Membuat ruang tamu yang indah dan stylish menjadi impian setiap pemilik rumah. Dengan melihat kembali tren desain interior ruang tamu yang populer pada tahun 2023 dan meramalkan apa yang akan menjadi sorotan di tahun 2024, Anda dapat memastikan bahwa ruang tamu Anda tetap up-to-date dan sesuai dengan gaya terkini.

Sudah mempersiapkan semuanya? Kalau belum, Anda bisa menyimak keseluruhan artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan inspirasi yang sesuai dengan apa yang sudah Anda rencanakan sebelumnya.

 

Rangkuman Tren Desain Interior Ruang Tamu 2023 Terpopuler

Tahun 2023 menyajikan serangkaian tren desain interior ruang tamu yang patut dicatat. Meskipun sudah lewat, rentetan interior yang menginspirasi sepanjang tahun ini, masih layak untuk dibahas.

Dominasi warna-warna netral, penggunaan furnitur multifungsi, dan integrasi teknologi pintar menjadi ciri khas ruang tamu modern pada beberapa tahun terakhir. Selain itu gaya minimalis yang bersih serta fungsional juga terus mendominasi, memberikan tampilan yang elegan dan nyaman.

Warna Netral yang Mendominasi

Masuk ke tren pertama, pilihan warna-warna seperti putih, abu-abu, dan krem menciptakan ruang tamu yang terang dan timeless. Sepanjang tahun ini, aksen warna seperti biru muda atau hijau muda memberikan sentuhan segar tanpa mengganggu keanggunan ruangan.

Furnitur Multifungsi dan Modular

Kemudian tren yang muncul karena pilihan furniture. Dimana dalam ruang tamu modern, furniture yang mudah diadaptasikan serta multifungsi sangat diminati. 

Misalnya, sofa yang dapat diubah menjadi tempat tidur, meja kopi dengan penyimpanan tersembunyi, hingga rak rakitan yang mudah disesuaikan memungkinkan pemilik rumah untuk mengoptimalkan ruang dengan cerdas.

Teknologi Pintar sebagai Bagian dari Interior

Terakhir, meningkatnya penggunaan teknologi pintar yang pada 2023 merambah ke dalam ruang tamu. Mulai dari berbagai sistem hiburan yang terkoneksi dengan baik hingga pencahayaan yang dapat diatur secara digital menjadikan hadirnya teknologi pintar semakin memberikan kenyamanan untuk seluruh penghuni rumah.

 

Tren Interior Ruang Tamu yang akan Muncul di Tahun 2024

Dengan memperhatikan tren pada 2023 lalu, akan membuat Anda semakin mempertimbangkan pilihan interior yang akan diaplikasikan. Mengetahui tren yang akan terjadi sepanjang tahun 2024 juga menjadi kunci untuk menciptakan ruang tamu yang sesuai dengan perkembangan zaman. 

“Back to Nature” 

Di tahun 2024, kita dapat mengharapkan lebih banyak penggunaan material berkelanjutan dan ramah lingkungan dalam interior ruang tamu. Furniture dari kayu daur ulang, karpet berbahan ramah lingkungan, serta dekorasi alami lainnya akan tetap memberikan nuansa kehangatan dan keberlanjutan.

Dominasi Geometris

Bentuk geometris akan menjadi pusat perhatian dalam desain ruang tamu tahun 2024. Mulai dari pola dinding hingga item dekoratif lainnya membuat elemen-elemen geometris yang ada pada ruangan akan menambah keselarasan dimensi visual yang menarik perhatian.

Sentuhan Warna yang Berani

Meskipun warna netral tetap menjadi pilihan utama, pada interior tahun selanjutnya akan banyak pemanfaatan aksen warna yang lebih berani. Warna-warna seperti merah bata, kuning mustard, atau hijau botol mungkin akan banyak digunakan pada furniture atau aksesoris untuk memberikan kesan berbeda pada tampilan ruang tamu Anda.

Eclectic dan Koleksi Unik

Terakhir ada pendekatan gaya eclectic atau eklektik dalam desain ruang tamu yang akan semakin mendapat tempat. Selain itu juga, penggunaan furniture dari berbagai gaya dan koleksi dekoratif yang unik akan menciptakan ruangan yang penuh karakter pada ruang tamu.

 

Baca juga:

 

5 Prediksi Gaya Interior Ruang Tamu yang akan Kembali Jadi Tren di Tahun 2024

Anda pasti sudah menebak-nebak soal gaya interior yang akan kembali menjadi tren pada tahun 2024. Selayaknya fashion, berbagai gaya desain interior di bawah ini seperti kembali hidup. 

Elegansi Mid-Century Modern

Pertama, ada gaya Mid-Century Modern yang elegan dengan perabotan berbentuk sederhana dan kaki-kaki kayu akan kembali populer. Warna-warna juga akan kembali ke vintage. Seperti oranye atau biru langit yang mungkin akan kembali menjadi pilihan yang digemari.

Atmosfer Industrial yang Bersahaja

Sentuhan industrial dengan penggunaan material seperti beton, besi, dan kayu kasar akan tetap relevan bagi ruang tamu Anda. Furniture dengan desain yang bersahaja dan pencahayaan khas industrial akan memberikan nuansa masyarakat urban yang keren.

Desain Art Deco yang Glamor

Gaya Art Deco yang klasik dengan ornamen mewah, pola geometris, dan perabotan berbahan logam juga ada kemungkinan muncul kembali. Tentunya juga akan memberikan sentuhan glamor dan kemewahan pada ruang tamu Anda.

Kelembutan Gaya Skandinavia

Gaya Skandinavia yang dikenal dengan kesederhanaan, kehangatan, dan sentuhan minimalis juga mungkin akan tetap hadir. Ditambah warna-warna pastel, kayu yang cerah, serta furniture yang sangat fungsional akan menciptakan ruang tamu yang nyaman.

Bohemian yang Artistik

Terakhir, gaya Bohemian kemungkinan akan kembali muncul dan memikat hati. Berbagai aksesoris etnik, kain-kain dekoratif beragam warna, serta perabotan yang unik akan memberikan nuansa artistik pada ruang tamu Anda.

 

Temukan Jasa Desain Interior Sesuai Keinginan Anda di Interbox

Dengan menggabungkan beberapa prediksi tren atau memilih gaya tertentu yang kembali populer, ruang tamu Anda mungkin akan menjadi ruang yang tidak hanya nyaman tetapi juga penuh gaya di tahun 2024.

Semakin bingung dengan tren yang ingin Anda implementasikan untuk ruang tamu Anda? Langsung saja konsultasikan desain interior yang menjadi impian Anda kepada Interbox! Anda juga bisa mendapatkan desain interior ruang tamu khusus yang akan disesuaikan dengan preferensi Anda apabila memilih menggunakan layanan Tender atau Custom! 

Jadi tunggu apa lagi? Temukan kemudahannya sekarang juga!