Living room atau ruang keluarga dalam suatu rumah, memainkan banyak peran. Mulai dari area bersantai, hiburan, maupun ruang bermain. Kunci untuk memaksimalkannya yaitu dengan menciptakan ruang yang nyaman dan mengundang. Mendekorasi ruangan dengan tepat menjadi caranya. 

Membangun ruang keluarga perlu menyeimbangkan antara elemen visual dengan fungsionalitas. Oleh karena itu, dekorasi ruang keluarga menjadi tantangan tersendiri. Jadi, simak artikel berikut ini yang membahas langkah-langkah melakukan dekorasi living room hingga tipsnya!

 

Pentingnya Mendekorasi Ruang Keluarga atau Living Room

Sebagai pusat ruangan dalam rumah, ruang keluarga atau living room berfungsi menjadi tempat serbaguna. Mulai dari aktivitas hiburan, bersantai, hingga melepas penat. Oleh karena pentingnya fungsi tersebut, ruang keluarga harus mendapatkan perhatian yang baik saat merancangnya. 

Setiap elemen pada living room, termasuk dekorasi perlu dipertimbangkan dengan hati-hati untuk menciptakan perpaduan gaya, fungsionalitas, dan relaksasi. Dekorasi dapat mendukung gaya desain rumah sepenuhnya, yang mencerminkan preferensi dan ekspresi diri.

 

15 Langkah Melakukan Dekorasi Ruang Keluarga atau Living Room

15 Langkah Melakukan Dekorasi Ruang Keluarga atau Living Room

Sumber: Pexels

 

Dekorasi ruang keluarga dapat dilakukan sendiri. Namun, sebelum memulainya, beberapa hal perlu diperhatikan, termasuk langkah-langkah dekorasinya. Terdapat beragam langkah melakukan dekorasi ruang keluarga.

Tetapkan Tujuan

Pahami tujuan penggunaan ruang keluarga sebelum mempertimbangkan desain, untuk membantu membentuk proses dekorasi. Mengingat fungsi ruang ini dapat berbeda di setiap hunian. Oleh karena itu, pemilihan dekorasi perlu menyesuaikan kebutuhan dan preferensi. 

Mengukur Luas Ruangan

Sebelum mendekorasi ruang keluarga, langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu mengetahui luas ruangan. Pengukuran yang tepat akan memudahkan dalam memilih ukuran furniture, karpet, atau hiasan jendela yang sesuai. Dengan demikian, langkah ini akan menghemat waktu dan uang.

Membuat Jarak Area Duduk

Saat mengukur ruangan, perlu mempertimbangkan jarak area duduk. Untuk menciptakan ruang yang nyaman, berikan jarak pada area duduk. Ini sekaligus mengatur tata letak ruangan. Maka, saat mendekorasi ruang ini, jarak antar furniture dan elemen lainnya perlu diperhitungkan dengan cermat. 

Tentukan Estetika Ruang

Tentukan estetika atau gaya yang disukai untuk ruang keluarga, sebelum mulai melakukan dekorasi. Ini akan memastikan keselarasan dalam desain akhir. Tidak perlu hanya berkomitmen pada satu tampilan tertentu, tetapi menetapkan skema umum itu penting untuk melancarkan proses dekorasi.

Membuat “Room Board”

Kumpulkan gambar dekorasi yang ingin ditempatkan, lalu, buat “room board”. Langkah ini akan membantu untuk menentukan bagaimana dekorasi akan berfungsi di ruang tersebut, hingga apakah akan membaur satu sama lain dengan baik. Ini penting dipertimbangkan sebelum membeli banyak dekorasi. 

Gunakan Palet Warna yang Serasi

Palet warna yang serasi dapat memudahkan pemilihan prints, furniture, dan elemen tekstil, serta membuatnya lebih bergaya. Dekorasi pada living room biasanya diambil dari palet warna tenang seperti netral dan biru. Berilah warna senada mulai dari furniture hingga aksesoris, hingga dekorasi lainnya. 

Mulai Berbelanja

Langkah berikutnya yaitu mulailah berbelanja dekorasi. Mengisi ruangan dapat dimulai dari dekorasi yang penting dan berukuran besar terlebih dahulu, misalnya lampu, tirai atau karpet. Selalu berinvestasi dengan barang-barang yang berkualitas agar dapat digunakan pada jangka waktu panjang. 

 

>>> Cek Katalog Desain Interior Living Room Japandi
>>> Cek Katalog Desain Interior Living Room Minimalis

 

Furniture yang Saling Melengkapi

Pilihlah furniture yang saling melengkapi, tetapi tidak harus sama persis. Tidak perlu membeli perabot satu set agar ruang keluarga lebih bergaya. Dalam mendekorasi ruang ini, sofa, bantal sofa, kursi, side table, dan furniture lainnya dapat dibeli secara terpisah. Namun, usahakan masih memiliki warna atau tekstur yang senada agar saling melengkapi. 

Pilih Karpet Berukuran Tepat

Untuk memilih karpet yang sesuai dengan living room, atur setiap furniture di tempatnya. Kemudian, ukur seberapa besar karpet yang dibutuhkan sehingga semua furniture berada di atas karpet. Karpet yang ukuranya terlalu besar atau terlalu kecil dapat merusak penampilan dekorasi ruangan. 

Mendekor Bagian Permukaan 

Tentukan dimana dekorasi dapat ditambahkan, sehingga menciptakan gaya yang menarik perhatian. Misalnya, menempatkan vas bunga di atas meja, atau scented candle yang diletakkan di atas perapian. Ini menunjukkan bagaimana dekorasi dapat ditempatkan bebas di seluruh ruangan.

Persiapkan Tempat Penyimpanan

Tempat penyimpanan pada ruang keluarga juga menjadi sorotan. Storage dapat memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai elemen dekoratif sekaligus tempat penyimpanan. 

Tempat penyimpanan ini dapat berbentuk apapun. Mulai dari lemari built-in, hingga furniture multifungsi seperti ottoman, rak buku, maupun rak gantung. Pemilihan storage disesuaikan dengan kebutuhan serta gaya ruangan secara keseluruhan. 

Gabungkan Berbagai Tekstur

Gunakan berbagai tekstur dari elemen tekstil, seperti tirai, selimut, dan bantal serta aksen dekorasi lainnya untuk menambahkan kontras. Semua warna netral bisa dipilih dan dikombinasikan, tetapi selama teksturnya bervariasi, akan membuat ruang terasa lebih nyaman.

Hiasi Dinding

Dinding menjadi kanvas utama yang mengundang keleluasaan untuk mendekorasi. Tambahkan karya seni tunggal, cermin, maupun bingkai foto. Dekorasi dinding juga dapat berupa barang-barang bekas atau DIY yang akan menambah dan melengkapi gaya ruangan. 

Lengkapi Dengan Elemen Hijau

Memasukkan beberapa tanaman gantung atau pot ke dalam living room menjadi solusi ruangan yang sejuk. Tanaman juga akan memberikan tampilan yang hidup dan segar. Jika tidak bisa berinvestasi banyak dalam dekorasi, ganti dengan tanaman sebagai elemen dekoratif.

Tambahkan Furniture Multifungsi

Gunakan furniture multifungsi untuk membuat ruangan tidak hanya terlihat bagus, tetapi juga fungsional. Nesting table, misalnya, menawarkan fleksibilitas yang baik. Living room juga menjadi tempat bagi ottoman yang memiliki banyak fungsi, mulai dari tempat duduk, meja samping, maupun storage. 

 

Baca juga:

 

3 Tips Tambahan saat Dekorasi Ruang Keluarga atau Living Room

Langkah-langkah dekorasi ruang keluarga juga perlu mengutamakan kenyamanan dan menghadirkan kehangatan di tengah rumah. Simak tips tambahan saat dekorasi ruang keluarga.

Membagi Ruang dengan Elemen Visual

Ruang keluarga seringkali membutuhkan penyekat untuk membagi ruang. Untuk meningkatkan estetika ruangan, gunakan penyekat sebagai elemen visual Anda. Ini bisa menggunakan ceiling beams, half walls atau pilar untuk membagi ruangan secara permanen.

Sofa dengan bagian belakang menghadap ruang lain, kursi panjang, bangku besar, hingga meja antara kursi, dapat dimanfaatkan menjadi penyekat alternatif yang menarik. Lampu besar, tirai, atau tanaman juga dapat membantu membagi ruang.

Memadukan Pencahayaan

Pencahayaan dapat mempengaruhi suasana ruangan. Jika ruang keluarga berukuran besar, pasanglah banyak jendela. Maka, cahaya alami akan lebih mudah masuk. 

Namun, lampu di ruangan ini juga perlu dipasang, alias membuat cahaya buatan. Selain meletakkan lampu plafon di tengah, tambahkan juga lampu berdiri. 

Cobalah memilih dua atau tiga lampu berukuran besar dengan kap lampu serupa, lalu tambahkan floor lamp untuk menyebarkan cahaya ke seluruh ruangan. Menyematkan lampu kaca juga dapat mencegah kelebihan lampu.

Menentukan dan Menyiapkan Anggaran

Dalam mendesain ruang keluarga, penentuan anggaran berfokus pada prioritas. Memahami elemen dekorasi apa yang ingin diinvestasikan, dekor apa yang dibutuhkan sekarang, dan apa yang bisa dilengkapi nanti, sangat penting untuk menetapkan anggaran yang realistis.

Lakukan sedikit riset di beberapa toko furniture favorit untuk mendapatkan perkiraan biaya dekorasi yang sesuai dengan selera dan gaya ruangan. Selalu persiapkan dana cadangan dalam budget saat membangun living room, untuk mengantisipasi pengeluaran tak terduga.  

 

Konsultasikan Dekorasi Ruang Keluarga Anda Bersama Interbox

Dekorasi ruang keluarga atau living room menjadi hal yang menyenangkan sekaligus menantang. Karena ini merupakan ruang utama tempat berkumpulnya keluarga. Maka, dekorasi yang tepat harus mendukung kehangatan serta kenyamanan anggota keluarga. 

Kini, Anda dapat berkonsultasi langsung tentang preferensi ruang keluarga yang Anda inginkan bersama Interbox. Anda juga bisa mendapatkan interior living room secara Custom!

Ciptakan interior ruang keluarga impian dan buat semua bahagia!