Sebagai seseorang yang ingin merombak interior ruangan dari properti yang dimiliki, ada beberapa hal terkait desain interior yang sebaiknya Anda ketahui, salah satunya yaitu konsep. Dengan mengetahui konsep desain interior, Anda akan semakin tahu desain interior apa yang ingin diaplikasikan ke ruangan Anda.

Tenang, Anda tidak perlu merasa bingung dengan setiap konsep desain interior yang ada. Berbeda dengan prinsip dan keindahan, dimana biasanya hanya para Desainer yang memahaminya. Namun, pada artikel ini tidak hanya akan menjelaskan beberapa konsep desain interior, melainkan juga mengetahui apa itu konsep dasar interior, dan juga tips sebelum Anda menentukan desain interior yang diinginkan. 

Apa itu Konsep Desain Interior?

Konsep desain interior merupakan ide dasar dalam merancang ruangan atau tata ruang yang mencakup pemilihan warna, gaya, perabotan, tekstur, dan elemen-elemen lainnya.


Konsep desain interior menjadi titik awal sebelum Anda merencanakan mengenai gaya, warna, hingga dekorasi yang diinginkan. Ini akan menjadi penting bagi Anda yang ingin menggunakan jasa Desainer Interior. Terdapat beberapa manfaat dari mengetahui konsep dasar interior bagi Anda yang ingin menggunakan jasa desainer interior.


Pertama, akan memperlancar diskusi atau konsultasi. Kedua, mempercepat dimulainya masa pengerjaan. Ketiga, meminimalisir adanya kecurangan. Jadi, jangan ragu untuk mencari tahu!

Contoh Konsep Desain Interior Pilihan

Berikut beberapa konsep desain interior yang populer dan dapat menjadi inspirasi dalam merancang ruangan impian Anda:


Focal Point atau Titik Fokus

Konsep desain interior dengan focal point atau titik fokus bertujuan untuk menarik perhatian pada satu titik fokus di dalam ruangan. Misalnya, Anda dapat menggunakan dinding dengan warna yang kontras atau menempatkan furnitur yang mencolok di satu sudut ruangan.


Focal point ini akan menjadi pusat perhatian dan memberikan kesan dramatis pada ruangan. Meskipun begitu, dengan mengimplementasikan konsep focal point secara tepat, tidak akan sama sekali mengganggu keseimbangan ruangan.


Unity atau Kesatuan

Konsep desain interior unity atau kesatuan berfokus pada menciptakan keseimbangan dan harmoni antara semua elemen yang ada dalam ruangan. Ini dapat dicapai dengan memilih tema atau gaya tertentu dan mengaplikasikannya secara konsisten.


Misalnya, Anda dapat memilih gaya minimalis dan memastikan semua elemen dalam ruangan mengikuti pola dan estetika yang sama. Konsep ini akan membawa ruangan Anda pada ketenangan kohesif yang didapat dari kesatuan yang utuh.


Rhythm atau Keselarasan

Konsep desain interior dengan prinsip rhythm atau keselarasan mengacu pada penggunaan pola, tekstur, atau motif yang berulang dalam ruangan. Ini menciptakan perasaan dinamis dan mengalir saat Anda melihat sekitar ruangan.


Misalnya, Anda dapat menggunakan wallpaper dengan pola geometris yang berulang atau menggabungkan beberapa bantal dengan motif yang serupa pada sofa. Konsep desain interior ini mungkin akan sangat mempengaruhi mood atau perasaan Anda. Jadi jangan sampai melewatkan konsep yang satu ini. 


Unique Details atau Detail yang Unik

Konsep desain interior dengan detail yang unik menekankan pada elemen-elemen yang unik dan berbeda dalam ruangan. Hal ini dapat mencakup penggunaan benda atau dekorasi yang langka, bahan yang tidak biasa, atau karya seni yang menarik perhatian.


Dengan detail yang unik ini akan memberikan sentuhan pribadi dan menambahkan karakter pada ruangan. Konsep ini sangat cocok diaplikasikan pada ruangan rumah mewah Anda atau bangunan artistik nan estetik seperti galeri seni. 


Balance atau Keseimbangan

Pada akhirnya, Anda harus mempertimbangkan konsep desain interior balance atau keseimbangan. Konsep ini akan mengharmoniskan elemen-elemen yang berbeda dalam ruangan. Ini mencakup penyeimbangan proporsi, warna, dan tekstur agar tidak ada elemen yang dominan atau terlalu mencolok.


Dengan menciptakan keseimbangan yang baik, ruangan akan terasa nyaman dan harmonis. Secara mendetail, konsep desain interior ini dapat diaplikasikan dengan beberapa cara atau metode.


Pertama, keseimbangan simetris atau kesamaan potongan pada dua sisi ruangan. Kedua, keseimbangan asimetris atau ketidaksamaan potongan antar sisi. Ketiga, keseimbangan radial atau pendistribusian banyak hal secara merata pada suatu titik yang difokuskan. 

Tips Menentukan Konsep Desain Interior Ruangan

Sebelum Anda menentukan konsep desain interior untuk ruangan Anda, berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan:


  1. Analisis karakteristik ruangan Anda: Perhatikan ukuran, bentuk, dan cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan. Pemilihan konsep desain interior harus mempertimbangkan karakteristik ruangan agar optimal cocok dengan yang Anda inginkan.


  1. Perhatikan fungsi ruangan Anda: Pertimbangkan fungsi utama ruangan tersebut. Apakah ruangan tersebut akan digunakan sebagai ruang tamu, kamar tidur, atau ruang kerja? Pastikan konsep desain interior yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan fungsional ruangan. Ini terkait juga dengan aktivitas yang akan Anda lakukan di ruangan tersebut.


  1. Tentukan gaya dan tema Anda: Pilihlah gaya dan tema yang sesuai dengan preferensi pribadi Anda. Apakah Anda menyukai gaya minimalis, klasik, modern, atau japandi? Sebaiknya Anda lebih serius dalam menentukan gaya ruangan, karena kalau tidak, Anda akan mudah sekali bosan dan cepat-cepat ingin mengganti dengan gaya interior ruangan lainnya.


  1. Pilih palet warna yang tepat: Warna memiliki pengaruh besar dalam menciptakan suasana dalam ruangan Anda nantinya. Pilihlah palet warna yang sesuai dengan konsep desain interior yang telah dipilih. Pastikan warna-warna tersebut saling melengkapi dan menciptakan harmoni sesuai dengan yang Anda inginkan.


  1. Pertimbangkan kenyamanan Anda: Selain estetika, pastikan konsep desain interior juga memberikan kenyamanan bagi penghuni ruangan. Pilihlah dekorasi hingga beragam benda yang ergonomis, atur pencahayaan dengan baik, dan pilih bahan yang nyaman untuk digunakan atau diletakan dalam ruangan Anda.

Temukan Beragam Pilihan Desain Interior untuk Ruangan Anda

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai konsep desain interior serta lima tips yang dapat membantu dalam menentukan konsep desain interior yang tepat untuk ruangan Anda. 


Jadi bagaimana? Sudah mengetahui konsep desain interior yang ingin diaplikasikan pada ruangan properti Anda?


Apabila masih bingung, cari langsung keinginan desain interior ruangan Anda dari ribuan Desainer interior berpengalaman hanya di Interbox. Dimana lagi bisa temukan jasa desain interior yang lengkap, mudah, dan aman!