Apartemen merupakan salah satu jenis unit hunian vertikal, yang disewakan kepada individu atau keluarga. Unit mandiri ini memiliki dapur, kamar mandi, dan ruang tamu, serta ruangan lain, layaknya rumah pada umumnya. Apartemen umumnya memiliki tipe-tipenya masing-masing, yang ditujukan untuk penghuni dengan beragam kebutuhan. 

Karena mengandalkan ruang terbatas, pilihan tipe kamar apartemen diklasifikasikan berdasarkan ukuran unit. Ada tipe kecil dan sedang untuk jumlah penghuni yang lebih sedikit. Ada juga tipe besar yang ditujukan untuk banyak penghuni seperti keluarga besar. 

Untuk memudahkan memilih tipe kamar apartemen, ada baiknya mengetahui bermacam tipe unitnya terlebih dahulu. Berikut terdapat daftar tipe kamar apartemen beserta tips memilih tipe yang tepat. 

 

Pentingnya Mengetahui Tipe Kamar Apartemen

Mengetahui tipe kamar apartemen sangat penting untuk memahami ruang yang tersedia. Khususnya untuk orang-orang yang ingin tinggal di apartemen. Akan sulit bagi calon penghuni apartemen saat memilih tipe sesuai kebutuhan, karena pilihan tipe kamar apartemen yang beragam. 

Dengan mengetahui tipe kamar, calon penghuni akan tahu mengenai ukuran dan tata letak ruang yang tersedia di apartemen tersebut. Mengetahui tipe kamar apartemen juga dapat membantu perencanaan penempatan furniture, ruang penyimpanan, dan elemen dekorasi lainnya. 

Selain itu, dengan mengetahui tipe kamar apartemen, akan membantu dalam mempersiapkan kebutuhan penghuni sesuai dengan tipe kamar apartemennya. Mulai dari furniture hingga persiapan anggaran sesuai dengan tipe kamar yang dipilih.

 

10 Tipe Kamar Apartemen

Sebagai hunian yang banyak digemari, apartemen memiliki tipe-tipenya tersendiri. Tipe-tipe ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan orang yang akan menyewa atau membeli unitnya. Terdapat berbagai tipe kamar apartemen paling umum.

1. Apartemen Tipe Studio

Apartemen tipe studio terdiri dari satu ruang yang berfungsi sebagai ruang tidur, ruang tamu, dan dapur dalam satu ruangan yang luasnya relatif kecil. Umumnya ukuran tipe apartemen studio yakni 20 hingga 35 meter persegi. Ruangan kamar mandi menjadi satu-satunya yang terpisah.  

Tipe kamar apartemen ini seringkali menjadi pilihan populer bagi orang yang tinggal sendiri, pasangan atau orang yang membutuhkan ruang yang kecil dan fungsional. Hal ini dikarenakan faktor harga sewa yang jauh lebih terjangkau. 

2. Apartemen Tipe Alcove

Apartemen tipe alcove adalah tipe kamar apartemen yang memiliki sebuah alcove, yaitu sebuah area kecil yang terletak di dalam atau di sekitar ruang tamu atau kamar tidur. Alcove merupakan area semi-tertutup yang memberikan sedikit privasi atau ruang tambahan di dalam ruangan yang lebih besar. 

Apartemen seringkali berbentuk huruf L, yang alcove-nya digunakan sebagai tempat tidur tambahan, ruang kerja kecil, atau area untuk menyimpan barang-barang. Ukuran apartemen tipe alcove sedikit lebih besar dari apartemen tipe studio. 

3. Apartemen Tipe Convertible

Istilah convertible berarti unit apartemennya dirancang untuk memberikan fleksibilitas ruang kepada penghuninya. Dengan ukuran yang lebih luas dari tipe studio dan alcove, tipe kamar apartemen convertible memiliki partisi. Maka, tipe kamar ini memungkinkan ruang dibagi untuk memberikan privasi tambahan.

Ruang utama dalam apartemen ini dapat diubah menjadi beberapa fungsi, seperti ruang tidur, ruang tamu, atau ruang kerja, tergantung pada kebutuhan penghuni. Furniture pada apartemen tipe ini mudah dipindahkan atau dipasang ulang secara mudah, seperti sofa tempat tidur atau meja lipat.

4. Apartemen Tipe Junior 1 Bedroom

Sesuai dengan namanya, apartemen tipe junior 1 Bedroom menawarkan satu ruang kamar tidur utama. Istilah "Junior" sering digunakan untuk menunjukkan bahwa unit tersebut lebih kecil dari standar atau lebih sederhana dalam desain dan fasilitasnya. 

Artinya, ruang tamu maupun dapur mungkin ukurannya masih terbilang kecil. Bahkan mungkin tidak menyediakan ruang tamu. Tipe kamar apartemen ini juga menjadi pilihan populer untuk orang yang mencari tempat tinggal yang lebih hemat biaya atau yang tinggal sendirian.

 

Baca juga:

 

5. Apartemen Tipe 2 Bedroom

Sumber: Pexels

 

Tipe kamar apartemen berikutnya yaitu lebih besar, atau tipe 2 bedroom. Sesuai dengan namanya, apartemen tipe ini menyediakan dua kamar tidur, yang terpisah dari ruang lainnya. Biasanya satu kamar tidur lebih besar atau keduanya memiliki ukuran yang sama. 

Unit ini juga memiliki ruang tamu, dapur, dan kamar mandi bersama atau pribadi. Apartemen tipe ini sangat cocok untuk keluarga kecil, pasangan, atau individu yang menginginkan ruang tambahan untuk kamar tidur tambahan atau kantor di rumah. 

6. Apartemen Tipe Loft

Tipe kamar apartemen loft memaksimalkan fungsi loteng atau lantai mezzanine untuk dijadikan area tidur. Lalu, lantai di bawahnya berfungsi sebagai ruang lainnya seperti ruang tamu, dapur, dan kamar mandi. 

Dengan begitu, apartemen tipe loft memiliki ciri khas desain terbuka, dengan langit-langit yang tinggi. Gaya desain apartemen loft sendiri terinspirasi oleh bangunan industri yang diubah menjadi tempat tinggal, seperti pabrik atau gudang yang direnovasi.

7. Apartemen Tipe Penthouse

Penthouse merupakan salah satu tipe kamar apartemen yang mewah. Kehadiran penthouse biasanya ada di kota-kota besar metropolitan. Penthouse adalah unit apartemen yang terletak di lantai teratas bangunan, seringkali di lantai teratas atau teras rooftop. 

Lokasinya yang eksklusif menawarkan pemandangan gedung-gedung di kota. Apartemen penthouse memiliki fitur premium seperti ruang terbuka yang luas, akses privat ke fasilitas tertentu, dan desain interior yang mewah. Bahkan, akses ke penthouse ada yang menggunakan lift pribadi. 

8. Apartemen Tipe Duplex dan Triplex

Selanjutnya, ada tipe kamar apartemen tipe duplex dan triplex. Apartemen duplex memiliki dua lantai yang terpisah, namun saling terhubung di dalam satu unit apartemen. Sementara triplex, berarti terdapat tiga lantai. 

Lantai-lantai ini diisi oleh fungsi-fungsi umum seperti ruang tamu, dapur, kamar tidur, dan ruangan lain sesuai kebutuhan. Karena ukurannya yang besar, biasanya apartemen tipe ini dihuni oleh sebuah keluarga. 

9. Apartemen Tipe Garden

Apartemen garden memiliki dua definisi. Pertama, apartemen garden merupakan hunian yang menghadap pemandangan taman yang ada di sekitar lingkungan apartemen. Seringkali apartemen tipe ini memiliki balkon atau teras yang menghadap ke area taman. 

Tipe kamar apartemen garden juga berarti hunian yang letaknya berada di lantai paling dasar atau basement, dan memiliki pekarangan tambahan. Taman tambahan ini bisa digunakan untuk bersantai, berkebun, atau bahkan untuk aktivitas rekreasi.

10. Apartemen Tipe Classic Six

Tipe kamar apartemen terakhir yaitu classic six. Apartemen ini begitu populer di Amerika dan Eropa. Biasanya, tipe apartemen ini dibangun menggunakan gedung-gedung tua yang masih kokoh berdiri dan memiliki arsitektur klasik.

Classic six memiliki enam ruangan utama, yang mencakup ruang tamu, ruang makan, dua atau tiga kamar tidur, dapur, dan dua kamar mandi. Apartemen tipe classic six sering dicari karena memiliki tata letak yang luas dan nyaman, serta mempertahankan elemen desain klasik yang menarik.

 

Tips Memilih Tipe Kamar Apartemen yang Cocok

Memilih tipe kamar apartemen yang cocok dapat menjadi keputusan penting yang mempengaruhi kenyamanan dan gaya hidup. Berikut terdapat beberapa tips untuk membantu dalam memilih tipe kamar apartemen yang cocok. 

Tentukan Kebutuhan

Pertimbangkan jumlah orang yang akan tinggal di apartemen. Apakah apartemen untuk sendiri, pasangan, atau keluarga. Ini akan membantu merinci kebutuhan ruang. Setiap tipe kamar apartemen menawarkan jumlah ruangan yang berbeda. 

Ketahui Ukuran Ruangan

Setelah menentukan kebutuhan, pilihlah ukuran kamar yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Cek apakah ukuran ruangan mampu memfasilitasi seluruh barang yang akan dipindahkan ke dalam apartemen. 

Cari Tahu Fasilitas Tambahan

Periksa fasilitas tambahan yang ditawarkan oleh apartemen. Misalnya adanya balkon, ruang penyimpanan tambahan, parkir, atau fasilitas komunitas seperti kolam renang atau pusat kebugaran.

Pertimbangkan Lokasi

Pertimbangkan lokasi apartemen dalam kaitannya dengan kebutuhan dan preferensi. Banyak apartemen yang dibangun di tengah kota untuk mendekatkan pada pusat bisnis. Namun, ada juga yang dibangun di pinggir kota untuk suasana yang lebih tenang.

Mempersiapkan Anggaran

Tetapkan anggaran dan cari tipe apartemen yang sesuai dengan anggaran tersebut. Perhatikan tidak hanya biaya sewa bulanan, tetapi juga biaya tambahan seperti utilitas, biaya parkir, dan biaya lainnya. 

 

Konsultasikan Interior Apartemen Anda Bersama Interbox

Berbagai tipe kamar apartemen mengakomodir kebutuhan individu dalam mencari hunian yang sesuai kebutuhan. Adapun terdapat sepuluh tipe kamar apartemen, antara lain, apartemen tipe studio, alcove, convertible, junior 1 bedroom, 2 bedroom, loft, penthouse, duplex dan triplex, garden, serta classic six. 

Untuk memilih tipe kamar apartemen yang cocok, bisa dimulai dengan menentukan kebutuhan. Lalu, cari tahu ukuran ruangan dan fasilitas tambahan. Mempertimbangkan lokasi dan anggaran juga sangat penting dalam memilih tipe kamar apartemen yang tepat. 

Jadi, sudah siap untuk menciptakan interior yang seimbang pada hunian Anda? Konsultasikan sekarang juga preferensi kamar tidur yang Anda inginkan bersama Interbox. Anda juga bisa mendapatkan interior sesuai keinginan secara Custom!

Kini Anda dapat menciptakan interior impian untuk apartemen Anda!