Desain interior bergaya industrial yang berasal dari Eropa, semakin banyak diterapkan di dalam negeri. Gaya ini pada awalnya merupakan hasil dari rekonstruksi bangunan pabrik atau warehouse yang ditinggalkan. Karena elemen industrinya sangat kental, gaya ini disebut dengan gaya industrial. 

Gaya industrial telah mencuri perhatian dan banyak diadopsi untuk desain rumah, perkantoran, maupun restoran dan cafe. Gaya ini menawarkan desain interior menciptakan kesan luas, tegas, dan berkarakter, serta menggunakan material yang alami sekaligus ramah lingkungan. 

Warna dinding merupakan hal utama yang dipertimbangkan untuk menciptakan gaya industrial. Maka, sebelum memilih furniture maupun elemen lainnya untuk melengkapi gaya ini, warna dinding bergaya industrial sangat penting diperhatikan terlebih dahulu.

Cek artikel di bawah ini yang membahas pilihan warna dinding bergaya industrial!

 

Pentingnya Memperhatikan Warna Dinding untuk Desain Interior Bergaya Industrial

Rumah bergaya industrial menawarkan karakter dan estetika tersendiri. Untuk membangun rumah dengan gaya ini, diperlukan desain interior yang mendukung, mulai dari jenis material, furniture, hingga warna dinding. 

Adapun warna dinding bergaya industrial menjadi kunci utama agar suatu rumah terlihat sesuai dengan tema yang diinginkan. Warna dinding bergaya industrial yaitu yang bernuansa gelap dan alami, merupakan hal pertama yang wajib diperhatikan. Warna-warna ini akan memberikan kontribusi besar dalam menciptakan suasana industrial.

 

Manfaat Memperhatikan Warna Dinding untuk Desain Interior Bergaya Industrial

Dalam desain interior, penting untuk memilih warna yang sesuai dengan suasana yang diinginkan suatu ruang. Pada gaya industrial, warna berpengaruh besar dalam menampilkan nuansa industri yang kental. Inilah manfaat yang didapat jika memperhatikan warna dinding bergaya industrial.  

Menambah Atmosfer Industri

Warna-warna industrial, seperti coklat, hitam, bata, dan warna netral lainnya memberikan kesan kokoh yang sesuai dengan estetika industri. Memperhatikan warna dinding bergaya industrial ini dapat membantu menciptakan atmosfer industri yang khas.

Kesempatan untuk Berkreasi

Memperhatikan warna dinding bergaya industrial juga membuka kesempatan untuk berkreasi. Warna-warna industrial sangat eksperimental.

Karena itu, pemilik dapat mengeksplorasi kreativitas dalam desain interior. Memadukan warna, menambahkan tekstur khusus, dapat menciptakan tampilan industrial yang menarik.

Memperkuat Fokus pada Furniture dan Dekorasi

Dinding berwarna netral atau gelap dapat menjadi latar belakang yang ideal untuk menonjolkan furniture dan dekorasi dalam desain interior gaya industrial. Ini memungkinkan elemen-elemen tersebut untuk menjadi pusat perhatian ruangan tanpa bersaing dengan warna dinding yang mencolok.

 

Baca juga:

 

8 Pilihan Warna Dinding untuk Desain Interior Bergaya Industrial

Sumber: Unsplash

 

Untuk warna dinding bergaya industrial, pilihan yang tepat dapat menambahkan sentuhan yang khas dan sesuai dengan estetika ruang tersebut. Gaya industrial seringkali menggunakan warna-warna netral atau kelabu, namun tetap tegas. Berikut terdapat beberapa pilihan warna dinding bergaya industrial.

1. Abu Metalik atau Abu Tua

Beberapa jenis warna kelabu seperti abu-abu metalik atau abu tua, memberikan tampilan yang kokoh. Warna ini seringkali digunakan dalam desain interior bergaya industrial karena menciptakan nuansa yang maskulin. Warna dinding bergaya industrial ini menyerupai warna logam yang sering ditemukan dalam lingkungan industri.

2. Beige

Warna beige memberikan nuansa hangat dan alami pada warna dinding bergaya industrial. Warna ini bisa menciptakan suasana yang nyaman dan cocok dipadukan dengan furniture serta dekorasi yang terinspirasi dari material alami seperti kayu dan logam.

3. Coklat

Warna coklat seperti coklat muda dan tua, merupakan warna dinding bergaya industrial yang paling mendominasi. Material seperti beton, kayu kasar, atau bata ekspos, dapat ditingkatkan keberadaannya oleh warna dinding coklat. Ini akan menambahkan keaslian dan karakter ke dalam ruangan.

4. Redwood

Selain beige dan coklat yang memberikan nuansa alami, warna redwood juga mewakili gaya industrial. Dengan campuran dasar warna merah, redwood dapat menghasilkan nuansa vintage yang kuat. Warna ini semakin menonjol apabila disatukan dengan furniture dan pencahayaan yang tepat. 

5. Hitam

Warna hitam menciptakan tampilan yang dramatis dan kontemporer dari gaya industrial. Warna dinding bergaya industrial ini sering digunakan untuk menonjolkan tekstur dinding dan menciptakan kontras yang kuat dengan furniture, maupun aksesori berwarna terang.

6. Putih atau Off-White

Warna putih atau off-white memberikan tampilan yang bersih dari gaya industrial. Warna-warna ini sering digunakan untuk menciptakan tampilan industrial yang bersih sekaligus modern. Warna ini cocok digunakan sambil tetap mempertahankan nuansa yang tegas dan khas dari gaya tersebut.

7. Petrol Blue

Warna-warna yang terinspirasi dari lingkungan industri seperti petrol blue dapat memberikan sentuhan yang autentik dalam desain interior bergaya industrial.

Warna ini menciptakan nuansa yang khas dari lingkungan pabrik atau warehouse, dan dapat dipadukan dengan furniture serta aksesori yang terinspirasi dari material logam.

8. Mustard

Mustard merupakan warna yang hangat namun kuat, dan dapat menambahkan dimensi serta karakter pada ruangan gaya industrial. Warna ini biasanya sengaja diterapkan untuk menimbulkan efek kontras dengan elemen-elemen industri seperti beton terbuka, pipa ekspos, dan dinding bata. 

 

Konsultasikan Interior Bergaya Industrial Bersama Interbox

Gaya industrial termasuk desain interior yang menarik dan berkarakter. Ini diperlihatkan melalui ketegasan warna yang sudah dibahas di atas.

Warna dinding bergaya industrial biasanya menggunakan warna-warna kelabu atau monochrome yang tajam. Warna-warna ini juga lebih mudah dikombinasikan karena sifat warnanya yang netral.

Bagaimana dengan Anda, sudah siap untuk menciptakan interior modern dengan gaya yang lebih industrialis? Konsultasikan sekarang juga preferensi interior keinginan Anda dengan Interbox. Anda juga bisa mendapatkan interior dengan berbagai konsep yang dapat disesuaikan secara Custom. Kini Anda dapat menciptakan interior impian!