Dalam era digital saat ini, ruang kerja di rumah bukan lagi sekadar tempat untuk menyelesaikan pekerjaan, tetapi juga menjadi pusat kreativitas dan produktivitas. Untuk mencapai tingkat produktivitas yang optimal, menciptakan ruang kerja yang nyaman dan produktif di rumah sangatlah penting.

Khususnya bagi Anda yang memang sengaja untuk mendesain ruangan kerja produktif untuk menunjang karier atau pekerjaan Anda yang menerapkan remote. Tentu akan menarik apabila ternyata Anda mampu melakukannya. 

Artikel ini akan membahas secara lengkap, bagaimana merancang desain ruang kerja yang produktif di dalam rumah Anda. Jangan lupa untuk mencatatnya, supaya tidak perlu repot kita Anda sudah siap untuk menciptakan ruang kerja yang sesuai dengan keinginan Anda!

 

Apa itu Ruang Kerja Produktif?

Ruang kerja produktif adalah lingkungan yang didesain untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas Anda. Ini bukan hanya tentang meja dan kursi, tetapi juga mengenai banyak hal yang melingkupinya. 

Pencahayaan, tata letak, dekorasi, serta pengorganisasian ruang akan mendukung fokus dan inspirasi Anda ketika berada di ruangan tersebut. Ruang kerja produktif menjadi tempat di mana aktivitas pekerjaan Anda dapat diselesaikan dengan efisien tanpa mengorbankan kenyamanan.

 

Apakah Bisa Menciptakan Ruang Kerja yang Produktif di Rumah?

Tentu, sangat mungkin menciptakan ruang kerja yang produktif di rumah. Bahkan, dengan perencanaan yang tepat, ruang kerja di rumah dapat menghasilkan tingkat produktivitas yang lebih tinggi daripada ruang kerja konvensional di kantor.

Namun, ini membutuhkan pemikiran matang mengenai desain, penataan ruang, dan penggunaan teknologi. Perlu digaris bawahi bahwa ini bukan hal mudah untuk dilakukan, agar tidak keliru bahkan sampai berdampak pada penurunan produktivitas.

 

Manfaat Memiliki Ruang Kerja yang Produktif di Rumah

Menciptakan ruang kerja yang produktif di rumah memang tidak mudah. Namun, apabila Anda berhasil menciptakannya, akan ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Berikut di antaranya.

Fleksibilitas Waktu

Anda dapat mengatur jam kerja Anda sesuai dengan ritme biologis dan produktivitas pribadi Anda. Jadi tidak akan ada lagi waktu yang terbuang.

Konsentrasi yang Lebih Baik

Dengan lingkungan yang sudah Anda ketahui ketenangannya, maka fokus dan konsentrasi Anda akan cenderung lebih baik di rumah.

Peningkatan Kreativitas

Ruang yang didesain dengan baik dan nyaman dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi. Ini penting bagi Anda yang bekerja di bidang kreatif, khususnya.

Efisiensi Biaya

Menghemat biaya perjalanan, makanan di luar, dan biaya kantor dengan bekerja dari rumah. Hal ini juga seperti investasi jangka panjang bagi Anda dalam bekerja. 

 

Baca juga:

 

Bagaimana Cara Membuat Desain Ruang Kerja yang Produktif di Rumah?

Setelah mengetahui berbagai manfaatnya, ada baiknya Anda bergegas untuk segera mewujudkan ruang kerja produktif Anda. Berikut beberapa caranya.

Tentukan Lokasi yang Tepat

Pilih lokasi di rumah Anda yang tenang dan minim gangguan. Tempat ini harus memiliki pencahayaan alami yang cukup. Apabila menyatu dengan ruangan yang sudah memiliki fungsi utama, biasanya sisi yang digunakan yaitu yang dekat dengan jendela.

Pilih Furniture yang Ergonomis

Pilih meja dan kursi yang mendukung postur tubuh yang baik dan nyaman untuk duduk dalam waktu lama. Perhatikan juga terkait dengan material yang digunakan supaya sesuai dan tidak menghambat produktivitas Anda.

Tatalah Ruang secara Efisien

Susun meja, rak, dan peralatan dengan bijak agar semuanya dapat diakses dengan mudah tanpa perlu berjalan jauh. Dalam hal ini, Anda juga dapat melibatkan prinsip skala dan proporsi supaya sesuai.

Perhatikan Sumber Pencahayaan

Pastikan ruangan memiliki pencahayaan yang baik. Gunakan pencahayaan alami sebanyak mungkin, namun, pastikan juga ada pencahayaan buatan yang memadai untuk situasi-situasi tertentu.

Sesuaikan Warna

Pilih skema warna yang menenangkan namun memotivasi. Warna seperti biru muda atau hijau lembut sering kali menciptakan atmosfer yang tenang dan produktif.

Tambahkan Tanaman Indoor

Tanaman indoor tidak hanya memperindah ruangan, tetapi juga membantu meningkatkan kualitas udara dan memberikan suasana yang segar. Beberapa tanaman cukup Anda letakan di atas meja kerja, tanpa membutuhkan perawatan yang mengganggu.

Hadirkan Teknologi yang Mendukung

Pastikan Anda memiliki akses ke perangkat dan teknologi yang diperlukan, seperti komputer, printer, dan koneksi internet yang stabil. Sesuaikan juga dengan produktivitas yang Anda miliki.

Sentuhan Pribadi

Tambahkan sentuhan pribadi, seperti foto keluarga atau karya seni yang Anda sukai, untuk memberikan ruang kerja Anda nuansa yang personal dan positif. Ini juga untuk memastikan Anda tidak malah menjadi bosan atau stress ketika berada di ruangan.

 

Temukan Design Interior Modern Hanya di Interbox

Dengan perencanaan yang matang dan pemilihan desain yang tepat, Anda dapat menciptakan ruang kerja di rumah yang nyaman dan produktif. Seiring berjalannya waktu, Anda akan menemukan konfigurasi yang paling sesuai dengan gaya kerja dan preferensi pribadi Anda. 

Kini Anda dapat langsung melakukan konsultasi secara GRATIS bersama Interbox untuk merencanakan desain interior ruang kerja impian Anda. Atau Anda juga bisa langsung memilih layanan Custom Interior untuk mendapatkan langsung berbagai desain dari Designer pilihan Anda.

Jadi, ciptakan interior ruang kerja impian Anda sekarang juga hanya di Interbox!