Dinding menjadi penting ketika membicarakan tempat tinggal. Pasalnya dinding bukanlah furniture atau dekorasi yang bisa dihadirkan tanpa penuh pertimbangan.

Bukan juga hanya soal warna yang nantinya akan menghiasi dinding, melainkan soal materialnya. Memilih dinding dengan material yang berkualitas saja tidak cukup, diperlukan juga kesesuaian dengan beberapa hal. Mulai dari kondisi geografis hingga kebutuhan lainnya.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui beragam jenis dinding berdasarkan materialnya. Pada artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai karakter material dinding yang berkualitas hingga jenis-jenis dindingnya. Simak dan catat hingga selesai!

 

Apa itu Material Dinding?

Material dinding adalah unsur utama dalam konstruksi rumah. Material dinding memiliki fungsi atau peran penting dalam menentukan kualitas dan keberlanjutan bangunan. Selain memberikan kekuatan struktural, material dinding juga mempengaruhi suhu, kebisingan, dan estetika interior dan eksterior rumah. 

Pemilihan material dinding yang tepat juga merupakan keputusan penting dalam merancang dan membangun rumah yang kokoh dan nyaman. Karena umumnya, material yang digunakan pada dinding akan mempengaruhi karakteristik yang juga akan berdampak pada bangunan rumah. 

Terakhir pemilihan material yang tepat dapat mengurangi konsumsi energi, meningkatkan kenyamanan termal, dan memberikan nilai tambah pada properti.

 

Karakter Dinding Rumah yang Berkualitas

Dinding rumah yang berkualitas tinggi harus memiliki beberapa karakteristik kunci, termasuk ketahanan terhadap cuaca, daya tahan struktural, cukup meredam suara, serta kemampuan untuk menahan kelembaban. Selain itu, material dinding yang baik juga harus memenuhi standar keamanan dan ramah lingkungan.

Kekuatan Struktural

Material dinding harus mampu menahan beban struktural dan eksternal tanpa mengalami deformasi atau kerusakan. Karakter ini juga akan mencegah atau mengantisipasi ketika terjadi bencana, seperti gempa. Menjadi karakteristik yang umumnya dimiliki oleh seluruh jenis dinding dengan material apapun.

Isolasi Termal

Dinding harus dapat memberikan isolasi termal yang baik, menjaga suhu dalam rumah agar tetap nyaman sepanjang tahun. Khususnya di Indonesia yang beriklim tropis dengan musim panas yang cukup panjang, dinding dengan karakter ini menjadi sangat penting. 

Absorpsi Suara

Material dinding yang baik juga harus mampu menyerap suara, menciptakan lingkungan dalam yang tenang dan nyaman. Karakter dinding ini akan mencegah bisingnya suara dari luar rumah Anda. Sebagai tambahan, Anda juga bisa memilih dinding dengan jenis material khusus untuk meningkatkan sisi akustik.

Daya Tahan terhadap Cuaca

Material dinding harus tahan terhadap pengaruh cuaca eksternal seperti hujan, panas, dan kelembaban. Karakter dinding ini berlaku untuk interior dan eksterior rumah. 

Estetika yang Menarik

Dinding rumah yang berkualitas juga harus memberikan nilai estetika, sesuai dengan desain arsitektur rumah. Makanya tidak jarang Anda temui bangunan rumah dengan beragam jenis dinding yang sangat menarik secara visual.

 

Baca juga:

 

Jenis Material Dinding yang Cocok untuk Rumah di Indonesia

Indonesia dengan iklim yang tropis dan banyaknya fenomena alam seperti perubahan cuaca yang ekstrim atau bencana alam, menjadi tantangan dalam memilih jenis material dinding yang digunakan untuk rumah. Anda perlu memikirkannya matang-matang di antara jenis material dinding ini yang cocok untuk rumah di Indonesia berikut ini.

Dinding Rumah Material Batako

Batako adalah material dinding untuk bangunan yang terbuat dari campuran semen dan pasir yang dicetak menjadi blok. Batako populer di Indonesia karena daya tahan strukturalnya yang tinggi, kemampuan isolasi termal yang baik, dan relatif mudah dalam pemasangan.

Namun, apabila Anda ingin menggunakan dinding dengan material yang satu ini, perlu dilapis dan dicat untuk menghindari kerusakan akibat cuaca.

Dinding Rumah Material Bata Merah

Bata merah merupakan pilihan tradisional yang tetap populer di Indonesia. Bata merah memiliki daya tahan struktural yang cukup baik, memberikan isolasi termal yang nyaman, dan menciptakan estetika yang hangat dan alami.

Namun, material dinding yang juga sering disebut “batu bata” ini memerlukan keterampilan khusus dalam pemasangan. Sebagai catatan, bata merah kurang cocok untuk menahan beban bangunan yang sangat berat.

Dinding Rumah Material Bata Ringan atau Hebel

Bata ringan terbuat dari campuran semen, pasir, dan bahan ringan seperti serbuk kayu atau abu vulkanik. Bata ringan memiliki berat yang lebih ringan, memudahkan pemasangan, dan memberikan isolasi termal yang baik.

Namun, daya tahan terhadap gempa mungkin kurang dibandingkan dengan bata merah. Maka perlu dipertimbangkan sebelum menggunakan bata ringan untuk dinding rumah Anda. 

Dinding Rumah Material Kayu

Kayu memberikan sentuhan alami dan hangat pada rumah. Selain itu, memiliki sifat isolasi termal yang baik. Penggunaan material ini, umumnya masih banyak digunakan di beberapa daerah di Indonesia.

Sebaliknya, di daerah perkotaan seperti Jakarta dan Bandung sudah cukup jarang digunakan. Kecuali mungkin untuk bangunan semi permanen seperti kedai atau restoran. Namun tetap memerlukan perawatan lebih lanjut untuk melindunginya dari cuaca dan hama.

Dinding Rumah Material Kaca

Kaca digunakan sebagai material dinding untuk memaksimalkan pemandangan dan pencahayaan alami. Namun, membutuhkan perawatan lebih karena rentan terhadap goresan dan meningkatkan kebutuhan energi untuk pendinginan dan pemanasan.

Akan tetapi memang rumah dengan dinding bermaterial kaca pasti sangat jarang Anda temui di tengah pemukiman padat penduduk hingga kawasan residential sekalipun. Penyebabnya karena harga yang mahal, pemasangan yang sulit, dan perawatan yang ekstra. 

Dinding Rumah Material Beton

Beton adalah material yang tangguh dan tahan lama. Dapat dicetak menjadi berbagai bentuk dan dicat sesuai keinginan. Namun, konduktivitas termal yang tinggi bisa menjadi tantangan di iklim tropis.

Selain itu, pengerjaannya juga tergolong tidak mudah dan mahal untuk membangun rumah. Maka penggunaan dinding bermaterial beton lebih umum pada bangunan besar yang memiliki beban yang tidak ringan.

 

Konsultasikan Desain Interior Impian Anda Bersama Interbox

Memilih material dinding yang tepat adalah langkah penting dalam membangun rumah yang tahan lama dan nyaman. Dengan memahami karakteristik masing-masing material, Anda dapat membuat keputusan yang informan untuk properti Anda.

Interbox selain menghadirkan jasa desain interior dengan ratusan Desainer dan ribuan desain, Interbox juga akan dapat membantu Anda menciptakan dengan proses pembangunan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Anda cukup mengunjungi Interbox.id sekarang untuk langsung merasakan kemudahaan layanan interior terlengkap di Indonesia dan global!