Memastikan bangunan dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang merupakan hal yang perlu dipikirkan secara matang saat awal melakukan pembangunan. Namun tidak hanya soal fungsional atau tujuannya saja, tapi juga terkait dengan sisi visualnya, khususnya dalam konteks interior.

Seperti misalnya dinding, yang bukan lagi hanya elemen fungsional untuk membatasi ruang pada suatu bangunan, melainkan juga bagian integral dari desain interior. Maka dari itu, penting dalam memperhatikan dinding seperti apa yang sebaiknya dipilih.

Artikel ini akan membahas secara mendalam apa itu wall panel atau panel dinding, fungsinya, dan berbagai jenis wall panel yang dapat diaplikasikan pada dinding. Baca semuanya hingga selesai di sini!

 

Apa itu Wall Panel?

Wall panel atau panel dinding adalah lembaran material yang dipasang pada dinding sebagai pelapis atau elemen dekoratif. Tujuan utama dalam penggunaan wall panel ialah memberikan tekstur, warna, dan karakteristik khusus pada dinding. 

Sebab itu juga, wall panel dapat menjadi solusi untuk memberikan sentuhan estetis dan kepraktisan dalam merancang dinding. Material yang banyak digunakan untuk wall panel sangat bervariasi, termasuk kayu, PVC, MDF, polystyrene, dan banyak lagi.

 

Fungsi dan Kegunaan Wall Panel

Selain sebagai pelapis dekoratif, nyatanya wall panel masih memiliki fungsi dan kegunaan lainnya. Berikut beberapa di antaranya. 

Estetika

Secara estetika, wall panel akan memberikan dimensi visual yang unik pada dinding. Panel dinding dapat memberikan tampilan yang mewah, modern, atau bahkan klasik, tergantung pada pilihan desain dan materialnya

Isolasi Termal dan Akustik

Beberapa jenis wall panel dapat memberikan isolasi termal dan akustik yang baik. Pemasangan panel dinding akan membantu menjaga suhu ruangan dan meredam suara, serta menciptakan ruangan yang lebih nyaman.

Proteksi Dinding

Terakhir, wall panel ternyata juga dapat berfungsi sebagai lapisan “pelindung” untuk dinding. Panel yang digunakan akan melindungi dinding dari kelembaban, noda, hingga kerusakan fisik yang mengakibatkan perlunya penanganan setelahnya. 

 

Baca juga:

 

Jenis-Jenis Wall Panel

Setelah mengetahui beragam fungsi dan kegunaannya, sekarang mungkin Anda sudah mulai tertarik untuk mencoba mengaplikasikannya pada dinding ruangan Anda. Namun, ketahui terlebih dahulu berbagai jenis wall panel yang banyak digunakan.

Wall Panel Medium Density Fiberboard (MDF)

Pertama dan yang cukup banyak digunakan, yakni wall panel MDF. Panel dinding ini terbuat dari serat kayu yang dihasilkan secara artifisial.

Dengan spesifikasi tersebut, wall panel MDF umumnya tahan air, ringan, serta memiliki permukaan yang halus dan rata. Panel dinding ini akan sangat cocok untuk area yang tidak terkena air berlebih.

Wall Panel Polylight

Selanjutnya ada wall panel polylight, merupakan material ringan yang terbuat dari campuran polistiren dan beton ringan. Keunggulan utama dari panel dinding ini ialah beban yang tidak begitu berat, sehingga cocok untuk dinding yang membutuhkan spesifikasi material yang ringan.

Wall Panel High Pressure Laminated

Berikutnya ada high pressure laminated atau wall panel HPL yang terdiri dari lapisan tekanan tinggi yang dapat menambah kekuatan dan daya tahan dinding. Panel dinding HPL juga tahan terhadap suhu tinggi dan kelembaban sehingga dapat menjadi lapisan pencegahan kerusakan.

Wall Panel GRC (Glass Fiber Reinforced Concrete)

Glass Fiber Reinforced Concrete atau yang biasa dikenal GRC, merupakan wall panel yang terbuat dari campuran beton, serat kaca, dan bahan pengisi lainnya.

Jenis panel dinding yang satu ini terbilang cukup kuat dan tahan lama. Maka dari itu GRC dinilai ideal digunakan untuk eksterior bangunan.

Wall Panel PVC

Selanjutnya ada wall panel PVC yang sangat tahan terhadap air. Dengan spesifikasi tersebut membuat panel dinding ini cocok untuk area dengan kelembaban tinggi seperti kamar mandi atau dapur. Wall panel PVC juga memiliki kelebihan lain, yakni mudah dipasang dan mudah dirawat.

Wall Panel WPC (Wood Plastic Composite)

WPC atau wood plastic panel merupakan wall panel yang terbuat dari campuran serbuk kayu dan plastik. Panel dinding ini memiliki tampilan visual menyerupai kayu alami tetapi lebih tahan terhadap kelembaban dan serangga.

Wall Panel Gypsum

Terakhir ialah jenis wall panel gypsum. Terbuat dari bahan yang ringan, umumnya panel dinding gypsum digunakan untuk kebutuhan interior.

Wall panel gypsum memiliki beberapa kelebihan, yakni mudah dibentuk dan diukir, serta memberikan fleksibilitas desain yang tinggi. Cocok untuk bangunan yang sangat memperhatikan aspek interior. 

 

Konsultasi Interior Bangunan Anda Bersama Interbox

Wall panel yang dipilih secara cermat dan bijak akan membawa dampak yang baik bagi kekuatan dinding. Dengan mengetahui berbagai jenis panel dinding di atas, Anda akan lebih mudah dalam menentukan pilihan untuk bangunan ruangan Anda.

Sudah siapkah Anda untuk menciptakan interior yang aman dan berumur panjang? Konsultasikan sekarang juga preferensi interior keinginan Anda dengan Interbox. Anda juga bisa mendapatkan interior dengan berbagai konsep yang dapat disesuaikan secara Custom. Kini Anda dapat menciptakan interior impian!