktivitas Anda dalam pekerjaan? Konsultasikan sekarang juga preferensi home office yang Anda inginkan bersama Interbox. Anda juga bisa mendapatkan interior home office terbaik secara Custom!

Kini Anda dapat menciptakan interior kantor di rumah tanpa harus ke kantor!