Rumah menjadi tempat melepas penat dan tentunya beristirahat. Rumah juga jadi tempat untuk menemukan kenyamanan dan ketenangan setelah hari yang panjang.

Salah satu cara sederhana untuk meningkatkan kenyamanan dan kesehatan rumah Anda yakni dengan menambahkan tanaman di dalam rumah Anda. Dalam artikel ini, akan dijelaskan manfaat memiliki tanaman di dalam rumah dan rekomendasi jenis tanaman yang cocok untuk Anda hadirkan. Simak selengkapnya di sini!

 

Manfaat Adanya Tanaman Indoor di Rumah

Tanaman bukan hanya sekadar hiasan yang diletakan di dalam rumah Anda. Tanaman justru memiliki banyak sekali manfaat yang nyata untuk kesehatan dan kenyamanan Anda dan keluarga di rumah. Berikut beberapa manfaat utama memiliki tanaman indoor di dalam rumah.

Meningkatkan Kualitas Udara

Tanaman dapat membantu membersihkan udara dengan menyerap polusi dan toksin seperti formaldehida dan benzena. Dengan adanya tanaman dalam ruangan, Anda juga tidak perlu menambahkan alat tambahan seperti air purifier.

Menambah Kelembaban

Dalam ruang yang penuh dengan peralatan elektronik, kelembaban udara dapat turun. Tanaman melepaskan uap air melalui proses transpirasi, yang dapat membantu menjaga kelembaban yang sehat di dalam rumah. Ini akan mencegah bertumbuhnya bakteri atau kuman yang seringkali muncul.

Mengurangi Stres

Menjaga tanaman dan merawatnya dapat memberikan pengalaman yang menenangkan dan meredakan stres. Anda dapat melakukannya dalam kurun waktu tertentu karena merawat tanaman indoor yang cenderung lebih mudah dibanding tanaman outdoor yang harus Anda rawat setiap harinya.

Meningkatkan Konsentrasi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kehadiran tanaman di ruangan dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas. Ini penting bagi Anda yang melihat rumah untuk melakukan aktivitas produktif. Anda dapat menempatkannya pada sisi samping atau atas meja kerja.

Estetika

Tanaman juga menambah nilai estetika pada ruangan. Warna tanamanan yang didominasi dengan warna hijau akan memberikan sentuhan yang menyegarkan dan membuat ruangan terasa lebih hidup serta nyaman saat diperhatikan. 

 

10 Tanaman yang Cocok untuk di dalam Ruangan

Sekarang, giliran jenis-jenis tanaman yang cocok untuk di dalam rumah Anda. Pastikan untuk memilih tanaman yang sesuai dengan kondisi lingkungan rumah dan perawatan yang dapat Anda berikan.

Kaktus

Kaktus merupakan tanaman indoor yang sangat tahan terhadap kondisi kering. Kaktus juga salah satu tanaman yang cocok untuk menjadi dekorasi yang estetis. Yang paling penting, tanaman ini minim perawatan serta memiliki berbagai bentuk dan ukuran.

Sansevieria (Lidah Mertua)

Sansevieria atau lidah mertua merupakan tanaman dengan daun panjang dan tegak. Tanaman ini sangat tahan terhadap berbagai kondisi.

Lidah mertua cocok disimpan di ruangan kamar karena memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Selain itu, tanaman ini juga dapat menyerap beberapa racun, seperti Toluene, Xylene, hingga Benzene.

Lavender

Lavender adalah tanaman beraroma yang bisa menenangkan dan meredakan stres, bahkan meskipun sudah mengering. Anda cukup menyimpannya di sudut rumah yang dapat terpapar sinar matahari langsung.

Peace Lily 

Peace lily merupakan tanaman dengan bunga putih yang indah dan efektif dalam menghilangkan racun di udara serta menyegarkan ruangan. Anda tidak perlu terlalu memikirkan cahaya sinar matahari untuk tanaman ini, hanya saja Anda masih perlu untuk menyiramnya ketika tanyaknya sudah mengering.

Kalanchoe

Kalanchoe merupakan tanaman yang cocok untuk meningkatkan nilai estetis di dalam rumah karena dapat memproduksi beberapa varian warna bunga.

Namun perlu dicatat, tanaman kalanchoe masih bergantung pada sinar matahari dan air yang perlu disiramkan secara rutin untuk menjaga kesehatan tanaman ini.

Aloe Vera (Lidah Buaya)

Aloe vera memiliki berbagai manfaat kesehatan dan juga efektif dalam membersihkan udara di dalam rumah Anda. Selain itu, juga dapat menjadi hiasan dengan meletakkannya di beberapa sudut ruangan.

Lidah buaya menjadi salah satu jenis tanaman indoor yang “low maintenance”, karena Anda cukup menyiramnya sebanyak seminggu sekali untuk menambah kelembaban tanahnya. 

Rosemary

Rosemary memiliki manfaat untuk meningkatkan konsentrasi. Tanaman ini cocok untuk diletakkan pada ruangan yang dapat menunjang produktivitas Anda. 

Rubber Plant (Karet Kebo)

Rubber plant merupakan tanaman besar dengan daun hijau gelap yang mengesankan. Tanaman karet kebo dapat membersihkan udara secara alami.

Seperti tanaman peace lily, Anda tidak perlu terlalu memikirkan cahaya sinar matahari untuk tanaman ini. Dan Anda hanya perlu menyiramnya ketika tanahnya mulai mengering.

Geranium

Geranium merupakan tanaman berbunga yang harum dan cantik. Tanaman ini dikenal mampu mengusir nyamuk dan serangga lainnya. Selain itu, geranium juga dapat meredakan stres bagi para penghuni rumah Anda.

Begonia

Begonia merupakan tanaman yang memiliki berbagai varietas dengan warna dan pola daun yang menarik. Tanaman ini akan membuat ruangan dalam rumah Anda terlihat lebih estetis.

Tanaman begonia juga seperti tanaman indoor lainnya yang tidak sulit perawatannya dan hanya membutuhkan sekali penyiraman saja dalam kurun waktu tertentu.

 

5 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Meletakan Tanaman pada Ruangan

Seperti yang sudah disinggung di atas, sebelum Anda menambahkan tanaman ke dalam rumah, pertimbangkan hal-hal berikut ini.

1. Cahaya

Setiap tanaman memiliki kebutuhan cahaya yang berbeda. Pastikan Anda dapat menempatkan tanaman di lokasi yang sesuai dengan tingkat cahaya yang dibutuhkannya.

2. Air

Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit dalam penyiraman tanaman. Selalu periksa kelembaban tanah ketika terlihat sudah cukup kering atau sebelum menyiramnya.

3. Perawatan

Pertimbangkan seberapa banyak waktu yang dapat Anda luangkan untuk merawat tanaman Anda. Beberapa tanaman memerlukan perawatan yang lebih intensif daripada yang lain. Baik menyiramnya ataupun memotong daunnya.

4. Alergi

Pastikan tidak ada anggota keluarga Anda yang memiliki alergi sebelum membawa tanaman baru ke dalam rumah. Maka dari itu, penting juga untuk mengetahui karakteristik tanaman yang Anda ingin simpan.

5. Keamanan

Beberapa tanaman indoor dapat beracun jika dimakan. Pastikan untuk menjauhkan tanaman yang beracun dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan Anda.

 

Temukan Kebutuhan Interior Rumah Anda di Interbox

Jadi menambahkan tanaman indoor ke dalam rumah Anda memiliki banyak sekali manfaat dan menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan kualitas udara, kenyamanan, dan estetika ruangan Anda. Anda dapat menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan indah di rumah Anda dengan tanaman indoor yang tepat. 

Kini, Anda sudah bisa dengan mudah untuk menemukan kebutuhan interior rumah idaman, hanya dengan mengunjungi Interbox.id! Anda akan menemukan marketplace jasa interior yang lengkap, mudah, dan aman!