Ruangan sempit dapat menjadi tantangan dalam merancang interior. Namun, dengan beberapa trik desain dan ide yang cerdas, Anda dapat mengubah ruangan yang sempit menjadi terlihat lebih luas dan nyaman.

Artikel ini akan membahas mengapa suatu ruangan bisa terlihat sempit dari sisi desain interiornya. Selain itu juga, akan ada tips bagaimana mengatasi hal tersebut. Ketahui selengkapnya di sini!

 

Kenapa Suatu Ruangan Bisa Terlihat Sempit?

Sejumlah faktor dapat membuat suatu ruangan terasa sempit. Sebagai catatan bahwa hal tersebut bukan serta merta soal ukuran ruangan, tapi banyak faktor yang mempengaruhinya. Berikut beberapa di antaranya.

Kurangnya Pencahayaan

Pencahayaan yang buruk atau terlalu redup dapat membuat ruangan terasa kecil. Perasaan pengap juga mungkin akan muncul bila ruangan kekurangan pencahayaan alaminya.

Warna yang Tidak Tepat

Pemilihan warna cat yang tidak sesuai atau warna yang terlalu gelap dapat mempersempit tampilan ruangan. Bijak dalam memilah warna yang tidak hanya sesuai dengan preferensi tapi juga sesuai kebutuhan akan membuat ruangan tidak terasa sempit atau sesak.

Furniture yang Terlalu Besar

Furniture yang ukurannya tidak sebanding dengan ukuran ruangan dapat membuatnya terasa sesak. Anda juga bisa menggunakan prinsip skala dan proporsi sebelum menambahkan furniture dalam ruangan Anda.

Tata Letak yang Buruk

Hampir sama dengan yang sebelumnya, layout atau penempatan furniture dan dekorasi yang kurang tepat dapat mempersempit ruangan Anda. Tepat bijaklah ketika melakukan penempatan setiap furniture dan dekorasi pada ruangan Anda.

Kurangnya Penyimpanan

Hal berikutnya yang dapat membuat ruangan terasa sempit, yakni karena kekurangan tempat penyimpanan yang dapat mengakibatkan tidak teratur dan membuat ruangan tampak lebih sempit. Beberapa ruangan yang sudah dipersiapkan secara matang pasti menyiapkan ruang penyimpanan cadangan pada tempat tak terduga untuk mengantisipasinya.

 

Baca juga:

 

5 Cara Agar Ruangan Tidak Terasa Sempit

Setelah mengetahui apa saja penyebab ruangan terasa sempit, kini Anda dapat melakukan beberapa cara yang dapat membuat ruangan Anda tidak terasa sempit lagi. 

Pencahayaan yang Baik

Pertama, pastikan ada cukup pencahayaan alami di ruangan. Gunakan tirai transparan atau jendela kaca tanpa tirai untuk memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan Anda.

Warna Cerah

Anda juga dapat memilih skema warna cerah untuk dinding dan dekorasi ruangan. Warna cerah akan mencerminkan cahaya dan memberikan ilusi ruangan yang lebih luas dari yang seharusnya.

Furniture yang Proporsional

Pilih furnitur yang sesuai dengan ukuran ruangan. Pilih furnitur yang ringan dan memiliki kaki terbuka agar cahaya dapat mengalir di sekitar furnitur atau bahkan dekorasi pada setiap ruangan Anda.

Layouting yang Bijak

Anda juga dapat mempertimbangkan tata letak atau layout yang efisien. Hindari menempatkan furnitur di tengah ruangan yang dapat membuat ruangan terlihat sangat padat. Sebaliknya, letakan furnitur di sisi dinding untuk membuka bagian tengah pada ruangan.

Pemilihan Kaca

Terakhir, penggunaan serta pemilihan cermin untuk ruangan Anda. Cermin menjadi salah satu furnitur yang akan menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar. Anda dapat meletakan cermin di dinding untuk memantulkan cahaya dan menciptakan kedalaman visual pada sisi ruangan Anda.

 

5 Tips Menata Ruangan Agar Terlihat Lebih Luas

Dengan cara-cara yang sudah Anda lakukan di atas, akan membuat ruangan Anda menjadi lebih luas dari sebelumnya. Untuk semakin memaksimalkannya, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut.

Mengurangi Dekorasi

Tips pertama yang dapat Anda lakukan, yakni mengurangi dekorasi yang berlebihan dan dapat membuat ruangan Anda menjadi lebih sempit. Pilih beberapa item dekoratif yang memiliki makna khusus daripada banyak item lain yang dapat mengganggu ruangan Anda.

Pintu Geser

Gunakan pintu geser untuk menghemat ruang yang biasanya dibutuhkan oleh pintu yang biasanya. Pintu geser dapat membuat ruangan Anda menjadi lebih luas saat sedang dibuka. Akan tetapi Anda harus tetap memperhatikan pemilihan dan perawatannya karena cenderung lebih mudah rusak dibanding pintu yang biasa. 

Pemilihan Furnitur yang Multifungsi

Selanjutnya, Anda dapat memilih furnitur yang memiliki fungsi ganda. Beberapa contohnya seperti tempat tidur atau meja dengan laci penyimpanan yang ada pada bagian bawah. Atau bahkan rak susun yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan buku dan perlengkapan lainnya. 

Penerapan Pola Tertentu

Pilih pola yang menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar. Pola horizontal pada dinding atau lantai dapat menciptakan ilusi lebar pada ruangan Anda.

Pemanfaatan Ruang Vertikal

Terakhir, Anda dapat memanfaatkan ruang vertikal seperti dinding. Seperti rak dinding yang dapat Anda gunakan untuk penyimpanan vertikal guna memaksimalkan penggunaan ruang Anda dan menjadikan ruangan terlihat lebih luas.

 

Cari Jasa Interior Custom untuk Rumah Anda Bersama Interbox

Dengan memperhatikan berbagai hal di atas, Anda dapat menciptakan ruangan yang terlihat lebih luas dan nyaman untuk ditinggali. Desain interior yang cerdas dan pemilihan furnitur yang tepat dapat membuat ruangan sempit menjadi aset yang berharga dalam rumah Anda.

Apabila Anda ingin merasakan kemudahan dalam melakukan desain interior untuk ruangan Anda, sebaiknya kunjungi Interbox. Sekarang Anda juga dapat berkonsultasi langsung secara GRATIS untuk menyesuaikan layanan interior Custom yang cocok.

Jadi tunggu apa lagi? Ciptakan ruangan impian yang nyaman, bersama Interbox!